Bagaimana Cara Memberikan Umpan Balik Kinerja kepada Bawahan secara Efektif?

Apakah anda sering memberikan umpan balik kinerja kepada karyawan, atau bahkan sama sekali anda belum pernah melakukannya?

Sangat disayangkan bila seorang manajer yang berpotensi seperti anda tidak bisa memberikan umpan balik atas kinerja karyawan anda sendiri.

Umpan balik karyawan biasanya dilakukan satu tahun sekali untuk mengetahui bagaimana dan mengapa karyawan melakukan hal yang kurang tepat menurut perusahaan.

Tapi alangkah baiknya jika umpan balik kinerja kepada karyawan dilakukan secara berkala. Umpan balik tidak boleh dilakukan hanya sekedar wacana saja namun harus ditindak lanjuti sampai karyawan bisa mengubah perilaku yang tidak tepat tersebut. Tentu saja tujuannya untuk meningkatkan kinerja mereka sendiri.

Download Contoh Panduan Pengembangan Career Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Sebuah perusahaan yang dibangun tanpa pondasi yang kokoh tentu akan mudah ambruk, demikian juga dengan SDM yang dimilikinya. Sekalipun peralatan dan teknologi yang digunakan cukup canggih, tapi jika SDM rendah dan tidak bisa dikendalikan, maka apalah arti teknologi dan kecanggihan tersebut. Umpan balik kinerja kepada karyawan diperlukan oleh karyawan sepanjang waktu.

Mereka juga ingin mendapatkan penyelesaian atas permasalahan yang dihadapi selama bekerja, jika seorang manajer hanya bisa memerintah tanpa mengetahui permasalahan karyawannya, mana mungkin karyawan bisa bertahan lama kerja ditempat tersebut? Tapi umpan balik yang dilakukan harus dipahami oleh karyawan jangan sampai karyawan malah tidak paham sama sekali, buat apa anda memberikan umpan balik atas kinerjanya kalau mereka tidak paham?

Sebenarnya umpan balik kinerja kepada karyawan merupakan pemberian informasi tentang tepat dan tidaknya atau baik dan tidaknya pekerjaan yang dilakukan karyawan pada periode tertentu. Hal ini untuk mengevaluasi bagaimana kinerja mereka dan memberikan arahan yang tepat untuk kinerja yang lebih baik lagi dimasa depan.

Karyawan akan senang jika mereka mendapatkan umpan balik yang positif dari atasan bukan cacian atau kata-kata yang tidak mengenakkan. Employee performance feedback and development process.

Jutru anda harus memberikan motivasi pada mereka bagaimana meningkatkan kinerjanya.Pada dasarnya umpan balik mengarah pada masa depan baik karyawan maupun perusahaan. Pembenahan ini tentu akan menguntungkan kedua belah pihak. Untuk memberikan umpan balik kinerja kepada karyawan harus dilakukan pendekatan untuk menelaah permasalahan yang dihadapi tiap karyawan.

Umpan balik kinerja kepada karyawan yang terbaik yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

• Dasar yang akurat
Anda bisa memberikan umpan balik pada karyawan dengan dasar yang akurat bukan hanya sekedar omongan seseorang saja. Buatlah daftar yang akurat dengan informai yang menjadi permasalahan sebenarnya karyawan. Tentu saja penelitian atau pendekatan harus dilakukan untuk umpan balik yang efektif.

• Penyelesaian masalah
Dalam umpan balik tujuan utama adalah penyelesaian masalah yang dihadapi karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Jika anda telah mengetahui permasalahan tersebut maka anda bisa memberikan masukan dan bimbingan pada karyawan atas permasalahan yang dihadapi.

Dalam memberikan umpan balik memang tidak harus dilakukan setiap tahun tapi dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika memang menginginkan kinerja lebih baik maka umpan balik kinerja karyawan bisa dilakukan bertahap dan tiap periode tertentu.

• Penyampaian umpan balik harus jujur dan objektif
Dalam penyampaian umpan balik kinerja kepada karyawan harus dilakukan secara jujur dan objektif pada setiap karyawan. Jika penyampaian dilakukan tidak jujur akan mempersulit karyawan mengubah kinerjanya.

• Orientasi kinerja untuk masa depan
Penyampaian umpan balik dan penyelesaiannya pada karyawan ditujukan untuk orientasi masa depan agar kinerja lebih baik lagi. Dengan demikian akan memudahkan setiap rencana kerja yang dirancang perusahaan.

Download Contoh Panduan Pengembangan Career Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!