Kiat Efektif untuk Menurunkan Defect Rate

Kualitas produk merupakan karakteristik produk yang harus selalu diperhatikan oleh setiap perusahaan. Bagaimanapun juga perusahaan harus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan defect rate pada hasil produksi.

Mengingat tingginya angka persaingan didunia bisnis, kualitas merupakan hal utama yang harus menjadi prioritas. Selain itu, langkah ini merupakan upaya untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Defect rate atau tingkat cacat pada produk merupakan suatu kondisi negatif pada hasil produksi. Jika produk mengalami kondisi btersebut maka perusahaan harus segera melakukan peninjauan dan evaluasi untuk menemukan penyebab dan solusi dan munculnya permasalahan tersebut.

Jika dibiarkan dan tidak segera mendapatkan penyelesaian, maka kondisi tersebut akan menghambat keberhasilan dari perusahaan itu sendiri. Dengan mengetahui penyebabnya, maka perusahaan harus segera melakukan solusi tercepat untuk mengatasi hal lain yang lebih buruk lagi.

Penyebab dari tingkat cacat pada produk bisas dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kesalahan disebabkan oleh manusia atau operator, metode pengerjaan yang salah, mesin produksi yang tidak bisa berfungsi dengan baik, bahan yang kurang berkualitas, dan juga lingkungan yang kurang mendukung.

Kelima hal tersebut merupakan elemen penting yang terlibat dalam proses produksi. Jika kelima faktor tersebut tidak bisa terpenuhi secara maksimal, maka hal tersebut sangat mungkin akan berpengaruh pada defect rate yang terjadi pada hasil produksi.

Solusi untuk menurunkan defect rate
Pepatah lama yang mengatakan setiap masalah pasti ada jalan adalah benar adanya. Begitu juga dengan masalah yang berkaitan dengan cefect rate ini.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Cara yang tepat untuk menurunkan resiko defect rate ini adalah dengan cara melakukan evaluasi terhadap berbagai faktor yang mungkin bisa menyebabkan kualitas produk tidak sempurna. Sebagaimana yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa ada beberepa faktor yang mempengaruhi kualitas produk.

a. Faktor manusia atau operator
Faktor manusia atau operator misalnya, perusahaan memang seharusnya selalu melakukan peninjauan terhadap kinerja kepada semua SDM perusahaan.

Pemberian motivasi dan menegaskan akan pentingnya bekerja secara disiplin akan membantu memberikan pengertian kepada tenaga kerja perusahaan untuk selalu bekerja dengan baik dan benar. Karena bagaimanapun juga kinerja mereka memang bisa berdampak pada kualitas produk yang ujung-ujungnya juga akan berdampak pada eksistenesi perusahaan.

b. Faktor metode pengerjaan yang salah
Sedangkan jika kesalahan produksi disebabkan oleh metode pengerjaan yang salah, maka hal ini seharusnya menjadi evaluasi diri bagi perusahaan. Setiap karyawan yang bekerja dibagian produksi memang harus benar mengerti metode yang tepat untuk menghasilkan barang yang berkualias dan sempurna.

Dalam hal ini perusahaan memang perlu memberikan pelatihan sehingga karyawan bisa memiliki satu misi yaitu bersama-sama mengantarkan perusahaan menuju keberhasilan.

c. Faktor mesin produksi yang tidak bisa berfungsi dengan baik
Mesin merupakan organ penting perusahaan yang mempunyai peran besar dalam proses produksi. Itulah sebabnya mesin juga membutuhkan manajemen pemeliharaan mesin sehingga mesin perusahaan selalu dalam kondisi siap pakai. Mesin tidak seharusnya dalam kondisi tidak baik ketika proses produksi karena hal ini justru akan mengakibatkan tidak efisiensinya masa kerja karyawan.

d. Faktor bahan baku yang tidak atau kurang berkualitas
Bahan baku ternyata juga merupakan faktor penting untuk menentukan keberhasilan proses produksi. Dengan persediaan bahan baku dengan kualitas bagus akan membantu untuk menurunkan defect rate.

e. Faktor lingkungan yang kurang mendukung
Perusahaan memang seharusnya melakukan evaluasi terhadap kelayakan lingkungan yang digunakan untuk kegiatan produksi. Bagaimanapun juga lingkungan yang bagus akan memberikan efek yang bagus untuk karyawan bahkan bahkan bisa berpengaruh terhadap bahan yang digunakan untuk proses produksi.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!