Cara Melakukan Analisa BEP atau Analisa Break Event Point

Analisa Break Event Point (BEP) banyak digunakan oleh perusahaan yang berkembang dengan cepat di pasaran.

Perusahaan mencoba untuk melakukan pengembangan sistem analisa yang digunakan untuk mengkaji beberapa pelaksanaan kegiatan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan dalam produksinya. Aktivitas produksi yang dilakukan oleh perusahaan ini terbagi atas beberapa variabel – variabel.

Perbandingan antar variabel inilah yang memberikan analisa mengenai Break Event Point (BEP) yang ada di suatu perusahaan.

Manfaat perhitungan Break Event Point (BEP) untuk keuangan perusahaan memang diyakini bisa mengoptimalkan perkembangan serta pertumbuhan perusahaan sehingga anda jangan pernah khawatir dengan akurasi perhitungan analisa Break Event Point (BEP).

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai Break Event Point (BEP) yang dilaksanakan oleh perusahaan diantaranya yaitu :

Pengertian Break Event Point (BEP)
Sebelum melakukan perhitungan dengan model analisa Break Event Point (BEP), ada baiknya anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian mengenai Break Event Point (BEP) terlebih dahulu. Break Event Point (BEP) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara variabel – variabel keuangan seperti biaya tetap, biaya variabel, keutungan perusahaan dan volume aktivitas.

Dengan pengertian inilah tentunya anda sudah memahami sejak kapan perusahaan bisa melakukan perhitungan keuangan melalui model analisa Break Event Point (BEP) ini, bukan?

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Ya, benar sekali, model Break Event Point (BEP) bisa dijalankan untuk perhitungan keuangan di perusahaan ketika perusahaan memang memiliki variabel biaya tetap dan biaya variabel. Hal ini dikarenakan kedua biaya ini memiliki batasan masing – masing yang tidak dapat dijelaskan jika belum ada transaksi jual beli terlebih dahulu.

Semisal mungkin dapat dicontohkan dengan permasalahan ini berupa perusahaan yang sudah beroperasi tentunya memiliki volume produksi dalam besaran tertentu.

Saat melakukan produksi tersebut, perusahaan akan dinyatakan merugi ketika hasil produksi yang diperoleh hanya bisa menutupi biaya varibel namun hanya sedikit yang bisa menutupi biaya tetapnya. Inilah kegunaan analisa Break Event Point (BEP) untuk menyeimbangkan keuangan yang ada di perusahaan.

Asumsi Break Event Point (BEP) Perusahaan
Dalam pelaksanaan analisa Break Event Point (BEP), perusahaan memerlukan pemilahan beberapa variabel terlebih dahulu didalamnya. Minimal perusahaan harus memiliki 3 variabel utama yaitu biaya variabel, volume biaya dan biaya tetap untuk bisa menghitung analisa Break Event Point (BEP).

Namun, untuk variabel lengkap yang dijadikan perhitungan untuk model Break Event Point (BEP) ini terbagi atas yaitu :

a. Biaya perusahaan yang dapat dijadikan sebagai komponen biaya variabel dan biaya tetap.
b. Total pembiayaan variabel yang berubah secara proporsional dengan volume produksi atau penjualan sedangkan besaran biaya variabelnya per unit tetap atau konstan.

c. Pastikan harga jual per unit tidak akan mengalami perubahan selama proses melakukan analisa Break Event Point (BEP).
d. Pastikan kapasitas produksi perusahaan berada dalam kondisi relative konstan.
e. Usahakan efisiensi produksi tidak mengalami perubahan.

Tujuan Analisa Break Event Point (BEP) bagi Perusahaan

Penggunaan analisa Break Event Point (BEP) ini bagi keuangan perusahaan memiliki beberapa tujuan pelaksanaan diantaranya yaitu :

1. Melakukan desain spesifikasi produk yang dijual oleh perusahaan
2. Menentukan haraga jual produk satuan
3. Menentukan jumlah produksi atau penjualan minimal yang dapat menyebabkan kerugian perusahaan

4. Memaksimalkan jumlah produksi yang dihasilkan perusahaan
5. Melakukan perencanaan laba yang diharapkan oleh perusahaan
Cukup sekian ulasan Break Event Point (BEP) untuk anda semuanya. Semoga bahasan Break Event Point (BEP) ini memberikan manfaat bagi anda.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!