Brand Management untuk Membesarkan Bisnis Anda

Brand management alias manajemen merk merupakan hal yang penting dalam strategi pemasaran; hal ini karena konsumen sering mengasosiasikan sebuah merk dengan kualitas, kesan dan mutu sebuah produk baik itu secara sadar atau tidak sadar.

Di samping itu, merk yang berkesan, akrab dan mudah diingat biasanya membuat sebuah produk lebih banyak dicari ketimbang produk sejenis yang merknya kurang memberi kesan mendalam di benak konsumen.

Plus, merk membantu perusahaan tertentu untuk membidik target konsumen khusus, misalnya kaum profesional muda, kaum kelas menengah ke bawah atau kaum pecinta otomotif.

Brand management merupakan strategi untuk mengasosiasikan merk dengan citra tertentu yang sifatnya positif agar calon konsumen dapat menangkap kesan baik dari produk tersebut dan berminat membelinya, misalnya mempromosikan merk yang memberi kesan bahwa pengguna produk bermerk tersebut adalah kaum yang selalu mengikuti mode, atau pecinta hobi tertentu yang berkesan positif di masyarakat.

Manajemen merk ini tidak melulu merupakan kebutuhan perusahaan besar, namun juga perusahaan kecil menengah maupun perusahaan yang baru berkembang.

Trik melakukan brand management yang baik harus sudah dilakukan sejak saat pertama sebuah bisnis dibangun.

Jika anda adalah pemilik bisnis yang baru akan memulai usaha, anda harus memastikan bahwa merk dan logo yang anda pilih memiliki asosiasi yang tepat dan positif jika dikaitkan dengan produk anda. Jika sasaran anda adalah konsumen luas atau konsumen kelas menengah bawah, merk dan logo anda harus mudah diingat dan dikenali.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Contoh yang bagus adalah Aqua, Indomie serta sabun Wings dimana ketiga produk ini memiliki merk dan logo yang mudah dikenali, memiliki asosiasi yang positif dengan produknya dan mudah diucapkan siapa saja. Jika sebuah merk mudah diucapkan, konsumen akan merasa lebih ‘akrab’ dengan produk tersebut sehingga lebih mungkin membelinya.

Jangan lupa juga untuk membuat tagline yang dapat menerangkan produk anda secara singkat namun mengena, misalnya tagline Indomie “Indomie seleraku” yang mudah diingat namun menanamkan pemahaman bahwa Indomie merupakan produk mie yang nikmat untuk siapa saja tanpa memandang latar belakang.

Untuk produk yang sasarannya kelas menengah bawah, sangat penting untuk membuat tagline yang bagus dengan bahasa Indonesia atau bahasa lokal dan tidak perlu memaksakan penggunaan bahasa asing; contoh yang bagus dari penggunaan bahasa lokal untuk tagline adalah obat sakit kepala Oskadon dengan tagline “pancen oye!”

Tahap selanjutnya dari brand management adalah memastikan bahwa merk, logo dan tagline yang anda rancang sejalan dengan kualitas produk yang perusahaan anda hasilkan.

Bisakah anda membayangkan produk air mineral Aqua dengan logo serba biru yang memberi kesan segar menjual air minum yang berbau aneh dan melalui proses penyaringan yang tidak sempurna? Produk tersebut pasti tidak akan laku di pasaran karena kesan yang timbul antara merk dan produk yang sebenarnya tidak berbanding lurus.

Mempertahankan kualitas produk merupakan hal nomor satu yang harus anda lakukan untuk memastikan bahwa produk anda memeroleh pelanggan setia yang akan memastikan kesuksesan perusahaan anda untuk jangka panjang.

Selain itu, anda juga bisa menambah aspek positif dalam manajemen merk anda dengan memberikan promosi yang menarik untuk konsumen kelas menengah bawah, misalnya bonus berupa benda-benda yang bermanfaat seperti piring, gelas dan payung untuk pembelian dalam jumlah tertentu, pengemasan yang menarik serta penawaran harga khusus untuk hari-hari tertentu.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!