Membangun HR Strategy secara Powerful

Dalam berbagai perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri, HR sering diidentikkan sebagai departemen yang hanya menyokong kerja perusahaan di level dasar bahkan kadang dianggap sebagai pos yang lebih sering mengganggu daripada menolong.

Bahkan, sebuah artikel karya Ken Hammond di Fast Company diberi tajuk “Why We Hate HR” (Mengapa Kami Membenci HR); bukti bahwa departemen HR di berbagai perusahaan sering belum sepenuhnya dikelola secara strategis dan hanya dianggap sebagai penghalang kesuksesan.

Hal ini bisa jadi karena HR strategy yang diterapkan di berbagai perusahaan belum terintegrasi secara baik dengan nilai bisnis yang dipegang perusahaan.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Anda yang memiliki perusahaan atau bekerja di departemen HR mungkin sering mendengar tentang spesialis atau manajer HR yang kerap mengeluarkan ide kebijakan yang berbenturan dengan konsep bisnis perusahaan serta tidak mampu mengintegrasikan antar kegiatan departemen HR dengan nilai bisnis yang dipegang perusahaan.

Salah satu penyebabnya adalah banyak lulusan universitas yang tertarik menjadi profesional di bidang HR hanya beranggapan bahwa yang harus dipelajari adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan HR itu sendiri tanpa memelajari aspek bisnis.

Di Indonesia sendiri, bidang HR bukanlah merupakan bidang yang dipelajari secara khusus. Walaupun HR merupakan bagian dari ilmu psikologi dan manajemen, ilmu-ilmu tentang HR di jenjang S1 sendiri kerapkali hanya berupa kelas-kelas terpisah dan bukannya satu kesatuan jurusan; ilmu HR baru dipelajari secara spesifik di S2, misalnya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Idealnya, bila seorang mahasiswa memiliki minat untuk menjadi profesional di bidang HR, ia harus memelajari ilmu HR dan bisnis secara berbarengan hingga ke jenjang yang lebih tinggi agar bisa memeroleh konsep HR strategy yang matang sebagai bekal kerja.

Sementara itu, dari segi perusahaan, seorang pemilik perusahaan yang berpikiran jauh ke depan seharusnya menginvestasikan lebih banyak biaya dan waktu untuk pelatihan strategis bagi para staf HR baru agar kelak bisa menghasilkan profesional dan spesialis HR yang mampu menjadi bagian penting dari keseluruhan kegiatan perusahaan sesuai dengan konsep bisnis dan tujuan perusahaan yang dipegang.

Meningkatkan Peran Strategis HR di Perusahaan
Jika anda adalah kepala departemen atau manajer HR dan ingin agar departemen HR anda juga dianggap memiliki nilai profit yang dapat menguntungkan perusahaan alih-alih hanya sebagai sesuatu yang harus ada, berikut beberapa tips:

1. Tinjau kembali setiap deskripsi tugas dari fungsi-fungsi di departemen HR seperti bagian payroll & benefits, pelatihan dan pengembangan, HR generalist (admin) dan sebagainya. Lihat apakah setiap deskripsi tugas sudah dilaksanakan dengan baik, atau lihat apakah ada deskripsi tugas yang seharusnya dimasukkan namun ternyata tidak ada.

2. Adakan pertemuan dengan para eksekutif dan kepala departemen lain untuk mengukur tingkat kepuasan mereka terhadap kinerja departemen HR serta mencari tahu apa yang masih dibutuhkan atau harus diperbaiki dari departemen HR agar bisa meningkatkan nilai bisnisnya.

3. Buat atau rancang ulang konsep HR strategy anda agar dapat sejalan dengan konsep bisnis perusahaan sekaligus mendatangkan nilai tambah bagi tujuan jangka panjang perusahaan. Buatlah sebuah business plan yang mengaitkan antara kebutuhan dan tujuan perusahaan dengan fungsi-fungsi dalam departemen HR serta bagaimana tiap fungsi dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan.

Sebagai tambahan, anda harus rajin menambah informasi mengenai perkembangan dunia HR dari media dan jurnal-jurnal HR terbaru terutama media luar negeri; saat ini di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, konsep HR strategy di perusahaan kini telah mulai mengalami pergeseran, dari departemen yang hanya membantu perusahaan di level bawah menjadi departemen yang dipandang sebagai salah satu nilai profit perusahaan.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!