Ketrampilan Menulis dan Menyusun Laporan

Apakah anda mengira karier anda akan berjalan dengan mulus tanpa ada tindakan dari anda sendiri, mana mungkin? Saya katakan itu mustahil, jika anda menjadi seorang akuntan dalam perusahaan, apakah dengan menulis laporan yang acak-acakan anda bisa memuaskan bos anda?

Dipecat itu kemungkinan terbesar, ketrampilan menulis laporan yang anda perlukan untuk menaikkan jabatan. Betul, laporan yang anda buat harus bisa dipertanggung jawabkan pada atasan anda.

Laporan tersebut menggambarkan bagaimana anda bisa bekerja dengan baik dalam perusahaan tersebut.

Pimpinan akan senang jika laporan yang anda buat tepat dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Ketrampilan menulis laporan memang tidak bisa datang dengan sendirinya, anda perlu belajar dan berlatih.

Laporan ditulis karena beberapa hal, bukan karena iseng atau sekedar perintah dari atasan.

Laporan dibuat karena membuat penelitian tentang suatu hal,kesimpulan dari penyelesaian masalah, perumusan masalah, perancangan sistem baru, perencanaan aturan baru dalam perusahaan dan untuk mengetahui kemampuan perusahaan.

Laporan pada intinya memang digunakan untuk memberikan informasi kepada seseorang atau banyak orang berupa tulisan yang konkrit dan jelas. Ketrampilan menulis laporan diperlukan untuk menghasilkan laporan yang tepat.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Seorang akuntan, sekretaris maupun karyawan lainnya sangat penting bagi mereka untuk membuat laporan yang benar. Sebagai alat komunikasi yang efektif maka laporan yang ditulis harus sesuai dengan prosedur yang benar.

Apa saja ketrampilan menulis laporan yang harus anda kuasai? Kalau anda bisa menguasai penulisan laporan yang tepat, karier anda akan berkembang dengan sendirinya. Mengapa tidak?

Tentu saja atasan anda akan mempertimbangkan pekerjaan anda dengan membuat laporan yang tepat tersebut.

Berikut beberapa poin penting untuk meningkatkan ketrampilan menulis laporan:

• Ketahui jenis laporan yang akan dibuat
Penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dulu jenis laporan yang akan anda buat. Laporan dapat dibedakan menurut isi maupun bentuknya. Kebanyakan laporan yang dibuat di kantor atau perusahaan adalah laporan keuangan dan laporan pertanggungjawaban bawahan kepada atasan. Nah, jangan sampai anda salah menulis laporan tersebut karena laporan yang anda buat mencerminkan kecakapan anda dalam bekerja.

• Akurat
Jika anda menulis laporan yang palsu terutama laporan keuangan, jangan harap anda akan dipromosikan jabatan tapi justru anda yang akan mendapatkan masalah. Buatlah laporan yang akurat dan benar-benar menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Laporan keuangan menggambarkan keadaan keuangan perusahaan yang sebenarnya dengan bukti yang ada. Demikian juga dengan laporan lainnya seperti laporan ilmiah dan penelitian suatu kasus.

• Lengkap
Ketrampilan menulis laporan berikutnya adalah kelengkapan anda memberikan informasi pada pembaca. Semakin lengkap laporan yang anda buat maka semakin baik pula laporan anda dimata pembaca. Anda bisa mengambil referensi atau bukti nyata dari beberapa sumber untuk melengkapi data yang akan dibuat laporan.

• Sistematis
Ketika membuat laporan, susunlah laporan tersebut secara sistematis atau berurutan sehingga pembaca akan mudah memahami isi laporan anda.

• Profesional
Ketrampilan menulis laporan lainnya adalah profesional, anda harus memiliki jiwa profesional agar anda bisa mendapatkan laporan yang terbaik. Jangan melibatkan atau memasukkan urusan pribadi anda pada laporan tersebut. Laporkan apa yang diperlukan atasan dengan data yang tepat.

• Laporan disampaikan tepat waktu
Saat anda melaporkan laporan tepat waktu, tentu anda akan mendapatkan sambutan baik dari atasan. Nah, buatlah laporan tepat waktu sehingga akan memudahkan pengambilan keputusan dari pelaporan anda.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!