Kiat Membangun Ketrampilan Komunikasi yang Efektif

Komunikasi merupakan proses yang dilakukan oleh dua orang atau sekelompok orang dengan tujuan untuk saling berbagi informasi.

Dalam suatu perusahaan, ketrampilan komunikasi pastinya merupakan faktor yang sangat penting untuk bisa memberikan informasi dengan baik serta bisa memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang diajak bicara. Apalagi hidup dalam suatu lungkungan perusahaan, setiap karyawan harus siap menghadapi setiap konsumen, klien, atau mungkn rekan kerja yang membutuhkan informasi.

Tidak hanya itu penyampaian yang baik akan membuat informasi yang anda berikan lebih mudah dimengengerti dan pastinya membuat pendengarnya menjadi nyaman dan puas.

Pentingnya ketrampilan komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap karyawan perusahan ini memang seharusnya menjadi perhatian tersendiri.

Ketrampilan komunikasi tersebut juga merupakan ketrampilan yang juga bisa dipelajari sama halnya dengan ketrampiln-ketrampilan yang lain.

Itulah sebabnya sangat disayangkan jika ternyata perusahaan masih menyimpan SDM yang tidak memiliki ketrampilan komunikasi yang baik.

Cara meningatkan ketrampilan komunikasi SDM perusahaan

a. Memberikan Motivasi dan inspirasi
Memberikan motivasi dan inspirasi kepada setiap karyawan merupakan cara untuk membantu memberikan semangat untuk bisa menjadi pribadi yang memiliki komunikasi baik.

Dalam pemberian motivasi ini, perusahaan juga bisa menyampaikan betapa pentingnya komunikasi untuk mencapai keberhasilan. Selain itu, dengan memberikan berbagai inspirasi juga bisa menjadi support yang sangat positif untuk menciptakan keberanian dan rasa percaya diri.

b. Memberikan pelatihan mengenai cara berkomunikasi dengan baik
Dalam pelatihan ini, banyak hal yang bisa disampaikan perusahaan kepada karyawan khususnya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Beberapa hal tersebut diantaranya adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, bagaimana cara meningkatkan wacana, bagaimana etika berbicara yang baik dan lain sebagainya.

c. Mulai untuk menerapkan
Pengethuan yang sudah didapat pastinya akan sia-sia jika ternyata apa yang sudah diperoleh tadi tidak segera diterapkan dalam kehidupan nyata.

Melalui penerapan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, maka karyawan akan mulai terbiasa bagaimana bagaimana seharusnya dia berbicara. Hal ini penting untuk melatih pribadi yang berwacana dan santun dalam menyampaikan informasi. Dengan demikian, siapapun yang datang ke perusahaan anda akan merasa lebih nyaman karena sambutan yang hangat.

d. Lakukanlah evaluasi
Tahap evaluasi ini merupakan pemantauan dalam meningkatkan ketrampilan komunikasi. Melalui tahap ini, maka perusahaan akan mengetahui seberapa besar kemampuan setiap karyawan dalam menerapkan materi mengenai cara berkomunikasi dengan baik.

Meningkatkan ketrampilan berkomunikasi tersebut merupakan langkah yang sangat bagus untuk mewujudkan pribadi karyawan yang berwacana dan beretika. Bagaimanapun juga karyawan merupakan bagian dari perusahaan yang juga akan mencerminkan image perusahaan itu sendiri.

Cara untuk meingkatkan kretrampilan komunikasi

a. Membekali diri dengan pengetahuan
Pengetahuan merupakan kunci utama untuk mewujudkan ketrampilan anda dalam berkomunikasi. Tanpa pengetahuan yang luas, maka seseorang tidak akan mampu menciptakan suatu bentuk komunikasi yang baik.

b. Beretika dan redah hati
Memiliki pribadi yang baik akan berdampak pada pembawaan seseorang ketika berkomunikasi dengano orang lain. Sehingga orang yang diajak berkomunikasi akan merasa nyaman dan lebih mudah menangkap apa yang sudah disampaikan.

c. Melakukan kontak mata
Tatapan mata ketika melakukan komunikasi akan meningkatkan konsentrasi sehingga pembicaraan akan lebih terarah dan lebih mudah dimengerti.

d. Berbicara dengan jelas dan mudah dimengerti
Selain wawasan yang luas, cara berbicara juga merupakan bagian dari ketrampilan berkomunikasi. Seseorang dikatakan terampil berkomunikasi ketika apa yang disampaikan oleh orang tersebut mudah dimengerti oleh orang lain.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!