Cara Membuat CV Yang Bagus Agar Diterima Kerja

Anda pernah ditolak suatu perusahaan atau bahkan beberapa perusahaan saat anda benar-benar membutuhkan pekerjaan? Sudahkan anda membuat CV yang bagus saat anda melamar pekerjaan tersebut?

Banyak orang yang tidak memperhatikan CV yang mereka buat padahal pihak personalia akan mempertimbangkan lamaran anda dari CV yang anda buat. Jika anda membuat CV yang bagus dan sesuai dengan persyaratan yang diinginkan tentu personalian akan segera memanggil anda.

Demikian sebaliknya jika CV yang anda buat itu hanya sekedar meniru CV yang telah ada dan anda tidak mencantumkan kriteria yang diinginkan perusahaan tentu sampai kapanpun anda tidak akan dipanggil oleh personalia. Membuat CV yang bagus itu sangat penting kalau anda benar-benar ingin segera mendapatkan panggilan kerja.

Bagaimana anda bisa membuat CV yang bagus agar bisa mendapatkan pekerjaan yang anda idamkan?

Mudah saja anda membuat CV namun apabila asal-asalan saja menulisnya, sebaiknya urungkan niat anda untuk bekerja di perusahaan impian. Sekalipun nilai ujian akademik anda diatas rata-rata, hal ini akan sia-sia ketika anda membuat CV yang jelek dan tidak berhubungan dengan apa yang disyaratkan perusahaan.

Penolakan seseorang yang melamar pada perusahaan sebagian besar memang dari CV yang mereka buat.

Kadang perusahaan menginginkan CV yang ditulis tangan, alasan perusahaan ini karena dengan melihat CV yang ditulis secara manual mereka bisa mengetahui kepribadian dari seorang pelamar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Untuk membuat CV yang bagus, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

• Pemilihan kata
Jangan samakan menulis CV dengan menulis surat cinta pada kekasih anda. CV yang bagus ditulis dengan bahasa yang baik dan formal. Jangan mempergunakan kata kamu yang ditujukan pada personalia perusahaan yang dituju. Usahakan jangan menulis dengan bahasa gaul, seperti aku, gue, elo, ane, atau sapaan gaul lainnya.

• Aturan penulisan
Sesuaikan CV yang anda tulis dengan aturan yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Jika CV ditulis dalam bahasa inggris, spasi, dan jenis tulisan tertentu maka anda harus mengikuti aturan tersebut.

• Hindari Penulisan CV yang panjang
Membuat CV yang bagus harus memperhatikan kepadatan kata dan hindarilah kata-kata yang berulang atau bertele-tele. Gunakan format CV yang tetap dan buatlah CV tidak lebih dari dua halaman folio.

• Isi biodata anda dengan lengkap
Perusahaan akan lebih memperhatikan CV yang memiliki biodata lengkap seperti data pendidikan, alamat, pengalaman kerja dan beberapa lampiran lainnya yang dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu dalam membuat CV yang bagus, isikan biodata anda yang lengkap dan menyangkut apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

• Kreativitas
Menulis CV itu adalah kreativitas anda dan pastikan anda tidak menjiplak dari CV yang telah ada. Cobalah membuat CV yang unik dan profesional, jangan asal meniru. Personalia akan lebih tertarik dengan CV yang dibuat unik dan menarik.

• Pemilihan kertas CV
Dalam membuat CV yang bagus, anda juga harus memperhatikan kertas yang digunakan. Pastikan anda memakai kertas yang berkwalitas bagus dan menghasilkan tulisan yang bagus pula. Selain itu pakailah stopmap yang khusus untuk lamaran pekerjaan agar terlihat profesional.

• Lampiran foto
Semua lamaran pekerjaan selalu dilampirkan foto, pilihlah foto terbaru yang sopan dan memakai pakaian formal.
Bila anda membuat CV yang bagus, tidak memerlukan waktu lama anda segera akan dipanggil personalia untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!