Apa itu EVA – Economic Value Added dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

EVA (Economic Value Added) merupakan sebuah gagasan keuntungan ekonomis yang dinyatakan dalam informasi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan seperti biaya operasional dan modal kerja perusahaan.

Dengan kata lain, EVA (Economic Value Added) dapat dijadikan sebagai alternative cara yang tepat untuk menilai kinerja yang ada di perusahaan.

Penerapan dari EVA (Economic Value Added) ini sendiri sebenarnya diadopsi dari manajemen perusahaan yang dipercaya bisa meningkatkan keuangan yang ada di perusahaan.

Tujuan dari penerapan EVA (Economic Value Added) ini adalah untuk membantu tenaga keuangan perusahaan untuk memahami tujuan keuangan di perusahaan sehingga informasi tersebut bisa diupayakan dapat meningkatkan tujuan perusahaan untuk mencukupi keuntungan yang ingin diperoleh oleh perusahaan.

Namun, informasi yang tertera dalam EVA (Economic Value Added) perusahaan ini tidak dapat dijadikan patokan dalam membandingkan nilai keuangan yang ada di perusahaan industri serupa dan juga tidak dijadikan bahan intropeksi atas keuangan yang ada di perusahaan setiap tahunnya.

Beberapa perusahaan besar di Indonesia banyak diupayakan untuk bisa melihat nilai tambah ekonomis (NITAMI) yang biasa disebut dengan EVA (Economic Value Added) oleh kebanyakan perusahaan internasional.

Economic Value Added ini diukur dengan melihat keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan setelah nilai keuangan perusahaan ini dikurangi oleh pajak, dan biaya modal kerja perusahaan sehingga besaran keuangan ini dapat digunakan untuk menilai kinerja yang dilakukan oleh perusahaan secara adil pada para pemegang saham dan kreditur perusahaan.

Nilai dari Economic Value Added setiap persuhaan yang baik sebaiknya akan selalu mengalami kenaikan terus menerus setiap tahunnya karena EVA (Economic Value Added) merupakan sebuah tolak ukur fundamenral dari tingkat pengembalian modal usaha perusahaan dari kegiatan produksi yang ada.

Nah, bagi perusahaan yang ingin mengetahii tips cara meningkatkan nilai EVA (Economic Value Added) ini maka anda bisa melakukannya melalui cara berikut ini antara lain yaitu :

Cara Meningkatkan Nilai EVA (Economic Value Added)
EVA (Economic Value Added) adalah konsep nilai keuangan perusahaan bersih yang dijadikan sebagai indikator keberhasilan usaha yang dilakukan oleh perusahaan.

Ketentuan yang ingin dicapai oleh perusahaan industri yang ingin berkembang pesat ini salah satunya yaitu dengan melakukan peningkatan nilai Economic Value Added.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai EVA (Economic Value Added) ini adalah sebagai berikut ini yaitu :

a. Meningkatkan keuntungan (profit) tanpa menambah modal
Ini dia upaya pertama yang dapat dilakukan untuk menilai keuntungan perusahaan yang ingin melakukan peningkatan EVA (Economic Value Added). Perusahan industry diupayakan untuk melakukan peningkatkan keuntungan perusahaan tanpa harus mengeluarkan biaya produksi yang melimpah. Namun, keuntungan perusahaan yang ingin didapatkan ini sebenarnya membutuhkan pemberian kualitas produk yang tidak sembarangan sehingga pengguna produk perusahan dapat selalu melakukan pemilihan produknya hanya pada usaha anda.

b. Mengurangi pemakain modal
Perusaan industri yang bergerak dibidang penjualan produk sudah pasti membutuhkan modal kerja baik yang bergerak maupun tidak bergerak. Modal kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan ini ditentukan oleh besar kecilnya skala perusahaan yang ada. Perusahaan yang ingin meningkatkan nilai EVA (Economic Value Added) ini dapat melakukan pengurangan pemakaian modal dengan catatan tidak mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.

c. Melakukan investasi dengan pengembalian tinggi
Investasi merupaan upaya terbaik yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin keuangan perusahaan yang ada. Untuk itulah, upaya ini juga dinilai bisa mengoptimalkan tingkat EVA (Economic Value Added) yang ada di sebuah perusahaan.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!