Isi dari Analisa Kelayakan Bisnis dan Cara Melakukan Feasibility Study

Analisa kelayakan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan diwujudkan untuk memperoleh usaha yang memang menguntungkan bagi perjalanan perusahaan. Kegiatan analisa kelayakan bisnis yang ada dijadikan indikator utama untuk untuk kesuksesan perusahaan.

Pelaksanaan analisa kelayakan bisnis ini tidak hanya diwujudkan dalam bentuk untung – rugi saja akan tetapi juga berkaitan dengan perkembangan daerah usaha yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.

Banyak hal yang menjadi unsur perhitungan kelayakan sebuah bisnis perusahaan. Unsur perhitungan yang digunakan dalam uji kelayakan bisnis perusahaan ini terbentuk atas beberapa model. Berikut ini adalah model perhitungan yang dilakukan untuk analisa kelayakan bisnis perusahaan antara lain yaitu :

Model Perhitungan Analisa Kelayakan Bisnis
Layak tidaknya perusahaan dapat dihitung dengan menggunakan analisa kelayakan bisnis yang ada. Kelayakan bisnis ini dijalankan dengan menggunakan beberapa model perhitungan antara lain yaitu :

1. Time Value of Money banyak diartikan sebagai penilaian waktu dari uang yang ada di perusahaan.

Istilah Time Value of Money ini biasa digunakan untuk pengambilan keputusan jangka panjang dengan penilaian waktu dari uang. Kondisi Time Value of Money di sebuah perusahaan saat ini memang sudah memegang peranan penting yang tidak bisa dilepaskan.

Untuk itulah, bagi anda yang ingin melakukan penilaian laykanya tidaknya bisnis maka sebaiknya anda memahmi benar apa yang dinamakan dengan Time Value of Money ini. Istilah kegiatan Time Value of Money ini dapat anda temukan dalam konsep nilai waktu dari uang berikut ini yaitu :

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

a. Tabungan
Tabungan merupakan bukti pencatatan kegiatan pemasukkan uang yang banyak diberikan oleh instansi perbankan. Perkembangan uang yang ada di tabungan ini setiap bulannya akan mengalami pertambahan yang datangnya dari bunga saldo uang.

Inilah arti dari Time Value of Money yang menyatakan bahwa semakin lama waktu penyimpanan akan menimbulkan uang yang berkembangan di sebuah perusahaan.

b. Pinjaman bank
Bank merupakan instansi pengelolaan uang yang tidak hanya digunakan untuk bantuan penyimpanan uang akan tetapi juga bisa dilakukan dalam proses peminjaman uang. Sistem peminjaman uang ini sering diartikan sebagai kredit tunai di sebuah perbankan.

Sejumlah uang yang dipinjam oleh seseorang biasanya memiliki waktu pengembalian tertentu yang semakin besar uang yang dipinjam biasa cenderung lama waktu pengembaliannya. Inilah penerapan dari istilah Time Value of Money yang kini sudah tidak asing di pasaran.

c. Asuransi penilaian proyek
Setiap proyek pengerjaan produksi yang dilakukan oleh perusahaan memberikan perjalanan keuangan tersendiri di sebuah perusahaan. Kegiatan produksi di perusahaan ini banyak dikenal dengan sebutan asuransi yang dinilai berdasarkan dengan lama waktu pengerjaannya.

Inilah konsep Time Value of Money yang biasa dijalankan oleh perusahaan.

2. Break Event Point (BEP) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mempelajari hubungan antara variabel – variabel keuangan seperti biaya tetap, biaya variabel, keutungan perusahaan dan volume aktivitas.

Dengan pengertian inilah tentunya anda sudah memahami sejak kapan perusahaan bisa melakukan perhitungan keuangan melalui model analisa Break Event Point (BEP) ini, bukan? Ya, benar sekali, model Break Event Point (BEP) bisa dijalankan untuk perhitungan keuangan di perusahaan ketika perusahaan memang memiliki variabel biaya tetap dan biaya variabel.

Hal ini dikarenakan kedua biaya ini memiliki batasan masing – masing yang tidak dapat dijelaskan jika belum ada transaksi jual beli terlebih dahulu.

Semisal mungkin dapat dicontohkan dengan permasalahan ini berupa perusahaan yang sudah beroperasi tentunya memiliki volume produksi dalam besaran tertentu.

Saat melakukan produksi tersebut, perusahaan akan dinyatakan merugi ketika hasil produksi yang diperoleh hanya bisa menutupi biaya varibel namun hanya sedikit yang bisa menutupi biaya tetapnya. Inilah kegunaan analisa Break Event Point (BEP) sebagai analisa kelayakan bisnis yang ada di perusahaan.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!