Memahami Seluk Beluk tentang Corporate Finance

Corporate Finance menjadi istilah penting dalam manajemen keuangan. Masalah Corporate Finance ini dijadikan sebagai landasan untuk pengelolaan keuangan yang ada di pasaran.

Corporate Finance ini memiliki hubungan yang erat dengan kata capital market (pasar modal) dan product market (pasar produk). Kedua kata tersebut menunjukkan sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh tenaga bagian keuangan di sebuah perusahaan.

Nah, untuk memudahkan anda dalam memahami corporate finance, capital market (pasar modal) dan product market (pasar produk) maka berikut ini adalah ulasan informasi yang tepat untuk anda yaitu :

Pengertian Capital Market dan Product Market
Capital market maupun product market merupakan kedua kata penting untuk menjelaskan kegiatan corporate finance.

Untuk memudahkan anda dalam memahami kata corporate finance, berikut ini adalah penjelasaan detailnya yaitu :

Capital Market
Capital market atau pasar modal merupakan jual beli dimana didalamnya terdapat investor (stakeholder) yang saling memperjualbelikan saham yang dimilikinya untuk penggunanya yiatu perusahaan yang membutuhkan perluasan saham.

Kegiatan yang dilakukan dalam pasar modal ini disebut sebagai stock exchange (bursa saham). Sistem pengelolaan keuangan yang ada dalam pasar modal ini dijalankan dengan menggunakan corporate finance. Keberhasilan perusahaan dalam melakukan kegiatan pasar modal inilah yang membutuhkan unsur penerapan corporate finance didalamnya.

Penerapan corporate finance dalam pasar modal menggunakan istilah cost of capital didalamnya. Penilaiaan dalam cost of capital ini menunjukkan perjalanan sistem keuangan yang dilakukan dalam perusahaan yang menerapkan sistem pasar modal didalamnya.

Product Market
Keberadaan product market dijadikan sebagai pelengkap dalam pengelolaan keuangan perusahan. Biasanya, setelah perusahaan memiliki kemampuan keuangan yang memadai, perusahaan akan sesegara mungkin untuk melakukan operasi perusahaan dengan menginvestasikan dana tersebut untuk memperoleh jasa pendukung serta mesin produksi maka kegiatan pertukaran investasi dengan berbagai unsur perusahaan inilah yang diartikan sebagai product market.

Mengenal Lebih Dalam Corporate Finance
Keuangan perusahaan biasa disebut sebagai corporate finance didalam pasaran saham dan produk di Indonesia.

Kegiatan yang dalam corporate finance ini terbagi atas 3 unsur utama diantaranya yaitu :
1. Investasi
Investasi diartikan sebagai usaha yang dilakukan perusahaan untuk bisa menabungkan dana perusahaan dalam jangka panjang. Keberadaan investasi ini biasanya membuat perusahaan bisa berkembang dan tumbuh dengan pesat. Tentunya keputusan dalam memilih investasi yang tepat bagi perusahaan ini diperlukan pertimbangan yang panjang didalamnya.

2. Sumber pembiayaan (dana perusahaan)
Inilah unsur corporate finance yang kedua untuk pengelolaan keuangan dalam perusahaan. Perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan besar dalam proses produksinya tentunya membutuhkan pencatatan atas sumber keuangan yang ada di perusahaan. Informasi sumber pembiayaan sendiri biasanya dapat dicantumkan oleh perusahaan pada laporan keuangan perusahaan.

3. Model pengaturan keuangan
Penerapan model pengaturan keuangan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan sekali. Hal ini diupayakan oleh perusahaan sebagai bentuk perhitungan untung rugi atas dana yang ada dalam perusahaan. Model pengaturan keuangan yang ada dalam perusahaan ini berbeda antar satu dengan yang lainnya.

Itulah ketiga unsur corporate finance yang wajib diperhitungkan oleh perusahaan. Ketika keuangan perusahaan atau corporate finance tidak memenuhi ketiga unsur tersebut maka dapat dipastikan bahwa pengelolaan keuangan perusahaan ini masih membutuhkan proses yang lebih teliti serta lebih akurat.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan penerapan corporate finance yang sesuai dengan cita – cita dalam perusahaan ini? Nah, tentu untuk memudahkan anda dalam pengaturan keuangan perusahaan, ada baiknya anda memahami manajemen keuangan beberapa keuangan perusahaan sehingga informasi manajemen keuangan perusahaan tersebut dapat diadopsi dalam mengektifkan corporate finance perusahaan anda.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!