Aspek Kunci dalam Manajemen Perbankan

Mendengar kata perbankkan pastinya hal-hal yang terkait di dalamnya sangat erat kaitannya dengan urusan keuangan. Bank itu sendiri merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang keuangan yang mempunyai tiga kegiatan utama yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, serta memberikan berbagai jasa bank lainnya.

Sedangkan manajemen memiliki arti mengatur dan melaksanakan. Jadi jika disimpulkan manajemen perbankan itu sendiri adalah seni dalam hal mengatur kegiatan pengumpulan dana, penyaluran dana, penyaluran kredit, serta mengatur pembayarannya agar berjalan dengan lancar.

Manajemen perbankkan itu sendiri memiliki beberapa aspek yang harus dibahas.

Beberapa hal yang dimaksud adalah manajemen dana bank, manajemen perkreditan bank, manajemen proses pembayaran, dan yang paling penting adalah manajemen sumber daya manusia.

Keempat aspek tersebut merupakan hal yang memang tidak bisa lepas dari jangkauan manajemen pada perbankan. Karena bagaimanapun juga, keempat hal tersebut merupakan hal terpenting dalam menentukan berjalannya kegiatan perbankan.

a. Manajemen dana bank (MDB)
Manajemen dana bank misalnya, MDB ini difokuskan untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan yang berakaitan dengan dana bank.

Kegiatan yang meliputi manajemen ini diantaranya adalah mengatur penarikan dan pengumpulan dana secara optimal, mengatur keseimbangan dana sendiri dan juga dana asing, menetapkan berbagai peraturan terkait dengan kebijaksanaan penyaluran tabungan dan penarikan kredit, menerapkan sistem kontrol yang bersifat represif dan prefentif , serta beberapa fokus kegiatan lainnya.

b. Manajemen perkreditan bank (MKB)
Sedangkan untuk sistem manajemen yang terkait dengan perkreditan bank harus fokus pada hal-hal yang yang berkaitan dengan perencanaan kredit, analisis pemberian kredit, administrasi, persetujuan dan juga pengawasan kredit.

Manajemen yang berhubungan erat dengan perihal perkreditan ini sebenarnya bisa berjalan dengan baik jika setiap keputusan didasarkan pada perhitungan yang sangat matang. Bagaimanapun juga ketelitian pihak bank untuk urusan perkreditan ini akan ikut menghidupkan bank itu sendiri. Apalagi perkreditan juga merupakan bagian dari income perbankan yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan perbankan dan lain sebagainya.

c. Manajemen arus pembayaran
Faktor lain yang juga menjadi bagian dari manajemen perbankan adalah manajemen arus pembayaran. Manajemen ini meliputi kliring, inkaso, dan juga transfer. Kliring itu sendiri adalah proses perhitungan utang piutang dengan menggunakan surat-surat berharga.

Dengan harapan, cara ini akan mempermudah penyelesaian utang piutang tersebut. Sedangkan inkaso adalah layanan bank yang berfungsi untuk penagihan pembayaran atas berbagai dokumen berharga yang ditujukan kepadapihak ketiga.

d. Manajemen sumber daya manusia
Satu hal lagi yang harus menjadi bagian dari manajemen perbankan adalah manajemen SDM. Bagaimanapun juga SDM mempunyai peran besar dalam memajukan perusahaan termasuk bank.

Melalui menajemen SDM yang ada, maka SDM yang ada bisa dimanfaatkan potensinya dengan semaksimal mungkin. Banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah membekali mereka melalui berbagai pelatihan yang pastinya tetap berhubungan dengan tugas mereka masing-masing.

Manajemen perbankan itu sendiri mempunyai pengaruh yang besar baik untuk masyarakat atau mungkin bank itu sendiri. Dengan memperhatikan unsur-unsur dalam manajemen berpankan, maka pastinya akan sangat membantu anda dalam menjalankan sistem menejemen secara tepat.

Sebagai lembaga yang bergerak dibidang financial, beberapa manajemen di atas memang menjadi hal yang sangat penting.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyaman dan kepuasan para nasabah dan masyarakat sehingga mereka lebih percaya untuk mempercayakan segala urusan financial di bank. Sebagai bank konvensional, bank memang harus mempunyai sistem manajemen yang sesuai sehingga tetap menarik minat masyarakat.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!