Kiat Sukses Lolos Tes Psikotes

Apakah anda sering gagal ketika menghadapi psikotest,sudahkan anda mempersiapkannya dengan baik?

Kiat menghadapi psikotes itu bukanlah hal yang sulit namun masih banyak orang yang menganggap psikotest itu momok bagi mereka. Anda yakin bisa dan anda bisa mengalahkan rasa takut anda saat menghadapi psikotest.

Hampir semua perusahaan yang akan merekrut karyawan baru selalu melakukan psikotest pada pelamar kerja

Hal ini akan menjadi penilaian bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan juga kepribadian pelamar. Jika anda tidak bisa mengikuti psikotest dengan baik tentu anda tidak bisa diterima dalam perusahaan tersebut. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan segala hal agar bisa menghadapi psikotes.

Menghadapi psikotes yang menjadi persyaratan setiap rekrutmen karyawan ini sebenarnya tidak mutlak menentukan anda diterima kerja atau tidak.

Jadi pada intinya psikotes ini bukanlah ujian dalam suatu rekrutmen karyawan. Psikotes merupakan cara mengukur kemampuan yang ada pada masing-masing individu.

Pihak manajemen sendiri akan mencari orang terbaik untuk perusahaan mereka. Seorang psikolog hanya membantu perusahaan untuk mendapatkan orang yang tepat bagi posisi yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Bagi anda yang sering tidak lolos tahapan psikotest dalam seleksi karyawan ataupun lainnya, introspeksi diri adalah hal pertama yang bisa anda lakukan. Psikotest bukan ujian yang harus anda pelajari seperti halnya ujian sekolah. Ini kadang menjadi anggapan banyak orang bahwa sekali mereka gagal psikotest mereka akan gagal terus.

Mengapa anda tidak mencoba lagi dan lagi karena psikotes ini memang ditentukan dari diri anda sendiri. Kalau anda yakin dan memiliki kesiapan mental pasti anda akan berhasil. Mengapa anda tidak berhasil dalam psikotest padahal anda memiliki nilai akademik yang tinggi dan dari perguruan tinggi ternama? Agar lolos dalam ujian psikotest.

Berikut beberapa kiat menghadapi psikotest yang bisa anda coba:

• Siapkan fisik anda
Apakah anda sehat saat menghadapi psikotest, siapkan diri anda termasuk kondisi fisik anda. Anda akan berfikir dalam memecahkan setiap soal dalam psikotest sehingga fisik yang baik akan menunjang kelancaran anda saat berfikir.

Jika anda sehat maka anda bisa berfikir dengan baik dan menyelesaikan semua soal dengan baik.

Siapkan fisik anda sebelum mengikuti psikotest, jika anda benar-benar merasa sakit segera minum obat agar segera pulih dan bisa mengikuti psikotest.

• Belajar soal psikotest
Kiat menghadapi psikotest selanjutnya adalah dengan belajar berbagai soal psikotest terutama soal yang menyangkut kecepatan dalam berfikir atau kecerdasan. Untuk soal yang berhubungan dengan kepribadian anda tidak perlu mempelajari lebih dalam. Persiapkan diri dengan banyak mengerjakan soal psikotest dan carilah berbagai referensi soal agar pengetahuan anda lebih banyak.

• Jangan terlambat datang saat psikotest
Sangat penting bagi anda untuk datang tepat waktu atau beberapa menit sebelum ujian psikotest. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak grogi dan bisa mempersiapkan diri dengan baik.

• Tenang
Banyak orang yang gagal saat mengikuti psikotest karena mereka tidak tenang dan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal karena takut tidak bisa mengerjakan semuanya. Bersikap tenang dan kerjakan soal satu persatu, kerjakan soal yang anda rasa lebih mudah.

• Pastikan anda membawa perlengkapan test
Perlengkapan test seperti pensil, bolpoint, penghapus ataupun penggaris harus anda persiapkan dan bawa saat test karena ini adalah alat bagi anda untuk mengerjakan soal test.

• Pastikan anda memahami instruksi yang diberikan pada soal

• Jangan mencoret soal atau jawaban anda tanpa sebab

• Tepat waktu saat menyelesaikan psikotest.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!