Contoh Job Des atau Uraian Jabatan Manajer Keuangan

Manajer keuangan yang berada di perusahaan memiliki tugas yang berbeda dengan pekerja bagian lainnya. Hal ini dikarenakan penerapan job des pada masing – masing bagian perusahaan. Pemberian job des manajer keuangan yang berbeda ini dilakukan agar tidak terjadi pemberian tugas ganda yang dilakukan oleh tiap petugas keuangan di perusahaan.

Job des diartikan sebagai spesifikasi tugas yang dilaksanakan atau diupayakan oleh seorang pegawai keuangan di perusahaan. Penggunaan istilah job des ini banyak diartikan sebagai pembagian tugas pada masing – masing karyawan di perusahaan tidak terkecuali juga seorang petugas manajer keuangan yang satu ini.

Sedangkan, untuk manajer keuangan diartikan sebagai jabatan tinggi pada bidang keuangan yang memiliki wewenang untuk melakukan pengelolaan atau pengotrolan uang yang ada di perusahaan.

Selanjutnya untuk job des manajer keuangan ini memiliki arti sebagai penetapan atau penerapan bagian kerja yang harus dilaksanakan oleh seorang manajer keuangan. Baik buruknya proses keuangan yang berjalan sebenarnya menjadi tanggung jawan serta wewenang yang dimiliki oleh seorang petugas manajer keuangan.

Fungsi Adanya Manajer Keuangan
Keberadaan seorang manajer keuangan tentunya dinilai penting bagi perusahaan. Tidak hanya dalam urusan intern keuangan perusahaan akan tetapi juga berkaitan dengan eksternal keuangan yang ada di perusahaan.

Nah, untuk itulah maka berikut ini fungsi keberadaan manajer keuangan yang ada di sebuah perusahaan antara lain yaitu :
a. Memberikan bantuan atas jaminan keuangan yang dijalankan oleh seorang investor perusahaan lain
b. Memberikan perjalanan audit keuangan yang ada di perusahaan
c. Memberikan analisa atas kelayakan keuangan yang ada di perusahaan

Kompetensi Manajer Keuangan

Kompetensi yang diharuskan untuk dimiliki oleh seorang manajer keuangan ini dapat anda lihat dalam ulasan sebagai berikut yaitu :
1. Bisa menggunakan program excel yang memadai
Excel merupakan aplikasi perhitungan yang banyak digunakan oleh kalangan perusahaan – perusahaan keuangan di Indonesia. Dengan pemahaman penggunaan excel yang tidak sederhana ini sesungguhnya peserta akan secara langsung melakukan pengeloaan hitungan keuangan perusahaan secara maksimal dan optimal.

2. Bisa memahami secara jelas proses bisnis
Bisnis diartikan sebagai ladang penghasilan yang besar bagi sebagian orang. Melalui kompetensi manajemen keuangan berupa proses bisnis ini maka perusahaan akan secara langsung memahami mengenai proses bisnis yang tepat untuk dijalankan di perusahaan.

3. Simulasi bisnis dapat dilakukan
Kegiatan berbisnis tidak hanya bisa dilakukan dengan pemahaman yang memadai saja akan tetapi seseorang yang memutuskan diri melakukan bisnis ini haruslah bisa melakukan tahap demi tahap simulasi bisnis yang ada. Kegiatan simulasi bisnis ini diajarkan untuk bisa meningkatkan kompetensi peserta yang mengikuti pelatihannya.

4. Memahami proses investasi
Investasi diartikan sebagai usaha yang dilakukan perusahaan untuk bisa menabungkan dana perusahaan dalam jangka panjang.

Keberadaan investasi ini biasanya membuat perusahaan bisa berkembang dan tumbuh dengan pesat. Tentunya keputusan dalam memilih investasi yang tepat bagi perusahaan ini diperlukan pertimbangan yang panjang didalamnya sehingga seseorang yang memiliki bagian kerja berupa manajer keuangan perlu memahami proses investasi di dalam perusahaan.

5. Memahami model pengaturan keuangan
Penerapan model pengaturan keuangan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan sekali. Hal ini diupayakan oleh perusahaan sebagai bentuk perhitungan untung rugi atas dana yang ada dalam perusahaan. Model pengaturan keuangan yang ada dalam perusahaan ini berbeda antar satu dengan yang lainnya. Inilah kompetensi manajer keuangan yang dijalankan untuk memenuhi job des manajer keuangan.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!