Kiat untuk Melamar dan Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Ternama

Saat ini mencari pekerjaan yang diidamkan itu sangat sulit lebih-lebih bagi anda yang belum memiliki ketrampilan ataupun baru pertama kali mencari kerja. Jaminan pendidikan dan ketrampilan kadang tidak menjamin anda akan segera mendapatkan pekerjaan yang anda idamkan.

Apalagi jika anda tidak memiliki ketrampilan dan memiliki pendidikan yang rendah. Sulit mencari pekerjaan sekarang ini dana sulit pula mendapatkan posisi yang diidamkan.

Itu semua karena banyaknya lulusan perguruan tinggi yang hampir semuanya menginginkan pekerjaan yang cocok bagi mereka.

Nah, jika anda ingin mendapatkan pekerjaan yang bagus tentu anda harus memiliki kiat melamar pekerjaan agar anda bisa diterima pada perusahaan tersebut.

Melamar pekerjaan bukanlah hanya sekedar menyodorkan beberapa lembar ijazah anda dan juga CV anda. Banyak faktor mengapa orang mengalami kegagalan saat mereka melamar kerja padahal mereka memiliki pendidikan yang tinggi dan ketrampilan yang cukup.

Jangan salahkan perusahaan tempat anda melamar karena mereka juga ingin mendapatkan karyawan yang benar-benar sesuai. Yang harus anda pikirkan adalah apakah anda sudah membuat lamaran pekerjaan yang tepat dan bagaimana sikap anda saat anda melamar pekerjaaan?

Kadang memang banyak diantara anda yang melamar pekerjaan hanya dengan membuat surat lamaran kerja atau CV serta mencantumkan beberapa persyaratan lainnya.

Berikut beberapa poin mengapa seseorang gagal ketika melamar pekerjaan:

• Lamaran pekerjaan tidak profesional
Berhati-hatilah saat anda menulis surat lamaran pekerjaan karena ini mencerminkan kepribadian anda. Jika anda menulis lamaran kerja dengan bahasa gaul atau tidak sesuai dengan EYD, tentu saja pihak personalia akan membuang lamaran anda. Yang anda buat bukanlah surat cinta pada kekasih anda sehingga perhatikan benar gaya bahasa anda dan juga ejaan anda.

• Persyaratan kerja
Jika perusahaan menentukan persyaratan kerja tertentu dan anda tidak melengkapinya saat melamar kerja, pastinya personalia akan memilih lamaran yang mencantumkan persyaratan lengkap.

• Tidak adanya koneksi
Bukan hal baru jika saat ini mencari pekerjaan akan lebih mudah dengan adanya koneksi dalam suatu perusahaan tempat anda melamar. Jika anda tidak memiliki koneksi tentu saja sulit bagi anda mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

• Pendidikan dan ketrampilan
Pendidikan sering menjadi persyaratan dalam lowongan pekerjaan sehingga semakin tinggi pendidikan dan ketrampilan anda semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan.

• Lembaga pendidikan
Personalia sering mempertimbangkan pelamar yang lulus pada universitas terkemuka dibandingkan mereka yang lulus pada universitas terbuka atau swasta sekalipun nilai akademiknya tinggi.

Berikut beberapa kiat sukses melamar pekerjaan yang anda impikan:

• Lamaran pekerjaan
Buatlah surat lamaran pekerjaan yang profesional dan benar. Perhatikan penulisan kata, bahasa dan juga ejaannya agar sesuai dengan EYD. Selain itu lengkapilah data diri anda pada CV dan cantumkan foto terbaru anda yang sopan.Jika anda memiliki email, cantumkan email anda yang tidak mengandung unsur norak atau porno.

Pastikan semua persyaratan yang diinginkan perusahaan tersebut anda lengkapi semua.

• Koneksi
Ada baiknya anda memiliki koneksi dalam perusahaan tempat anda melamar kerja. Namun jika anda tidak memiliki koneksi sama sekali, anda bisa menghubungi langsung manager personalia perusahaan tersebut.

• Jika anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, jangan mencantumkan umur dan juga jumlah anak anda. Personalia tentu akan memilih pelamar yang berusia antara 22 sampai 35 tahun saja.

• Saat melakukan serangkaian tes dan wawancara pastikan anda berpenampilan sopan dan profesional saat menjawab pertanyaan pewawancara.

Nah, beberapa kiat melamar pekerjaan tersebut bisa anda praktekkan untuk mendapatkan pekerjaan impian anda.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!