Cara Melakukan Teknik-Teknik Presentasi Penjualan Yang Efektif

Marketing merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis atau usaha. Marketing adalah sebuah usaha untuk menarik perhatian konsumen agar mereka mau membeli produk yang ingin anda jual. Konsumen yang dimaksud disini bisa bermacam-macam dari mulai individu hingga ke perusahaan yang memiliki prospek untuk melakukan kerjasama di masa depan.

Inti dari marketing adalah melakukan komunikasi kepada calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk yang anda jual atau menjadi tertarik untuk bekerjasama dengan anda. Komunikasi ini bisa berupa komunikasi tidak langsung yang berbentuk iklan atau komunikasi langsung yang berupa presentasi.

Di artikel ini saya akan membahas tentang teknik komunikasi langsung yang menarik sehingga anda bisa dengan mudah menarik banyak konsumen.

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar dalam presentasi agar daya persuasif anda bisa semakin meningkat:

1. Tidak ada seseorang yang akan berminat pada isi presentasi jika anda menyampaikannya dengan ragu-ragu dan tidak lancar. Oleh karena itu, sebelum anda memulai sebuah Presentasi Penjualan, usahakan untuk memahami dengan pasti materi yang ingin anda sampaikan.

Pelajari hingga mendetail mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi presentasi. Setelah menguasai materi presentasi, anda harus melatih diri agar lancar dalam menyampaikan materi yang ingin disampaikan. Latihlah hingga anda benar-benar menguasainya. Hindari memeriksa catatan atau membuat note karena itu sangat tidak professional dan menunjukkan bahwa anda tidak siap.

2. Presentasi yang bagus haruslah memiliki alur yang tepat. Untuk Presentasi Penjualan dengan tujuan untuk menjual produk, alur yang tepat adalah dengan mulai mengutarakan masalah.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Setelah anda mengutarakan masalah, anda bisa mulai dengan melakukan presentasi produk yang bisa mengatasi masalah tersebut. Pada bagian penutup, anda bisa mengutarakan berbagai keunggulan tambahan dari produk tersebut. Poin terpenting adalah bagaimana membuat audience percaya bahwa produk anda dapat memecahkan persoalan yang anda kemukakan di awal.

3. Seseorang cenderung lebih percaya pada kawan yang sudah dikenal daripada pada orang asing yang baru saja dikenal. Oleh karena itu anda harus bisa mencairkan suasana agar presentasi anda tidak terasa kaku dan membosankan. Untuk mencairkan suasana, anda bisa menggunakan humor atau joke.

Waktu yang tepat untuk melontarkan humor adalah di awal-awal presentasi. Buatlah audience menjadi rileks dengan humor anda di awal-awal agar mereka bisa lebih mendengarkan anda.

Penampilan juga harus anda perhatikan. Berpakaianlah yang rapi dan mencerminkan produk yang ingin anda jual. Mulai atur penampilan anda dari mulai potongan rambut, kebersihan wajah, make up jika anda wanita, busana yang anda kenakan, hingga kebersihan kuku. Tampilkan kesan kesuksesan pada diri anda karena orang biasanya akan lebih senang membeli dari seorang pemenang.

4. Jangan hanya menjelaskan secara verbal mengenai produk yang ingin anda jual. Kebanyakan orang akan lebih mudah menerima penjelasan yang disertai dengan gambar atau benda nyata. Maka anda bisa menggunakan alat bantu visual berupa gambar-gambar, power point, selebaran artikel mengenai kelebihan produk, hingga memberikan produk yang anda jual untuk diamati oleh audience. Beberapa demonstrasi yang unik dan menarik akan lebih menarik perhatian audience.

Contohnya jika anda menjual panic anti gores, demonstrasikan saja bagaimana panci tersebut bisa tahan ketika digores dengan pisau. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan demonstrasi langsung, anda bisa mengutarakan bukti bagaimana produk anda bisa unggul ketika dipakai oleh orang lain atau perusahaan lain. Jika ada, berikan bukti-bukti tertulis, testimonial konsumen, video, atau artikel di media cetak dan internet.

desain 1

desain 4

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!