Contoh SOP Bagian Produksi dan Pemeliharaan Mesin Produksi

Dalam dunia industri, salah satu penunjang yang paling penting untuk menghasilkan produk produksi yang berkualitas adalah, mesin produksi yang terbaik, baik itu dari segi kualitas, usia dan perawatan terhadap mesin produksi itu sendiri.

Mesin produksi bekerja berdasarkan prinsip rasional, logis dan matematis. Mesin-mesin ini akan bekerja setiap hari sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tentu saja, seiring dengan bertambahnya usia, mesin-mesin ini akan mengalami penurunan kinerja atau mengalami keausan.

Di sinilah peran perawatan atau pemeliharaan mesin sangat dibutuhkan, hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan tingkat kualitas mesin dan tingkat produktivitasnya supaya mampu bertahan sesuai dengan standar maksimal yang diberikan kepada mesin tersebut.

Dengan kata lain, dengan adanya pemeliharaan atau maintenance, hal ini akan berakibat langsung kepada fasilitas dan peralatan industri yang dapat berjalan maksimal. Selain itu, perawatan mesin produksi betujuan untuk memperpanjang usia pakai dari mesin itu sendiri.

Kalau kita analogikan kepada manusia, manusia yang merawat kesehatannya, dia akan mampu bekerja dan menghasilkan produk dengan maksimal.

Walaupun suatu saat manusia juga pasti akan masuk kedalam usia yang sudah tidak produktif lagi. Hal ini berlaku juga untuk mesin, dimana mesin juga akan mengalami masa aus atau kehabisan usia pakai. Tapi dengan perawatan yang baik, minimalnya Anda akan menikmati usia pakai mesin dengan maksimal dengan produktivitas yang optimal.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Bagaimanakah Cara Merawat Mesin Dengan Optimal?
Untuk melakukan perawatan mesin supaya lebih optimal, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Perawatan ini sendiri dilakukan oleh 2 pihak, yakni perawatan yang harus dilakukan oleh operator mesin itu sendiri dan oleh pegawai bagian maintenance.

Selain itu, ada juga pihak lainnya yang merupakan pihak ketiga diluar karyawan resmi perusahaan tersebut, yakni pihak swasta. P

ihak ini sangat dibutuhkan ketika mesin Anda mengalami kerusakan yang tidak bisa ditangani oleh bagian maintenance internal.

Perawatan Harian
Perawatan ini umumnya dilakukan oleh operator mesin itu sendiri sebagai bagian dari perawatan rutin. Perawatan ini meliputi pembersihan komponen-komponen dasar mesin, pemeriksaan beberapa bagian mesin untuk memastikan fungsinya berjalan maksimal, perawatan dan pembersihan area mesin dan perawatan yang berhubungan dengan kinerja mesin secara umum.

Perawatan ini dilakukan untuk memastikan supaya mesin bisa berjalan maksimal ketika pertama kali diaktifkan sebagai tanda dimulainnya proses produksi. Biasanya, operator mesin ini sudah memiliki SOP tersendiri berupa ceklist perawatan dari mulai volume oli mesin, kondisi oli mesin, pemeriksaan komponen pendingin, dan pemeriksaan lainnya yang bersifat standar.

Perawatan Mingguan
Perawatan mingguan ini biasanya dilakukan oleh operator mesin yang bekerjasama dengan pihak maintenance. Pihak maintenance yang menerima laporan harian akan mengecek kondisi mesin untuk memastikan kondisi mesin berjalan maksimal.

Biasanya, pemeliharaan ini biasanya lebih terfokus kepada komponen-komponen utama mesin itu sendiri, misalnya saja pemeriksaan alat potong utama, pemeriksaan kondisi pendingin, kondisi oli pelumas dan lainnya.

Apabila ditemukan beberapa komponen utama yang sudah tidak standar lagi, maka penggantian wajib dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Proses penggantian komponen utama mesin produksi tersebut akan ditandatangani oleh operator mesin itu sendiri beserta bagian maintenance yang memeriksa kondisi mesin, untuk kemudian diajukan kepada bagian suku cadang produksi.

Pemeriksaan Bulanan
Pemeriksaan bulanan dilakukan sebagai respon atas laporan mingguan dan harian yang diberikan oleh pihak maintenance dan operator produksi. Hampir sama dengan pemeliharaan mingguan, pemeriksaan dan pemeliharaan ini akan lebih terfokus kepada pemeriksaan terhadap beberapa komponen utama. Bedanya, semua proses pemeliharaan ini akan dilakukan oleh bagian maintennace untuk memastikan kondisi mesin berjalan maksimal.

Biasanya, beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pemeliharaan bulanan ini adalah, penambahan atau pergantian pelumas, penambahan atau pergantian pendingin, pergantian alat potong dan pemeliharaan komponen penunjang lainnya secara merata.

Untuk pemeliharaan ini sendiri, bagian maintenance sudah memiliki SOP sendiri yang bertujuan supaya mesin selalu berada dalam kondisi yang maksimal.

Selain tiga metode perawatan diatas, biasanya akan ada perawatan tahunan yang kebanyakan akan dilakukan pihak maintenance internal yang bekerjasama dengan pihak maintenance swasta. Perawatan ini biasanya berupa tune up dan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi mesin masih layak pakai. Pemeliharaan ini sendiri merupakan hal yang mutlak dilakukan supaya kualitas barang hasil produksi kualitasnya tetap terjaga.

Proses pemeriksaan dan pemeliharaan ini sendiri biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga tidak jarang kegiatan ini akan dilakukan ketika hari-hari libur panjang atau waktu curi bersama dimana proses produksi sedang terhenti.

Untuk SOP-nya sendiri, biasanya pemeriksaan ini akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak ketiga, sedangkan pihak maintenance internal hanya bertugas sebagai pengawas dan pengawal saja.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!