Bagaimana Cara Menjadi Mentor Karyawan yang Efektif

Ketika anda memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari orang lain, apakah anda yakin untuk bisa menjadi mentor yang efektif bagi mereka? Ilmu saja tak menjamin anda bisa menjadi seorang mentor yang tepat.

Mentor yang efektif akan memberikan hasil maksimal pada orang yang dibimbingnya.

Tugas seorang mentor adalah memberikan bimbingan atau arahan kepada seseorang atau beberapa orang untuk mencapai apa yang diharapkan.

Ketika anda menjadi pimpinan dan juga mentor bagi karyawan, jika anda tidak bisa melakukannya dengan baik, jangan harap perusahaan anda akan berkembang.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Menjadi mentor yang efektif tak semudah yang anda bayangkan, anda akan menjadi mentor hebat ketka mereka bisa mendapatkan kesuksesan karir dan hidupnya. Keberhasilan adalah yang diinginkan dan tujuan dari seorang mentor.

Dalam kehidupan dan juga sosialisasi, setiap orang berhak untuk mengembangkan diri, mengkreasikan pikiran dan harapan mereka.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Tapi tak semua bisa melakukannya dengan baik. Disinilah peran seorang mentor, mengarahkan dan mebimbing kita untuk mencapai apa yang diharapkan.

Menjadi mentor yang efektif harus mengetahui sifat dan kemampuan individu yang akan dibimbingnya. Apakah anda pikir setiap orang bisa memiliki kemampuan lebih seperti anda? Mereka berbeda sifat dan kemampuan, jadi anda juga bisa membedakan mereka jangan samakan dengan diri anda yang menjadi seorang mentor hebat.

Mentor bisa diartikan sebagai seorang pembimbing atau pemberi arahan pada seseorang untuk bertindak lebih baik.

Untuk menjadi mentor yang efektif, lakukan beberapa hal berikut ini:

• Karakter setiap orang
Seperti penjelasan diatas bahwa karakter dan kemampuan seseorang itu berbeda, jadi jika anda ingin menjadi mentor yang baik, ketahui karakter orang yang anda bimbing dan ukur seberapa jauh kemampuan mereka.

• Percaya diri
Kalau anda tidak memiliki kepercayaan diri, jangan menjadi mentor, dong. Mentor itu harus percaya diri agar anak didiknya percaya pada kemampuan anda.

Bagaimana anda bisa membangun kepercayaan diri, tentu saja dengan penguasaan materi yang akan anda sampaikan, pengalaman yang luas, kemampuan berkomunikasi dan penampilan. Untuk penguasaan materi banyak referensi yang bisa anda pelajari, tapi tentu saja materi yang berhubungan dengan tujuan binaan.

Semakin banyak materi yang anda kuasai akan semakin bagus untuk bekal anda.

Nah, penampilan dan komunikasi juga mempengaruhi kepercayaan diri anda. Menjadi mentor yang efektif juga harus bisa berkomunikasi dengan baik, sopan dan tegas. Penampilan anda yang menarik membuat mereka menjadi lebih tertarik mendengarkan arahan anda.

Pelajari visi dan misi binaan

Semua orang memiliki visi dan misi yang berbeda, jika anda tidak mengetahui visi misi binaan, akan sulit bagi anda untuk memberikan arahan tepat bagi mereka.

• Bangun empati anda
Semakin anda berempati pada binaan semakin mudah anda membimbing mereka. Sikap empati bisa mendekatkan anda dengan binaan, karena kedekatan ini maka anda bisa lebih mudah mengarahkan mereka agar lebih sukses.

• Bersikaplah terbuka
Jika anda menginginkan menjadi mentor yang efektif, bersikaplah terbuka bada binaan. Anda harus lebih responsive pada binaan dan berikan masukan terbaik bagi permasalahan mereka.

• Kembangkan kemampuan binaan
Mentor juga berfungsi sebagai coaching, mengarahkan atau membimbing binaan. Biarkan mereka mengembangkan kemampuan dengan bimbingan anda. Arahkan kesuksesan mereka seperti yang diharapkan masing-masing individu.

• Jadikan diri anda mentor sepanjang masa
Sulit menjadi mentor yang efektif apalagi menjadi mentor sepanjang masa, tapi anda bisa mewujudkannya.Sebelum karir binaan berkembang, jangan menyerah untuk membimbingnya dan ini akan menjadikan anda mentor sepanjang masa bagi mereka.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!