Kredit Bank Syariah- Solusi Modal Usaha Mudah dan Halal

Sebagai lembaga yang bergerak dibidang financial, lembaga ini memang mempunyai peran penting dalam membantu kenyamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Untuk mewujudkan hal ini, salah satu cara yang ditawarkan oleh pihak bank kepada masyarakat adalah kredit bank. Jika dikategorikan berdasarkan kegiatan operasionalnya, bank memang dibagi menjadi duajenis yaitu bank konvensional dan bank syariah.

Bank konvensional itu sendiri adalah bank yang menerapkan suku bunga sebagai metodanya. Secara hukum islam, bunga atau riba di sini dianggap tidak sesuai dengan ajaran hukum islam yang berlaku. Lain halnya jika dibandingkan dengan bank syariah.

Bank yang muncul sejah tahun 90an tersebut beroperasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah diajarkan oleh agama Islam. Bank yang berbasis syariah ini lebih mengacu pada hubungan ikhlas dan pastinya tidak ada kecurangan. Itulah sebabnya, sistem syariah lebih dianggap bisa memberikan ketenangan secara batin bagi setiap nasabahnya dan masyarakat.

Kredit bank syariah ini memang hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan modal usaha sesuai dengan syariat islam. Bagi mereka yang memperhatikan hukum agama islam, hal ini sangat penting karena secara prinsip hal ini akan mempengaruhi ketenangan batin.

Karena bank syariah ini sangat memperhatikan bagaimana cara memperhatikan untuk bermuamalah sesuai dengan syariat islam. Dalam menentukan kegiatan yang berkaitan dengan harga bank jenis ini didasarkan pada kesepakatan yang dibuat atas persetujuan antara bank dan juga nasabah. Hal ini ditentukan oleh besar kecilnya simpanan dan masa waktu yang dibutuhkan dan nantinya akan berpengaruh terhadap jumlah kecilnya junmlah bagi hasil yang akan diperoleh.

Tips cara mengajukan kredit bank syariah
Kita semua pastinya sudah sangat mengerti bahwa modal financial merupakan bagian benting dari berjalannya suatu usaha. Itulah sebabnya, ketika para pelaku bisnis baru yang ingin mencoba mambangun bisnisnya seringkali sangat membutuhkan kredit bank ini.

Dalam hal ini kredit bank bisa jadi merupakan salah satu soluisi terbaik untuk mendapatkan modal usaha anda karena tidak menerapkan sistem bunga, tapi lebih pada bagi hasil.

Jika anda berminat berikut ini tips-tipsnya;

a. Mempersiapkan permohonan kredit
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah permohonan. Sebenarnya cara ini tidak jauh beda ketika anda ingin meminjam dana di bank konvensional.

Hal-hal yang perlu anda persiapkan adalah dokumen-dokumen penting seperti KTP, KK, dan lain sebagainya serta bukti usaha jika ada.

Untuk beberapa bank syariah, orang yang mengajukan kredit bank ini biasanya hanya ditujukan bagi mereka yang sudah menjalankan bisnisnya selama dua tahun, tapi juga tidak menutup kemungkinan untuk usaha yang kurang dari dua tahun. Jika kurang dari dua tahun, maka harus dengan catatan, bisnis sudah bisa berjalan dengan baik.

b. Cobalah untuk meyakinkan surveyor
Surveyor ini merupakan karyawan bank yang bertugas melakukan survey untuk memastikan bahwa pemohon dana memang mempunyai penghasilan yang bagus dan sekiranya memang mampu untuk membayar.

Mereka akan mengabulkan permohonan kredit bank anda ketika pihak bank yakin bahwa anda akan sanggup mengembalikan kredit tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

c. Cobalah untuk membuat kesepakatan yang sesuai dengan kemampuan anda
Kesepakatan ini biasanya akan menentukan jangka waktu yang diberikan kepada anda untuk bisa mengangsur kredit bank.

Jika jumlah angsuran yang ditawarkan bank terlalu tinggi, cobalah untuk bernegosiasi agar jumlah yang diangsur tetap sesuai dengan kemampuan anda.