Apakah KTA Itu ? Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan atau yang dikenal dengan KTA kredit perorangan tanpa jaminan yang diberikan kepada klien bank yang membutuhkan dana.

Pinjaman tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan bagi para debitur yang pastinya telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak bank.

Kredit ini bisa menjadi solusi bagi banyak kebutuhan anda terutama untuk ke perluan usaha. Dengan cicilan yang cukup ringan, biasanya KTS ini diberikan dalam jumlah yang lumayan besar yaitu mulai sekitar 5 juta hingga bisa mencapai ratusan juta tergantung kemampuan bank.

Proses pengajuan yang lebih mudah pada KTA ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para klien yang memang membutuhkan bantuan financial.

Ketika apa yang menjadi ketentuan lembaga keungan sudah dipenuhi, maka anda akan lebih mudah mendapatkan pinjaman yang anda butuhkan untuk beragam kebutuhan pula. Prosesnya yang relatif mudah dan tanpa ribet dengan jaminan menjadikan produk ini banyak diminati oleh masyarakat.

Kelebihan kredit tanpa agunan
pada beberapa bank, kredit tanpa agunan ini memang ditawarkan kepada masyarakat dengan berbagai kelebihan. Salah satu kelebihan dari KTA ini sudah pasti bahwa bahka kredit yang diberikan tanpa agunan atau jaminan.

Selain itu, pada beberapa bank biasanya KTA juga ditawarkan dengan memberikan kemudahan kepada para klien melalui cicilan angsuran yang lebih rendah dan bahkan dengan jangka waktu yang anda sepakati.

Meskipun demikian, untuk jangka waktu ini biasanya pihak bank memberikan beberapa pilihan sehingga konsumen bisa menyesuaikan dengan kemampuan. Sedangkan untuk jumlah dana yang bisa dikreditkan bisa mencapai hingga ratusan juta.

Mengajukan kredit tanpa agunan ini memang tidak jauh berbeda dengan mengajukan kredit dengan jenis yang lainnya. Sebagaimana ketika mengajukan permohonan dana pinjaman, KTA ini juga tetap membutuhkan beberapa dokumen sebagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh para klien.

Karena bagaimanapun juga hal tersebut merupakan hal penting, mengingat KTA ini tidak membutuhkan jaminan. Beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk mengajukan kredit ini diantaranya adalah; formulir apliakasi asli yang telah diisi dengan lengkap, foto kopi KTP, slip gaji, copy rekening tabungan dan lain sebagainya.

Meskipun KTA ini menawarkan banyak kemudahan, tapi bagi anda yang mulai berminat sebaiknya anda mulai berfikir lebih bijak sebelum membuat keputusan. Kredit ini memang dipinjamkan tanpa jaminan dan inilah yang seringkali membuat masyarakat tertarik pada produk ini. Padahal bagi mereka yang memilih produk KTA tanpa menggunakan perhitungan yang matang, justru akan membuat mereka kolaps.

Sekilas mencari dana melalui kredit tanpa agunan ini memang mudah, tapi perlu anda ketahui bahwa KTA sering kali menawarkan bunga yang relatif tingg bahkan hingga mencapai 2,5 %.

Sungguh jumlah tersebut merupakan jumlah yang cukup besar terutama bagi anda yang menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan yang bersifat pasif alias tidak menghasilkan sesuatu. Salah satu contohnya adalah rumah.

Bayangkan ketika anda menggunakan dana dari hasil kredit untuk membangun rumah anda, di sini anda harus mengkalkulasi dengan tepat berapa bunga yang harus anda bayar setipa bulannya. Selain itu perhatikan pula apakah anda sanggup memberikan angsuran yang tinggi tersebut.

Tapi untuk anda yang ingin mengembangkan usaha yang mungkin hingga saat ini telah berjalan, maka memutuskan untuk mencari dana melalui kredit tanpa agunan ini tampaknya juga tidak akan jadi masalah. Dengan catatan, anda harus melakukan akumulasi dari perkiraan cicilan dan juga total pembayaran setiap bulannya.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!