Ice Breaker dalam Presentasi Pelatihan

Dalam tiap training presentation, ice breaker yang bagus bukan sekedar alat agar para peserta training menaruh perhatian kepada pelaku presentasi.

Ice breaker yang dibuat dan dibawakan secara terarah dapat membantu pelaku presentasi untuk melakukan analisis singkat mengenai motivasi, pendapat dan pemikiran para peserta training terhadap berbagai aspek dalam organisasi atau perusahaan tergantung tema training yang akan dibawakan.

Akan tetapi, banyak pelaku presentasi dalam training yang gagal dalam mengimplementasikan ice breaker efektif ke dalam presentasi mereka sehingga ice breaker hanya menjadi pembuka yang tidak berarti.

Sebaliknya, ada pula pelaku presentasi yang terlalu antusias dalam membuat ice breaker semenarik mungkin sehingga malah jadi kurang efektif dalam menyampaikan pesan yang dimaksud dalam tema training.

Ice breaker yang efektif bisa saja hanya terdiri dari satu dua kata, namun dapat menjadi penuntun yang efektif bagi para peserta presentasi untuk masuk ke dalam tema yang hendak dibahas.

Berikut adalah contoh penerapan ice breaker sederhana untuk training presentation di perusahaan:

1. Buatlah agar para peserta training duduk berkelompok dengan cara memilih anggota kelompok secara acak agar para peserta tidak hanya berkelompok dengan orang yang sudah mereka kenal.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2. Mintalah agar masing-masing grup menentukan satu kata yang bagi mereka paling tepat menggambarkan sesuatu, apapun, yang menjadi topik presentasi training.

Misalnya, jika anda membawakan presentasi mengenai kultur dalam lingkungan kerja, mintalah tiap grup untuk menentukan satu atau dua kata yang paling tepat menggambarkan lingkungan kerja mereka. Agar lebih seru, ijinkan masing-ma