Cara Mengembangkan Teknik dan Ketrampilan Negosiasi

Sebenarnya apa tujuan dari negosiasi bisnis? Negosiasi itu sendiri berarti pertemuan atau tatap muka yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk melakukan tawar-menawar mengenai suatu produk atau objek tertentu untuk melakukan perjanjian atau kontrak.

Proses ini juga tidak pernah lepas dari perjanjian-perjanjian yang pastinya saling menguntungkan antara pihak-pihak yang etrlibat dalam negosiasi tersebut.

Bagi perusahaan, negosiasi merupakan tahapan yang sangat penting dalam mewujudkan perusahaan yang berkembang dan diakui oleh perusahaan lain.

Proses negosiasi ini banyak dilakukan perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain yang mana di balik kerjasama tersebut tersimpan sejuta harapan dari keuntungan yang bisa diraih. Melalui perjanjian yang ada,makamasing-masing perusahaan bisa mendapatkan hak masing-masing setelah memenuhi beberpa kewajiban yang telah disepakati.

Sayangnya, proses negosiasi yang dilakukan seringkali tidak berjalan mulus. Hal ini sering kali disebabkan oleh minimnya pengetahuan dari pihak perusahaan mengenai bagaimana cara bernegosiasi dengan baik dan benar.

Bahkan seringkali perusahaan melakukan negosiasi tanpa persiapan terlebih dahulu, akibatnya negosiasi tersebut sering kali menjadi sia-sia yang pastinya juga berdampak pada kerugian waktu dan tenaga.

Mengingat pentingnya proses degosiasi bisnis, anda harus benar-benar mempersiapkan hal-hal yang butuhkan dalam negosiasi dengan baik.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Mempersiapkan diri secara matang serta membekali diri dengan kemampuan komunikasi dengan baik merupakan hal penting yang tidak boleh dianggap sepele. Ketelitian dan kehati-hatian merupakan dua hal penting yang tidak boleh anda lewatkan untuk melakukan proses negosiasi yang berhasil.

Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan negosiasi bisnis :

a. Membuat target pencapaian
Anda berhak menentukan target yang harus dicapai ketika hendak melakukan negosiasi. Selain itu, tidak ada salahnya anda juga mengajukan beberapa syarat yang bisa anda tawarkan untuk mencapai kata mufakat dalam negosiasi tersebut.

b. Persiapkan alternative cara lain
Ketika anda melakukan negosiasi pastinya anda juga mengharapkan kata sepakat. Sayangnya ketika anda melakukan tahap negosiasi, belum tentu negosiasi yang anda lakukan akan selalu diterima.

Itulah sebabnya mempersiapkan alternative cara lain merupakan hal yang panting sebagai bentuk antisipasi jiaka ternyata cara pertama yang anda lakukan tidak berhasil.

c. Tetap fokus pada materi yang dinegosiasikan
Sebaiknya dalam tahap ini anda tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan membahas materi diluar dari poin yang ingin anda negosiasikan tadi.

Usahakan untuk tidak mencampur adukkan masalah pribadi dengan materi yang akan anda negosiasikan tadi, sehingga proses negosiasi berjalan dengan lancar.

d. Menyusun tim negosiasi yang kompeten
Tim yang berjuang dalam proses negosiasi bisnis ini seharusnya terdiri dari orang-orang yang berprestasi dan berkompeten di bidangnya.

Dengan tim yang berkualitas dan sesuai dengan bidangnya masing-masing akan semakin meyakinkan pihak yang dimaksudkan. Sehingga jika hal ini terpenuhi maka tidak potensi keberhasilan dalam bernego juga akan semakin terbuka lebar.

e. Memberikan alernatif solusi untuk lawan
Proses negosiasi memang seringkali berjalan cukup alot. Hal ini seringkali disebabkan oleh rasa tidak puas dari salah satu atau mungkin kedua belah pihak. Itulah sebabnya, memberikan alteratif solusi yang berupa win-win solusion juga menjadi ide yang bagus.

f. Segera selesaikan proses negosiasi ini dengan cepat
Jangan banyak bertele-tele dalam melakukan negosiasi karena hal ini akan semakin mengurangi rasa percaya dari pihak lawan. Selain itu bertele-tele juga hanya membuah waktu dan tenaga.

Jadi, ketika proses tawar menawar sudah dirasa cukup, sebaiknya anda selesaikan proses negosiasi ini dengan saling menyepakati perjanjian yang ada.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!