Cara Meningkatkan Selling Skills yang Efektif bagi Praktisi Marketing

Dalam bisnis ada tiga aspek dasar yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah proses produksi, yaitu proses sebuah perusahaan atau usaha dalam menghasilkan barang atau jasa yang ingin dijual kepada masyarakat, yang kedua adalah proses distribusi atau penyaluran produk dari produsen kepada masyarakat yang membutuhkan, serta yang terakhir adalah marketing atau penjualan yaitu proses mencari pelanggan yang mau membeli produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan.

Dari ketiga aspek tersebut, marketing atau penjualan menjadi hal yang paling penting karena dengan menguasai Selling Skills yang Efektif, sebuah perusahaan dapat menjual barang apa saja bahkan sebuah barang yang paling sederhana sekalipun.

Contoh teknik marketing yang efektif adalah menjual air putih kemasan. Semua orang mengetahui bahwa air putih adalah benda sederhana yang bisa diproduksi sendiri di rumah-rumah. Namun dengan kejelian marketing, sebuah perusahaan bisa mengemasnya sedemikian rupa sehingga memiliki nilai jual yang lebih. Disini perusahaan air minum kemasan telah menerapkan metode Selling Skills yang Efektif sehingga bisa meraup keuntungan yang sangat besar hanya dengan berjualan air putih dalam kemasan.

Untuk itu, jika anda ingin perusahan bisa bertahan di tengah persaingan bisnis dan meraup keuntungan yang besar, merumuskan strategi pemasaran yang efektif menjadi hal yang sangat penting dan wajib.

Secara garis besar, ada beberapa poin utama yang harus anda perhatikan ketika merumuskan strategi penjualan di perusahaan anda, yaitu:

1. Strategi pemasaran yang baik adalah strategi pemasaran yang memahami konsumen karena mereka adalah tujuan utama dari kampanye pemasaran yang anda lakukan. Secara garis besar ada dua hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Yang pertama adalah dengan menciptakan citra produk yang sesuai agar konsumen merasa perlu untuk memiliki produk yang anda jual dan yang kedua adalah dengan memenuhi permintaan konsumen atau berusaha memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2. Saat ini konsumen sudah semakin cerdas dalam memilih produk yang akan mereka beli. Hal ini disebabkan oleh tingkat pendidikan yang semakin tinggi dan banyaknya produk serupa yang beredar di pasaran sehingga konsumen dapat dengan mudah membandingkan produk yang satu dengan produk lainnya.

Salah satu teknik Selling Skills yang Efektif adalah dengan melibatkan konsumen secara langsung dalam demonstrasi untuk membuktikan kelebihan produk anda. Anda bisa mengajak konsumen untuk melakukan demo produk atau memberikan bonus pemakaian gratis dalam jangka waktu yang telah ditentukan agar konsumen bisa merasakan langsung keunggulan dari produk yang anda jual.

3. Salah satu syarat sukses dalam menjalankan pemasaran adalah dengan melakukan pendekatan dengan konsumen. Jenis pendekatan ini bisa bermacam-macam. Sales keliling bisa melakukan pendekatan langsung dengan menawarkan produk secara verbal dengan bahasa yang enak didengar dan tanpa paksaan. Dalam lingkup yang lebih tinggi, sebuah perusahaan dapat menjalin kedekatan dengan konsumen melalui media-media sosial semacam Facebook, Twitter, Website, Iklan, dan lain sebagainya.

4. Setiap produk memiliki pangsa pasarnya sendiri. Barang/ jasa yang dibutuhkan oleh para remaja tentu saja sangat berbeda dari barang/jasa yang dibutuhkan oleh para lansia.

Untuk itu, membangun bahasa komunikasi yang tepat sangat penting untuk mendukung kesuksesan kampanye pemasaran yang anda lakukan. Contohnya: untuk pasar remaja, anda bisa menggunakan bahasa pemasaran yang lebih santai, sedang menjadi trend, dan dianggap keren oleh para remaja. Dengan menggunakan metode komunikasi bahasa yang sesuai, maka secara tidak langsung akan tercipta kedekatan antara produk dengan konsumen.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!