Jenis Kredit Usaha Kecil (KUK) di Bank Mandiri

Kredit usaha kecil ini merupakan kredit yang diberikan oleh pihak bank atau lembaga keuangan lainnnya dalam membantu para nasabah yang ingin mengembangkan usaha kecil. Dalam hal ini pihak bank biasanya akan memprioritaskan pada usaha kecil yang memang produktif.

Hal ini merupakan kebijaksanaan bank yang sangat wajar, karena bagaimanapun juga bank tetap harus memperhatikan tahap analisa kredit untuk mencegah terjadinya NPL (non performing loan) atau kemacetan kredit.

Di dunia perbankan, hal ini memang sangat mungkin terjadi sehingga seringkali mempengaruhi berkurangnya modal yang dimiliki oleh pihak bank.

Kondisi inilah yang akhirnya menjadi perhatian lebih oleh pihak bank sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari angsuran kredit yang macet. Hal ini juga seharusnya menjadi pelajaran bagi anda. Karena jika anda mempunyai sejarah yang kurang bagus dalam urusan kredit pribadi anda, maka hal ini bisa berpengaruh pada penolakan pihak bank untuk mengabulkan permohonan anda.

Demi membantu memberikan solusi bagi meraka yang ingin menjalankan usaha kecil dengan modal yang diperoleh dari dana kredit usaha kecil, bank mandiri memberikan solusi melalui penawaran berbagai macam kredit. Bagi anda yang sedang membutuhkan modal untuk usaha kecil anda, berikut ini macam-macam KUK yang ditawarkan oleh salah satu bank besar di Indonesia ini.

a. Kredit usaha kecil dalam bentuk kredit ivestasi
Kredit ini merupakan salah satu jenis kredit yang ditawarkan oleh bank mandiri bagi mereka yang membutuhkan dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Pembayaran kredit ini diberlakukan untuk jangka menengah ataupun panjang yang diberikan kepada para calon debitur.

Pencairan dana tersebut diharapkan oleh bank untuk digunakan sebagai modal dalam rangka rehabilitasi, pengembangan, atau mungkin perluasan proyek baru. Sedangkan untuk jangka waktu pembayaranya diberlakukan tidak lebih dari 10 tahun.

b. Kredit usaha kecil sebagai kredit modal kerja
Kredit ini ditujukan untuk memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan bantuan modal. Dengan tujuan, kredit yang diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan modal usaha yang habis dalam satu siklus.

c. kredit channeling
satu lagi jenis kredit yang ditawarkan oleh bank mandiri yaitu kredit channeling.

Kredit ini diberikan sebagai modal kerja atau bisa juga disebut dengan kredit investasi yang mana dalam hal ini pihak bank melakukan kerjasama dengan lembaga pembiayaan atau mugkin bank-bank umum lainnya.

untuk bisa mendapatkan dana pinjaman yang anda butuhkan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Ada beberapa ketentuan yang harus anda penuhi agar permohonan anda bisa dikabulkan oleh pihak bank.

Ketentuan tersebut adalah usaha yang dijalani harus usaha perorangan, usaha berdiri sendiri atau tidak berafiliasi, milik warna Negara Indonesia, kekayaan bersih tidak lebih dari 200 Juta, serta hasil penjualan tidak lebih dari 1 miliar rupiah setiap tahunnya.

Ketentuan yang diberlakukan bagi mereka yang ingin mengajukan kredit usaha kecil merupakan ketentuan penting yang harus dipenuhi, karena bagaimanapun juga pihak bank telah melakukan berbagai evaluasi dan pertimbangan secara matang untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan dana kredit tersebut. Sebagai lembaga keuangan, bank memang harus lebih selektif dan tetap waspada dalam memberikan dana kredit.

Kemacetan pembayaran kredit yang sering terjadi pada lembaga keuangan memang harus menjadi motivasi untuk terus melakukan evaluasi terhadap berbagai hal yang terkait dengan pemberian kredit. Pembayaran kredit yang macet bisa memberikan dampak negatif untuk permodalan bank sehingga hal ini harus diantisipasi sejak dini.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!