Fungsi Penting Akuntansi Biaya dalam Manajemen Perusahaan

Bidang ekonomi sangat terkait dengan kehidupan manusia sehari-hari, terutama dalam hal hitung menghitung uang yang bisa dipelajari secara umum di akuntasi. Namun, untuk mengetahui lebih detail terkait analisis pemasukan dan pengeluaran dana barang atau jasa dapat secara khusus dipelajari dalam Akuntansi Biaya. Pembelajaran ini sangat penting terutama bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis atau usaha.

Apa itu Akuntansi Biaya? Akuntansi Biaya biaya adalah salah satu disiplin ilmu akuntasi yang mempelajari tentang proses pencatatan, pelacakan, serta analisis terhadap semua biaya yang berkaitan dengan kegiatan sebuah organisasi atau perusahaan dalam menghasilkan barang atau jasa untuk ditawarkan kepada konsumen. Dalam mempelajari Akuntansi Biaya, Anda akan dipertemukan dengan dua variabel yang berhubungan erat dengan pendapatan dan pengeluaran yang akan Anda peroleh dalam berbisnis, yaitu waktu dan sumber daya.

Variabel waktu dapat diartikan sebagai kapan Anda menghasilkan sebuah produk, kapan Anda menjual produk tersebut, dan kapan Anda memperoleh hasil keuntungan dari penjualan produk tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa sebuah bisnis yang dijalankan pasti menhhasilkan sebuah produk baik dalam bentuk barang atau jasa. Produk tersebut harus ditawarkan dan dijual kepada konsumen agar Anda memperoleh keuntungan yang diharapkan.

Semua proses tersebut selalu berputar agar bisnis terus berjalan. Semua pertanyaan terkait variabel waktu tersebut hanya dapat dijawab oleh Anda selaku pemilik atau yang menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sebuah analisis secara komprehensif atau menyeluruh untuk menghitung semua yang berhubungan dengan pembiayaan, yaitu dengan Akuntansi Biaya. Tentu saja setelah semua pertanyaan dalam variabel yang dibutuhkan telah ditemukan jawabannya.

Variabel yang kedua, yaitu sumber daya yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya produksi dan sumber daya alam. Sumber daya produksi, yaitu bahan-bahan dasar untuk membuat sebuah produk yang Anda akan jual. Bahan dasar tersebut dapat ditemukan secara alami maupun non alami. Secara alami, biasanya bahan dasar yang ditemukan di alam bebas, seperti bagian dari tumbuhan, bahan dari mineral, atau yang lainnya. Sementara itu, bahan dasar yang ditemukan secara non alami, seperti bahan-bahan setengah jadi yang sudah mengalami proses produksi.

Sebagai contoh, kertas, kain, atau plastik. Semua bahan tersebut sudah melalui proses produksi dahulu dengan penggunaan mesin dan alat produksi lainnya. Selanjutnya, dapat dijadikan produk yang siap dijual. Misalnya, kertas menjadi buku tulis, kain, menjadi baju, dan plastik menjadi alat-alat rumah tangga.

Sementara untuk sumber daya manusia, yaitu mereka yang berfungsi untuk mengerjakan bahan-bahan dasar tersebut menjadi sebuah produk dengan nilai jual tinggi. Mereka dapat diartikan sebagai wirausaha atau bekerja sendiri maupun karyawan, buruh, atau pekerja yang dipekerjakan oleh pemilik modal, dengan imbalan upak tiap minggu atau bulannya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Pengaruh teknologi informasi dalam Akuntansi Biaya
Semakin bergantinya zaman, bertambah pula penemuan-penemuan yang diciptakan oleh manusia untuk memudahkan dalam kegiatan sehari-hari. Begitu juga dengan proses Akuntansi Biaya yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi saat ini. Sudah tidak dapat disangkal lagi, saat ini semua pekerjaan hampir dilakukan secara komputerisasi. Dengan bantuan seperangkat komputer beserta perangkat keras (hardware) dan oerangkat lunak (software) di dalamnya, pekerjaan dalam menghitung Akuntansi Biaya semakin mudah dan cepat.

Pasalnya, dengan menggunakan komputer, Anda dapat mengorganisasi, menghitung, hingga menganalisis secara komprehensif dengan hasil yang maksimal. Hasil dari pekerjaan dengan komputer tidak dapat menipu Anda, kecuali memang sudah dibuat sedemikian rupa. Kesimpulan dari hasil tersebut dapat menyatakan apakah Anda mengalami keuntungan atau kerugian.

Dengan begitu, Anda pun dapat memikirkan langkah selanjutnya dengan cepat. Itulah keuntungan dengan berkembangnya teknologi untuk melakukan prosesAkuntansi Biaya.

Namun, Anda juga harus mempersiapkan sumber daya manusia dan sumber daya produksi untuk mempersiapkan seperangkat komputer tersebut. Semua itu tentu tidak dapat dipersiapkan dengan cepat. Anda membutuhkan waktu untuk mencari pekerja yang berkemampuan atau skill yang siap kerja. Atau jika tidak, Anda harus melatih pekerja yang direkrut agar berkemampuan sesuai yang diharapkan. Semua itu dipersiapkan untuk melakukan proses Akuntansi Biaya yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!