Jobdes dan Tugas Pokok Manajer Produksi

Manajer produksi merupakan salah satu posisi yang penting dalam sebuah perusahaan. Tentu saja selain gaji yang menggoda, posisi ini juga bergengsi bagi pemegangnya karena membawahi banyak pegawai.

Kemudian posisi ini juga sangat strategis dan posisi kunci dalam keberlangsungan dari perkembangan dari produksi dari suatu perusahaan.

Memang kelebihan dari posisi seorang manajer produksi adalah gaji dan gengsi, namun selain itu seorang manajer produksi harus mampu mengemban tanggung jawab yang besar dalam masalah produksi di perusahaan. Manajemen produksi adalah tugas utama dari manajer produksi.

Produksi sendiri merupakan komponen penting dari sebuah perusahaan atau dapat dibilang sumber kehidupan dari perusahaan itu sendiri.

Tak sembarangan orang bisa menempati posisi ini, seleksi sebagai manajer produksi juga biasanya sangat ketat. Kandidat dari manajer produksi ditunjuk harus mempunyai banyak kemampuan seperti kemampuan manajemen yang mumpuni, kemudian pengetahuan teknis atau lapangan, selain itu juga jiwa seorang pemimpin yang kuat dan dapat dipercaya.

Untuk menjadi seorang manajer produksi, bekal sebuah ijazah atau bahkan hanya sekedar ilmu manajemen produksi ekonomi yang merupakan pendidikan formal tidaklah cukup. Pendidikan formal ekonomi manajemen memang penting namun bukan satu-satunya yang harus dikuasai oleh seorang manajer produksi. Seorang manajer produksi haruslah berpengalaman dalam bidang produksi dari perusahaan tersebut.

Setiap produksi dari setiap perusahaan pasti memiliki cara dan ciri khusus, oleh karena itu seorang manajer produksi harus mengetahui dan tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengelola bagian produksi dari perusahaan tersebut. Jam terbang atau pengalaman merupakan faktor yang penting.

Sebenarnya, dulu perusahaan-perusahaan banyak yang masih belum mempunyai seorang manajer produksi. Mereka menganggap bagian produksi pada perusahaan produksi tidak perlu manajemen khusus. Akan tetapi dengan berkembangnya sistem baru yaitu sistem pembagian kerja atau spesialisasi, tingkat efektivitas produksi dan tingkat efisiensi proses produksi mulai benar-benar diperhatikan.

Oleh karena itu posisi seorang manajer produksi sebagai seorang yang bertanggung jawab penuh dalam proses produksi dirasa perlu dan penting. Dengan berkembangnya industri sejak revolusi industri, mulai berkembang pesat alat produksi dan juga teknologi yang menunjang proses produksi, manajemen produksi semakin penting memegang peranan dalam mengatur produksi agar lebih rapi dan juga profesional.

Tak hanya itu, kini lembaga pendidikan formal juga memberikan ilmu lebih lengkap yang mempelajari tentang manajemen produksi.

Hal ini agar memenuhi kebutuhan industri dengan memberikan bekal kepada para pelajar yang pada akhirnya punya bekal yang cukup mengenai manajemen yang salah satunya di manajemen produksi.

Pada manajemen produksi, pengetahuan umumnya adalah mengetahui alur dari proses produksi agar lebih efisien dan efektif. Ada berbagai macam metode kerja, hubungan antar manusia dan juga berbagai macam model keputusan sebagai manajer produksi untuk menunjang dari manajemen dari produksi.

Yang perlu dipahami lebih lanjut mengenai manajemen produksi adalah pengertian dan fungsinya. Manajemen sendiri dapat diartikan sebagai mengelola atau mengorganisir suatu bidang agar tercapainya tujuan bersama. Manajemen produksi merupakan salah satu cabang dari manajemen yang dikhususkan dalam bidang produksi dalam perusahaan.

Produksi sendiri yang merupakan aktivitas untuk menambah nilai guna baik secara kualitas atau pun secara kuantitas. Oleh karena itu seorang manajer produksi harus mengerti betul mengenai konsep dasar manajemen dan produksi, karena seorang manajer produksi adalah seorang pengontrol agar proses produksi dalam perusahaan berjalan efektif, lancar, dan efisien sesuai tujuan dari perusahaan.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!