Manajemen Pemeliharaan Mesin Pabrik – Predictive Maintenance Management

Mesin pabrik merupakan bagian penting untuk memperlancar proses produksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran proses produksi adalah mesin. Itulah sebabnya perawatan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan mengingat mesin merupakan salah satu organ penting untuk eksistensi perusahaan.

Manajemen pemeliharaan mesin merupakan salah satu langkah tepat untuk memanage kapan mesin butuh dilakukan perawatan. Dengan demikian, proses kerja mesin dalam pabrik tetap berjalan lancar sehingga proses produksi tidak akan terhambat.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan agar produk tetap bisa bersaing di pasaran adalah menjaga kualitas produk, harga produk yang sesuai, dan yang terpenting adalah produk diproduksi dengan cepat sehingga bisa sampai ditangan konsumen dengan segera.

Untuk produk yang mempunyai masa expired tertentu, kecepatan produksi dan tahap penyampainnya kepada konsumen sangatlah penting. Karena bagaimanapun juga konsumen akan lebih menyukai produk yang baru diproduksi dari pada produk yang telah disimpan hingga berminggu-minggu.

Itulah sebabnya untuk menjaga proses produksi, maka pabrik harus benar-benar didukung oleh peralatan mesin yang selalu siap untuk digunakan. Sehingga sangat penting kiranya untuk selalu memberikan perawatan kepada mesin pabrik secara teratur dan juga terencana secara matang. Dalam hal ini perusahaan harus memiliki atau menyusun sistem manajemen pemeliharaan mesin pabrik dengan baik.

Tahap perawatan itu sendiri memang merupakan bagian dari industri sehingga bagian ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oelh perusahaan itu sendiri. Program perawatan itu sendiri memiliki peran yang sangat besar dalam mendukung aktifitas produksi. Selain untuk mendukung kelancaran proses produksi, tahap perawatan mesin pabrik juga berperan untuk menjaga kualitas hasil produksi.

Tujuan manajemen pemeliharaan mesin pabrik
Ada tujuan penting yang diharapkan dari manajemen perawatan pada mesin pabrik ini. karena fokus pada manajemen ini adalah perawatan pada mesin, maka pastinya cara ini bertujuan untuk menjaga kondisi mesin-mesin industri, bangunan, dan juga berbagai peralatan lainnya agar selalu dalam kondisi siap pakai.

Jika kondisi mesin selalu dalam keadaan fit, maka pastinya akan ikut menjamin kelangsungan proses produksi sehingga pabrik akan menghasilkan produk yang siap dipasarkan. Dengan demikian perusahaan akan kembali mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut.

Proses perawatan itu sendiri sebenarnya bukan hanya kepertingan perusahaan tapi juga investor yang juga terlibat menanam modal dalam perusahaan tersebut. Bagaimanapun juga untung atau rugi dari perusahaan juga akan menjadi bagian dari resiko investor. Itulah sebabnya perawatan juga dianggap sangat penting bagi investor.

Dengan kondisi mesin pabrik yang selalu prima juga akan menjadi pengaman modal yang telah ditanamkan oleh investor tadi.

Banyak pihak yang akan mendapatkan keuntungan dari manajemen pemeliharaan mesin pabrik. Selain investor, ternyata tahap perawatan ini juga sangat menguntungkan untuk manager perusahaan.

Keuntungan tersebut diantaranya adalah melindungi instansi pabrik dari kerusakan, meningkatkan daya guna dari mesin pabrik, menghemat biaya reparasi mesin, menghemat pengeluaran untuk biaya kerusakan mesin yang lebih parah, dan masih banyak hal lain yang pastinya harus menjadi bagian dari peran manajer untuk selalu melakukan pemantauan segala aspek dalam pabrik.

Mengingat banyaknya manfaat dari manajemen perawatan mesin pabrik tersebut, maka sudah sepantasnya hal ini menjadi perhatian yang tidak bisa dianggap sepele. Selain sangat bagus untuk menjaga kesiapan operasinal dari mesin pabrik, perawatan yang dilakukan secara rutin akan membantu mengurangi angka kecelakaan kerja yang disebabkan oleh mesin pabrik yang bermasalah.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!