Bagaimana Cara Melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan secara Efektif?

Sesuai dengan diadakannya pelatihan yang mana ditujukan untuk mencipatakan SDM yang lebih berwawasan serta serta bersaing di dunia bisnis khususnya.

Mengingat pentingnya pelatihan yang diberikan kepada para karyawan, maka berbagai persiapan yang berkaitan dengan keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat membutuhkan persiapan yang matang. Melalui analisa kebutuhan pelatihan, berbagai kebutuhan pendukung kegiatan harus benar-benar dipersiapkan.

Pada dasarnya analisa kebutuhan pelatihan ini merupakan suatu proses untuk mengumpulkan dan menganalisa berbagai data untuk mengidentifikasi hal-hal yang diperlukan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Download Contoh Training Plan Lengkap, Materi Training dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Dengan analisa yang dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan akan membantu memperlancar prses pelatihan. Banyaknya kebutuhan-kebutuhan yang harus dilengkapi sebelum pelaksanaan memang mengharuskan para penyelenggara kegiatan harus melakukan analisa terlebih dahulu.

Berbagai hal ynag perlu dilakukan analisa untuk memeuhi kebutuhan pelatihan diantaranya adalah hal-hal yang berkaitan dengan materi, media pendukung kegiatan pelatihan, dan beberapa antisipasi yang lain. Sehingga jika dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut ternyata tidak sesuai dengan target yang ditentukan maka akan penyelenggara pelatihan sudah mempersiapkan solusi selanjutnya.

Kegiatan pelatihan memang tidak selalu berjalan mulus dan sesuai dengan target penyelenggara. Bahkan kondisi di lapangan, ternyata banyak kegiatan pelatihan yang justru tidak mendapat respon yang positif dari masyarakat atau anggota organisasi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Faktor –faktor yang sering mempengaruhi kondisi ini diantaranya adalah materi yang tidak mampu memenuhi kebutuhan peserta pelatihan, manajemen penyelenggaraan yang kurang baik, media yang kurang menarik dan lain sebagainya. Berdasarkan beberapa faktor tersebut, analisa kebutuhan untuk pelatihan sangatlah penting untuk dieprsiapkan secara matang dan maksimal.

Tujuan dari analisa kebutuhan pelatihan
Adapun diadakannya analisa tersebut diharapkan ada beberapa tujuan yang seharusnya bisa dicapai, diantaranya adalah:

a. Dasar penyusunan untuk program pelatihan
b. Sebagai pedoman penyusunan program diklat
c. Sebagai referensi bagi organisasi atau penyelenggara untuk merancang program diklat

d. Menjaga produktifitas dan meningkatkan kualitas kerja atau pelaksanaan pelatihan
e. Membantu peserta diklat untuk membantu mempersiapkan diri menghadapi hal-hal baru

Beberapa tujuan tersebut merupakan bagian penting bagi sebuah organinsasi yang ingin maju. Jika analisa kebutuhan ridak dilaksanakan dengan baik maka mungkin akan ebrdampak dari kualitas penyelenggaraan kegitana pelatihan itu sendiri.

Banyak manfaat yang bisa diproleh dari kegiatan analisa kebutuhan pelatihan ini, diantaranya adalah pelatihan yang diselenggarakan akan memberikan program-program yang sesuai dengan kebutuhan organisasi atau mungkin kebutuhan masing-masing anggota organisasi.

Selain itu hal ini juga akan membenatu meningkatkan motivasi banyak orang yang ikut dalam pelatihan ini. Hal lain yang juga akan anda dapatkan dari adanya analisa kebutuhan untuk pelatihan ini memberikan solusi bagaimana cara mengantisipasi masalah-masalah yang muncul dalam organisasi.

Lantas apa saja hal-hal yang dibutuhkan dalam melaksanakan analisa kebutuhan pelatihan ini? Berikut ini langkah-langkah yang harus lakukan sebagai tahapan dalam pelaksanaan analisa.

a. Merancang analisa kebutuhan diklat baik itu yang berupa macana ataupun hal lain yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan diklat.

b. Menyusun berbagai instrument yang sekiranya dibutuhkan dalam pelatihan tersebut
c. Mengumpulkan dan menganalisa data yang berkaitan dengan pelatihan untuk keperluan pengkajian. Pastikan bahwa dalam pelaksanaan ini anda tetap menggunakan metode dan tehnik yang tepat.

d. Menyusun laporn kegiatan pelaihan juga merupakan ujuan dari analisa kebutuhan pelatihan ini.

Melalui berbagai pertimbangan dan persiapan yang dilakukan melalui analisa ini, diharapkan akan membantu pelaksanaan pelatihan berjalan dengan lancar. Sehingga ketika para peserta kembali ke temmpat kerja, mereka sudah bisa mengaplikasikan atas apapun yang telah mereka miliki ke dalam dunia kerja yang nyata.

Download Contoh Training Plan Lengkap, Materi Training dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.