Cara Memberikan Motivasi pada Sales Force dan Salesman

Apa yang anda pikirkan ketika anda ditawari pekerjaan sebagai salesman? Banyak orang yang malas menjadi seorang salesman karena pekerjaan ini dianggap pekerjaan sulit apalagi mereka harus mencapai target penjualan.

Motivasi untuk para salesman sangat penting mengingat pekerjaan mereka bukanlah mudah bahkan banyak salesman yang putus asa ketika mereka tidak bisa mencapai penjualan yang tertarget oleh perusahaan.

Kemampuan yang dimiliki salesman tidak sama satu sama lainnya sehingga mereka tidak bisa mencapai target yang sama. Mental yang kuat kadang menjadi lemah ketika mereka tidak bisa mendapatkan banyak konsumen bahkan sering mendapat cacian dari orang lain.

Itulah mengapa motivasi untuk para salesman sangat penting untuk membangun mental yang kuat dan kepercayaan diri mereka.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan motivasi itu sendiri sehingga motivasi untuk para salesman sangat diperlukan? Motivasi sendiri bisa diartikan sebagai dorongan atau dukungan moril dan materiil kepada seseorang untuk meningkatkan apa yang menjadi tugas mereka sehingga mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Setiap salesman tentu menginginkan pencapaian target yang telah ditentukan perusahaan.

Namun kenyataannya di lapangan mereka sering mengalami masalah sehingga target pun tidak bisa dicapai bahkan ada yang tidak mendapatkan konsumen sama sekali. Untuk itu setiap perusahaan bisa memberikan motivasi untuk para salesman agar mereka bisa bekerja secara maksimal dan mencapai target.

Berikut beberapa alasan mengapa diperlukan motivasi untuk para salesman:

• Kurangnya produk knowledge
Salesman yang tidak mengetahui produk knowledge tentu saja tidak bisa memasarkan produknya dengan baik kepada konsumen sehingga pencapaian target tidak bisa dipenuhi.

• Mental yang lemah
Menjadi seorang sales harus memiliki mental kuat dan pantang menyerah. Kepercayaan diri harus dimiliki untuk menghadapi setiap orang yang akan menjadi konsumennya. Jika mental mereka lemah dan kurang percaya diri maka orang lain pun tidak akan percaya dengan promosi salesman tersebut.

• Kurangnnya komunikasi atasan dan salesman
Kurangnya komunikasi atasan dan salesman bisa berdampak buruk bagi kinerja saleman sendiri karena mereka tidak mendapatkan arahan yang tepat oleh atasan yang lebih berpengalaman.

Rekrutmen tenaga salesman yang tidak handal
Jika perusahaan salah merekrut salesman yang tidak handal tentu saja mereka tidak bisa bekerja secara maksimal apalagi bisa mencapai target penjualan.

Untuk membangun motivasi untuk para salesman, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan perusahaan:

• Pelatihan
Dengan memberikan pelatihan kepada semua salesman mereka akan mendapatkan pengetahuan dan juga ketrampilan agar siap bekerja dilapangan dan menghadapi calon konsumennya.

Pelatihan tersebut juga harus dibarengi dengan beberapa arahan positif atau motivasi agar salesman bisa meningatkan kinerjanya bukan hanya karena gaji atau bonus saja.

Pelatihan salesman bisa dilakukan perusahaan setelah perusahaan mengetahui atau menilai kinerja salesman dalam beberapa waktu. Setelah dilakukan pelatihan perusahaan tetap harus memantau kinerja salesman untuk mengukur kemampuan mereka apakah menurun atau meningkat setelah dilakukan pelatihan motivasi.

• Mengukur kemampuan setiap salesman
Sebagai pimpinan anda bisa mempertimbangkan kemampuan setiap salesman anda untuk pencapaian target penjualan. Jika mereka tidak mampu tentu anda bisa mengambil tindakan yang tepat agar mereka bisa mencapai target sesuai dengan kemampuannya.

• Hargai hasil kerja setiap salesman
Pimpinan bukan hanya memerintah saja namun anda juga harus bisa menghargai hasil kerja salesman sekalipun mereka tidak mencapai target. Berikan mereka penghargaan dengan memberikan gaji pokok beserta bonus atau tunjangan lainnya sehingga mereka termotivasi untuk meningkatkan target.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!