Apa itu Valuasi Perusahaan dan Bagaimana Melakukan Valuasi?

Pelaksanaan valuasi perusahaan dinilai sangat penting untuk diterapkan dalam perusahaan. Penilaian ini dimaksudkan untuk melihat seberapa besar perkembangan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Tingkat valuasi perusahaan yang memadai cenderung menjadi acuan untuk keberhasilan tingkat nilai perusahaan baik dari segi fundamental maupun segi relatifnya.

Banyak cara yang diajukan oleh kalangan perusahaan untuk bisa mewujudkan valuasi perusahaan yang ada. Salah satunya yaitu dengan sistem pelatihan pekerjanya. Pelatihan ini menggunakan sistem yang berbeda – beda. Namun, kebanyakan sistem pelatihan yang digunakan dalam peningkatan nilai perusahaan ini yaitu dengan sistem pelatihan financial modeling.

Dalam pelaksanaan pelatihan karyawan dengan menggunakan model financial modelling ini biasanya peserta diberikan pemahaman serta simulasi pelaksanaan valuasi perusahaan tahap demi tahap. Melalui hal ini maka diupayakan agar perusahaan bisa melakukan pengembangan nilai perusahaan yang ada didalamnya.

Sebagian besar peserta pelatihan yang biasa menggunakan model ini sebagai pelatihan softkillnya di perusahaan diantaranya yaitu :

a. Manajer keuangan
Manajer keuangn merupakan pimpinan perusahaan yang ada di bagian keuangan perusahaan. Bagian ini sangat dianjurkan untuk melakukan sistem pelatihan model financial agar kegiatan valuasi perusahaan yang ada dapat dijalankan dengan tepat dan sesuai. Inilah salah satu manfaat tersendiri yang dimiliki oleh kalangan peserta pelatihan valuasi perusahaan menggunakan sistem financial modelling.

b. Karyawan Bank
Bank merupakan bangunan perusahaan yang ditujukkan untuk melakukan aktivitas penyimpanan uang, peminjaman uang serta pengelolaan sejumlah uang yang ditabungkan oleh nasabah bank yang ada.

c. Investor
Merupakan salah satu pihak yang berwenang untuk melakukan pengelolaan dan pemberi pinjaman sejumlah uang yang ada di perusahaan. Tentunya menjadi seorang investor ini tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak kompetensi untuk bisa menjadi seorang investor yang berkompeten. Pelatihan kompetensi seorang investor ini dapat ditunjang dengan menggunakan sistem model pelatihan valuasi perusahaan. Hal ini diupayakan sebagai alternatif cara yang dipilih untuk bisa tidak salah memilih dalam melakukan pembiayaan pada perusahaan yang ada.

d. Staf pengajar perguruan tinggi
Staf pengajar yang ada di perguruan tinggi sangat dianjurkan untuk bisa lebih melakukan valuasi perusahaan yang ada. Hal ini dikarenakan tugasnya sebagai dosen yang wajib memberikan ilmu bermanfaat bagi kalangan mahasiswa yang ada sehingga kompetensi penerus bangsa yang ada bisa ditingkatkan.

Banyak manfaat yang diberikan oleh proses valuasi perusahaan pada kalangan peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Manfaat keikutpesertaan pelatihan ini untuk kalangan pesertanya diantaranya yaitu :

1. Bisa menggunakan program excel yang memadai
Excel merupakan aplikasi perhitungan yang banyak digunakan oleh kalangan perusahaan – perusahaan keuangan di Indonesia. Dengan pemahaman penggunaan excel yang tidak sederhana ini sesungguhnya peserta akan secara langsung melakukan pengeloaan hitungan keuangan perusahaan secara maksimal dan optimal.

2. Bisa memahami secara jelas proses bisnis
Bisnis diartikan sebagai ladang penghasilan yang besar bagi sebagian orang. Melalui keikutsertaan pelatihan financial modelling ini maka perusahaan akan secara langsung memahami mengenai proses bisnis yang tepat untuk dijalankan di perusahaan.

3. Simulasi bisnis dapat dilakukan
Kegiatan berbisnis tidak hanya bisa dilakukan dengan pemahaman yang memadai saja akan tetapi seseorang yang memutuskan diri melakukan bisnis ini haruslah bisa melakukan tahap demi tahap simulasi bisnis yang ada. Kegiatan simulasi bisnis ini diajarkan untuk bisa meningkatkan kompetensi peserta yang mengikuti pelatihannya.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!