Keuntungan Meminjam Dana di Bank Syariah

Berdasarkan kegiatan operasionalnya, jenis bank memang dikategorikan menajdi dua jenis yaitu bank konvensional dan bank syariah.

Kedua bank tersebut merupakan bank dengan menerapkan basis yang berbeda sehingga memberikan kemudahan bagi masyrakat untuk mendapatkan layanan bank sesuai dengan apa yang diharapkan.

Perbedaan yang sangat dignifikan diantara keduanya dipengaruhi oleh konsep yang digunakan. Jika bank konvensional, hal pinjam meminjam merupakan akad murni yang bersifat komersial. Lain halnya dengan bank yang berbasis syariah karena bank jenis ini akan lebih berdimensi pada sosial dan bukan komersial.

Bagi mereka yang sangat memperhatikan prinsip-prinsip ajaran agama, mereka pastinya akan lebih tertarik untuk meminjam dana di bank jenis ini. Karena bagaimanapun juga, konsep yang diterapkan dalam bank ini dianggap bisa memberikan ketenangan karena sesuai dengan ajaran syariat islam.

Meskipun tujuan diantara bank konvesnional dan bank syariat ada kesamaan, tapi bank berbasis syariah tetap memperhatikan unsur-unsur yang memang dilarang agama diantaranya adalah perniagaan barang yang haram, bunga, spekulasi, dan juga penuh dengan manipulasi.

Jadi jika anda hawatir dengan menggunakan bank konvensional, menggunakan bank syariah bisa menjadi alternatif yang tepat bagi anda. Berikut ini beberapa keuntungan meminjam dana di bank yang berbasis ayariah berikut ini;

a. Banyak produk yang ditawarkan
Meskipun bank ini sangat memperhatikan dasar-dasar hukum islam, bukan berarti produk yang ditawarkan juga terbatas. Banyak produk yang ditawarkan oleh bank yang berbasis hukum islam baik itu untuk keperluan pinjaman, bagi hasil, jual beli, jasa, dan juga sewa. Dengan demikian, anda bisa menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan anda.

b. Bank tetap beroperasi dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah islam
Prinsip yang dimaksud di sini adalah ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh pihak bank yaitu sesuai dengan ajaran-ajaran agama islam terutama dalam hal yang berkaitan dengan muamalah.

Hal ini pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi umat islam untuk menjadi nasabah, karena dengan ini mereka akan menjadi lebih tenang.

c. Lebih adil
Sebelum anda memutuskan untuk meminjam dana di bank, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu. Di bank syariah, keadilan memang merupakan salah satu prinsip yang sangat ditekankan oleh bank ini.

Jadi ketika hubungan antara klien atau nasabah dengan pihak bank terjalin, maka pastinya hubungan tetap terjalin dengan ikhlas dan tanpa ada kecurangan. Selain itu dalam membuat kesepakatan tetap memeprhatikan asas kekeluargaan dan tetap saling mendukung.

d. Menggunakan falsafah dasar koperasi bank berbasis syariah
Dalam hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan operasionalnya bank syariah, bang jenis ini memang memang sangat menjunjung tinggi tiga hal dalan setiap transaksinya,yaitu efisiensi, keadilan, dan jura kebersamaan.

e. Harga yang ditentukan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak
Nasabah yang menyimpan dana di bank yang berbasis syariah, penentuan harga aka ditentukan oleh pihak bank dan pihak penyimpan sesuai dengan jenis simpanan dan jangka waktu. Yang mana, hal tersebut akan sangat menentukan besar kecilnya pendapatan yang akan diperoleh.

f. Menerapkan prinsip-prinsip bank berbasis syariah
Prinsip-prinsip tersebut merupakan dasar yang digunakan untuk menjalankan segala transaksi di bank syariah ini.

Beberapa prinsip yang berlaku di bank ini antara lain; pembiayaan berdasarkan pada prinsip bagi hasil, prinsip jual dan beli dengan memperoleh keuntungan, pembiayaan tetap berdasarkan pada prinsip penyertaan modal, pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni, serta pemilihan pemindahan kepemilikan pada barang yang disewa dari pihak bank kepada pihak lain.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!