Banyanknya berbagai jenis asuransi yang ada, asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang belum cukup populer. Banyak masyarakat yang ternyata belum banyak mengerti tentang asuransi ini, bahkan banyak dari mereka yang justru kurang tertarik dan menganggap negatif.

Hal tersebut dipicu dengan kurang sadarnya masayarakat bahwa mempersiapkan asuransi kesehatan ketika suatu saat dibutuhkan.

Jadi, pastinya sangat wajar jika ternyata menjual asuransi kesehatan ini seringkali tidak bisa mencapai kata sepakat. Bagi anda yang sedang berkerja di bidang ini, berikut ini adalah teknik menjual asuransi kesehatan untuk pastinya bisa menjadi referensi untuk mensukseskan pekerjaan anda ini.

a. Lakukan tahap prospecting dengan semangat dan tanpa menyerah
Mendapatkan nasabah untuk bergabung dengan asuransi anda memang membutuhkan usaha yang keras dan tidak mudah menyerah.

Apalagi ketika anda menawarkan asuransi kesehatan yang kenyataanya seringkali mendapatkan respon negatif dari masyarakat. Meskipun demikian anda tetap harus yakin bahwa tidak akan ada usaha yang sia-sia.

b. Menjual untuk membantu
Selain untuk menjual produk, cobalah untuk menjual produk sebagai bentuk bantuan anda. Hal ini merupakan salah satu misi penjualan yang bisa anda terapkan ketika anda ingin menjual produk asuransi kesehatan.

Dengan misi menjual untuk membantu maka ketika ditolak anda tidak akan merasa down. Hal ini sangat efektif untuk tetap menjaga motivasi anda agar tidak berhenti untuk terus mendapatkan prospek yang bagus dan akhirnya bisa mencapai tahap closing.

c. Lakukan pendekatan kepada klien secara personal
Taknik menjual asuransi kesehatan tidak ada salahnya anda lakukan setelah anda melakukan pendekatan kepada calon nasabah. Cara ini banyak dilakukan untuk mejual berbagai produk dan ternyata terbukti efektif mampu meningkatkan angka penjualan yang cukup bagus.

Selain itu cara ini juga sangat efektif untuk membangun komunikasi antara anda dan prospek yang dimaksud. Biasanya klien akan merasa lebih percaya ketika anda menawarkan produk setelah mereka merasa nyaman dan yakin dengan anda.

d. Jelaskan akan pentingnya asuransi kesehatan
Teknik selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan pengertian kepada mereka akan pentingnya asuransi kesehatan. Jelaskan bahwa biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit sangat mahal, sehingga dengan mempersiapkan asuransi kesehatan sejak dini akan memudahkan anda ketika sewaktu-waktu membutuhkannya.

e. Tunjukkan nilai tambah pada asuransi anda
Banyaknya persaingan di dunia asuransi memang harus membuat anda mau untuk tampil beda. dengan memiliki nilai tambah dari organisasi yang anda tawarkan, maka akan menjadikan asuransi anda beda dengan yang lain.

Cara ini sangat efektif untuk membuat asuransi yang anda tawarkan tadi mudah diingat oleh prosepek anda. Dengan demikian klien akan memiliki perspektif bagus mengenai asuransi yang ada tawarkan tadi.

f. Lakukan presentasi dengan baik dan lancar
Tahap presentasi ini merupakan tahap dimana anda akan memperkenalkan produk anda kepada klien. Sampaikan materi secara lancar dan sistematis karena cara menyampaikan anda akan mempunyai pengaruh besar yang akan mempengaruhi klien.

Itulah sebabnya, sebelum prsentasi anda harus benar-benar mempersiapkan materi produk yang akan disampaikan. Semakin bagus cara penyampaian, akan semakin menunjukkan bahwa anda benar-benar profesional di bidang ini.

Melalui berbagai teknik menjual asuransi tersebut, pasti akan sangat membantu anda dalam melakukan proses prospecting. Hal yang perlu terus anda tekankan adalah jangan pernah mudah menyerah meskipun mungkin anda telah banyak ditolak oleh banyak klien. Karena ketika anda telah beberapa kali ditolak, mungkin prospek selajutnya akan menjadi milik anda.