Bagaimana Caranya Berpikir secara Kreatif?

Banyak orang yang meyakini bahwa dunia seni adalah dunia yang penuh dengan kreativitas. Namun, dunia bisnispun tidak kalah kreatif. Harus kita sadari bahwa tanpa kreativitas, sebuah usaha tidak akan bisa berkembang.

Tanpa kreativitas tidak akan ada inovasi baru dalam suatu perusahaan yang membuatnya akan sangat mudah didepak oleh perusahaan lain yang sangat inovatif.

Oleh karena itu, semua pelaku bisnis harus memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam mengelola usahanya. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat berpikir kreatif?

Untuk berpikir kreatif hal yang paling penting adalah bebaskan pikiran anda. Jangan sampai anda terbelenggu pada suatu hal yang itu-itu saja dan jangan sampai ada yang membatasi anda untuk berpikir. Untuk sejenak lupakan semua batasan, termasuk batasan dana dan jangan takut untuk melangkah keluar dari zona aman anda.

Apakah anda tahu salah satu rahasia perusahaan Apple dalam melakukan pengembangan terhadap produknya? Rahasianya adalah perusahaan itu membiarkan para desainer untuk bekerja lepas mengeluarkan semua ide mereka bahkan untuk ide-ide yang banyak orang menganggapnya mustahil. Dengan membebaskan pikiran anda, akan banyak sekali ide-ide kreatif yang akan muncul. Apapun juga ide yang muncul di benak anda, tulislah itu.

Dalam mencari ide kreatif, cobalah untuk menghubungkan dan menggabungkan beberapa hal yang berbeda. Hijau terlihat sangat berbeda dari biru dan kuning, tetapi tanpa biru dan kuning tidak akan tercipta warna hijau.

Jadi, cobalah untuk mencari hal baru yang bisa anda dapatkan dari penggabungan pengetahuan dan hal-hal lain yang anda miliki. Seperti halnya anak kecil yang sangat terkesima dengan percampuran warna, anda juga akan terkesima dengan hasil penggabungan yang anda ciptakan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jika anda tidak jua mendapatkan hasil, anda tentunya akan bertanya mengapa anda tidak berhasil. Jika anda mengalami hal ini, jangan batasi pertanyaan anda dengan “mengapa” tetapi buatlah lebih banyak pertanyaan tentang apa, siapa, bagaimana, dimana, dan kapan.

Jika anda bertanya mengapa produk anda tidak laku di pasaran, cobalah bertanya “Apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan?” Pertanyaan lain yang bisa anda tanyakan adalah “Siapa sebenarnya target pemasaran anda?”, “Apakah target anda sudah benar?”, “Bagaimana membuat pelanggan puas dengan produk anda?”, “Dimana tempat yang tepat untuk promosi produk?”, “Kapan saat yang tepat untuk promosi produk?” dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda, yang harus anda lakukan adalah melakukan pengamatan terhadap situasi di sekeliling anda dan jangan lewatkan hal-hal yang kecil karena dari hal kecil dapat muncul suatu ide yang sangat brilian. Untuk membuktikan ide anda dapat berjalan dengan baik, lakukan percobaan pada ide anda tersebut.

Jika ide-ide anda tidak berjalan dengan baik, satu hal yang harus anda perhatikan adalah jangan menyerah. Memang ada saatnya suatu ide tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan keadaan dalam perusahaan.

Namun, bukan berarti bahwa ide itu tidak berguna. Ide-ide yang muncul walaupun pada akhirnya tidak akan digunakan merupakan sarana untuk melatih otak kita dalam berpikir kreatif. Lagipula, ada kemungkinan bahwa ide yang tidak terpakai itu akan sangat berguna di masa depan.

Oleh karena itu, jangan buang ide-ide anda. Setalah beberapa saat, cobalah untuk melihat catatan anda. Dengan melihat ide-ide lama anda, bisa jadi anda menemukan solusi untuk membuat ide tersebut menjadi nyata atau anda akan menemukan ide kreatif yang baru yang lebih dasyat lagi.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!