Kesalahan Membuat Slide Presentasi HR

Presentasi HR merupakan agenda umum di bagian Human Resource di perusahaan manapun, baik itu presentasi rutin mingguan, bulanan maupun presentasi yang terkait pengadaan sebuah program khusus untuk meningkatkan kinerja karyawan.

PowerPoint slides merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hampir semua presentasi HR, terutama karena fiturnya yang memudahkan untuk membuat tampilan slide, grafik dan ilustrasi yang beragam.

Akan tetapi, fitur yang canggih tidak menjamin slide presentasi yang baik dan bermutu; masih banyak pelaku presentasi yang membuat HR PowerPoint slides dengan tampilan yang justru mengganggu bagi para audiens presentasi alih-alih membantu mereka untuk bisa memahami isi presentasi dengan baik.

Bahkan, ada pula pelaku presentasi yang seolah menyerahkan seluruh presentasi kepada slide-nya sementara dirinya praktis hanya membaca teks di slide tersebut dengan datar.

Walaupun slide yang bervariasi bisa membantu agar audiens tertarik kepada presentasi, slide presentasi tersebut hanyalah peralatan pendukung bagi si pelaku presentasi. Jika anda adalah seorang manajer atau staf HR yang harus melakukan presentasi, anda harus memastikan bahwa andalah kunci presentasi tersebut, bukan slide presentasi milik anda.

Berikut adalah beberapa kesalahan fatal yang tidak boleh dilakukan saat membuat HR PowerPoint slides:

1. Memilih template yang terlalu ramai dan tidak terkesan profesional. Presentasi HR adalah ajang serius sehingga anda sebaiknya tetap setia pada template yang berkesan bersih dan profesional. Template dengan latar belakang bercorak yang terlalu ramai atau yang memiliki kombinasi warna dan gambar menyolok mungkin hanya cocok untuk presentasi dengan audiens anak-anak.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2. Memilih kombinasi warna yang terlalu menyolok. Dalam presentasi HR atau presentasi apapun yang serius, kombinasi warna dapat membantu dalam membedakan antara judul dan sub judul atau menonjolkan frase penting, namun pilihan warna yang tidak tepat seperti huruf merah dengan latar belakang hijau tidak akan nyaman di mata.

Cobalah menggunakan latar belakang yang terang namun bukan putih bersih seperti warna krem atau off white dengan huruf cokelat tua, hitam dan huruf-huruf gelap lain di atasnya.

3. Memilih bentuk huruf yang kurang ramah di mata. Bentuk-bentuk huruf yang terlalu meliuk atau terlalu rapat akan menyulitkan peserta yang duduk di posisi agak jauh dari layar proyektor.

Tetaplah berpatokan pada bentuk-bentuk huruf standar seperti Arial atau Times New Roman dan batasi penggunaan huruf paling banyak tiga macam untuk membedakan judul, sub-judul atau keterangan dan isi.

4. Menggunakan terlalu banyak teks. Kunci dari presentasi yang baik adalah kemampuan si pembawa presentasi dalam hal menyampaikan isi presentasi dengan baik menggunakan media slide, bukan membiarkan slide yang melakukan presentasi.

Selain itu, bila anda memasukkan semua isi presentasi anda ke dalam slide dan hanya sekedar ‘membaca’ slide tersebut, anda bisa mendapat poin negatif dari jajaran direksi, manajemen serta karyawan yang mengikuti presentasi.

5. Menggunakan terlalu banyak ilustrasi; hal ini merupakan kebalikan dari poin nomor 4, dimana pelaku presentasi menggunakan terlalu banyak gambar, foto dan animasi sehingga mengaburkan isi pesan yang sesungguhnya dari presentasi.

Batasi penggunaan foto, gambar, animasi dan grafik dengan cara menyertakan mereka hanya pada penjelasan kunci dan gunakan ilustrasi hanya sebagai pendukung dari teks presentasi pada slide HR PowerPoint slides yang baik, efektif dan bebas kesalahan bukan hanya berperan penting dalam mendukung presentasi HR anda, namun juga dapat memberi kesan positif pada anda yang bisa jadi bermanfaat bagi perkembangan karir anda di masa mendatang.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!