Apa itu Depresiasi Aset? Pengertian tentang Depresiasi Aset

Depresiasi asset mungkin tidak asing lagi bagi kalangan orang yang aktif dibidang keuangan. Banyak orang yang mengatakan bahwa depresiasi asset ini ditujukan untuk melakukan penentuan atas aliran kas yang ada di perusahaan setelah dikurangi oleh pajak atau pendapatan perusahaan. Namun, masih banyak pemahaman yang harus diberikan jika kita berbicara mengenai depresiasi asset.

Pengertian Depresiasi Asset. Istilah depresiasi asset ini biasa digunakan oleh kalangan perusahaan yang masuk dalam kegiatan produksi. Keberadaan sarana dan prasarana perusahaan yang ada diartikan sebagai bahan perhitungan yang harus dipantau setiap saat.

Pemantau yang dilaksanakan ini ditujukan agar tidak terjadi pengurangan kepemilikan barang yang di perusahaan. Beberapa orang banyak menyebutkan bahwa pengurangan kepemilikan barang ini sebagai depresiasi asset.

Secara jelasnya, mungkin anda dapat mengetahui bahwa depresiasi asset ialah penurunan nilai fisik properti yang dimiliki oleh perusahaan karena senantiasa digunakan setiap saat.

Tidak hanya dapat diartikan sebagai penurunan nilai fisik properti di perusahaan saja, menurut ketiga petugas pajak yaitu :

1. Bendahara Pemeritah dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)
Petugas pemungutan pajak pertambahan nilai badan yang ada di daerah seperti pemerintahan pusat, pemerintahan daerah, instansi atau lembaga sampai dengan lembaga lainnya yang berkenaan dengan pembayaran atas pembelian barang yang digunakan selama proses kinerjanya, semua diatur pajaknya menurut bendahara pemerintah dan kuasa pengguna anggaran atau KPA.

2. Bendahara Pengeluaran
Disamping petugas urusan pemungutan pajak yang ada di daerah – daerah menurut batasaan wilayah administratif diatas, juga ada seorang petugas yang langsung melakukan pemungutan pajak menurut mekanisme persediaan uang didalam perusahaan. Petugas yang berwenang melakukan hal ini dinamakan dengan bendahara pengeluaran.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

3. Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) / pejabat yang didelegasikan
Petugas yang ketiga ini memiliki wewenang untuk melakukan pemungutan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh pihak ketiga dengan metode pembayaran langsung (LS).

Kegiatan pelaksanaan depresiasi asset ini diartikan sebagai pemotongan SPT tahunan pajak terhadap pendapatan sebelum pajak sehingga waktu serta penggunaan atas nilai asset perusahaan ini dapat terwakilkan dalam pelaporan keuangan yang ada di perusahaan.

Dengan kata lain, depresiasi asset merupakan biaya yang tidak masuk dalam kas yang selanjutnya dapat mempengaruhi jumlah pajak pendapatan perusahaan.

Properti Perusahaan yang Bisa Didepresiasi
Pelaksanaan depresiasi asset tidak bisa dijalankan pada semua barang berupa sarana dan prasarana yang ada di perusahaan melainkan dapat dilakukan hanya pada beberapa bagian saja.

Hal ini dimaksudkan bahwa terdapat persyaratan yang ada untuk pelaksanaan penilaian depresiasi asset itu sendiri. Apa saja ketentuan pelaksanaan depresiasi asset ini? Jawabannya ada dalam ulasan berikut ini yaitu :

1. Barang yang ada di perusahaan ini harus digunakan dalam usaha atau bisa dipertahankan untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Hal ini diartikan sebagai penyusutan modal peralatan yang ada di sebuah perusahaan.

2. Unsur properti perusahaan ini sebaiknya memiliki umur manfaat tertentu didalamnya. Keberadaan umur tersebut haruslah lebih lama dari setahun sehingga penilaian depresiasi assetnya bisa dijalankan dengan optimal oleh perusahaan.

3. Depresiasi asset mengharuskan properti perusahaan yang ada menjadi sesuatu yang dapat digunakan sampai habis sehingga dapat dihitung kelayakan sarana yang digunakan tersebut.

Selain itu, depresiasi asset ini juga dapat dihitung ketika segala properti tersebut dapat mengalami peluruhan atau kehancuran, dan mengalami keusangan yang diartikan sebagai pengurangan nilai dari nilai asalnya.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!