Banner AP Bawah

Kiat untuk Menjadi Salesman dan Sales Force yang Sukses

Banyak orang yang menganggap remeh pekerjaan seorang salesman padahal tanpa seorang sales sebuah perusahaan tidak akan bisa memasarkan produk mereka dalam jumlah yang maksimal.

Sales bukanlah pekerjaan yang hina namun dengan adanya sales justru akan meningkatkan penjualan dalam perusahaan. Menjadi salesman yang sukses dituntut mampu menjual produk dengan target yang telah ditentukan namun banyak diantara mereka yang tidak mampu memasarkan produk sampai pada target yang ditentukan perusahaan.

Perusahaan tentu menginginkan penjualan produk yang maksimal dari sales mereka agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk itulah perusahaan harus bisa memiliki salesman yang handal.

Jika anda menginginkan menjadi salesman yang sukses banyak hal yang harus anda lakukan untuk kesuksesan anda dan perusahaan. Salesman bisa diartikan sebagai seseorang yang berprofesi untuk memasarkan produk perusahaan kepada orang lain dengan pencapaian target tertentu dari perusahaannya.

Jika ingin menjadi salesman yang sukses bukan hanya pengetahuan yang diperlukan namun juga bagaimana seorang sales tersebut mampu melakukan komunikasi yang baik kepada banyak orang atau calon konsumennya.

Seorang salesman harus mampu meyakinkan pembelinya tentang produk yang dipasarkan dan juga mereka harus bisa mengarahkan calon konsumen untuk melakukan apa yang ditawarkan olehnya.

Berikut beberapa kiat menjadi salesman yang sukses:

• Product Knowledge
Seorang salesman dituntut untuk memiliki pengetahuan yang dalam terhadap produk yang akan mereka pasarkan kepada orang lain.

Produk knowledge ini sangat penting untuk mempengaruhi calon konsumen sehingga saat berpromosi seorang salesman mampu menjelaskan tentang kelebihan dari produk yang dipasarkan dan mampu menjawab pertanyaan calon konsumennya. Dengan menguasai produk knowledge ini seorang salesman mampu memberikan penjelasan dan menjawab semua pertanyaan calon konsumen sehingga mereka bisa merubah pola pikirnya.

• Pendekatan kepada calon konsumen
Jika ingin menjadi seorang salesman yang sukses maka pendekatan kepada calon konsumen perlu dilakukan sales tersebut. Pendekatan ini bisa dilakukan dengan melihat beberapa karakteristik dari calon konsumen sebelum anda melakukan promosi produk. Selain itu pahamilah siapa konsumen anda dan apa yang mereka butuhkan.

Anda bisa melihat budaya, pendidikan dan juga sifat dari calon konsumen sehingga anda bisa menentukan cara promosi terbaik untuk produk tersebut.

Semakin anda bisa memahami karakteristik mereka semakin besar peluang anda untuk mempengaruhi mereka. Dalam hal ini anda tak cukup melakukan komunikasi satu kali saja namun dua atau tiga kali sehingga anda tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana anda harus mempengaruhi mereka agar mau membeli produk anda.

• Komunikasi persuasif yang tepat
Komunikasi bukanlah sekedar untuk mengutarakan kata-kata saja namun dengan komunikasi anda harus mampu menyampaikan pesan dengan tepat. Jika ingin menjadi salesman yang sukses, pahamilah bagaimana berkomunikasi persuasif yang baik pada calon komsumen anda.

Bahasa yang tepat dan intonasi saat berkata yang baik akan mempengaruhi keberhasilan promosi anda. Jika anda berbicara yang kasar dan dengan bahasa yang tidak tepat tentu calon konsumen tidak akan mau membeli produk anda bahkan mereka akan membenci produk anda.

• Mental yang kuat
Menjadi salesman itu kadang harus mendapatkan cacian dan penolakan dari calon konsumen sehingga seorang salesman harus memiliki mental yang kuat dan pantang menyerah.

Anggaplah penolakan adalah kegagalan yang tertunda dan anda bisa berusaha lebih baik lagi untuk memasarkan produk. Sikap mental yang kuat inilah yang bisa menjadikan anda menjadi salesman yang sukses.

Banner AP Bawah