Mendorong Inovasi Sebagai Strategi Bisnis Perusahaan

Setiap pembahasan bertajuk business strategy pasti akan menyebut kata ‘inovasi’ sebagai salah satu mesin penggerak perusahaan.

Bayangkan saja, jika anda sebagai pemilik bisnis tidak pernah melakukan inovasi pada tiap aspek strategi bisnis anda padahal ada banyak perusahaan sejenis di sekitar anda, perusahaan anda pasti akan ambruk dalam waktu singkat.

Inovasi di sini bukan melulu berasal dari anda sebagai pemilik bisnis, namun juga dari staf atau pegawai yang bekerja di perusahaan anda.

Banyak pemilik perusahaan yang sering salah kaprah dalam hal menerapkan inovasi sebagai strategi bisnis; mereka yang berpikiran kuno mengira bahwa inovasi harus selalu datang dari ide pribadi mereka sendiri dan para staf atau karyawan hanya perlu tahu bagaimana cara mewujudkannya sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan.

Dalam iklim bisnis yang dinamis seperti sekarang, pemilik perusahaan harus memahami cara mendorong inovasi di kalangan staf atau karyawan dalam perusahaannya sebagai bagian dari strategi bisnis jangka panjang.

Berikut adalah beberapa cara mendorong inovasi dalam lingkungan perusahaan dari pakar manajemen dan business strategy F. John Reh:

1. Pemilik perusahaan harus menciptakan lingkungan yang mendorong komunikasi positif di kalangan pegawai perusahaan dan para manajer atau kepala bagian; hal ini tidak melulu berarti dalam situasi formal, namun juga informal seperti dalam acara kumpul-kumpul atau piknik perusahaan atau bahkan sekedar makan siang bersama.

Komunikasi yang cair mendorong para karyawan untuk lebih bebas menyampaikan ide konstruktif atau kritik membangun.

2. Manfaatkan bagian HRD untuk membantu anda menggali potensi tiap karyawan dan manfaatkan hal tersebut dengan cara mendistribusikan tugas sesuai kemampuan karyawan yang dimaksud; seseorang cenderung lebih mudah menemukan pemecahan masalah yang inovatif jika ia bisa bekerja dengan sesuatu yang membuatnya nyaman.

3. Jangan menganggap kegagalan sebagai aib. Jika seorang karyawan, manajer atau staf melakukan kesalahan dalam pekerjaannya, pemilik perusahaan boleh menegur namun setelah itu harus berusaha menemukan dimana letak kesalahannya dan mendorong agar karyawan tersebut memperbaikinya. Ingat, jangan samakan kesalahan yang bersifat teknis dalam pekerjaan dengan kesalahan yang jelas-jelas melanggar aturan perusahaan.

4. Pantau terus perkembangan dunia bisnis terutama yang berkaitan dengan perusahaan anda, termasuk iklim bisnis lokal dan pergeseran minat konsumen (jika ada). Dorong para karyawan untuk menyampaikan ide atau pemikiran dari hasil pengamatan mereka sendiri yang dapat memberi sumbangsih bagi strategi bisnis perusahaan.

5. Coba untuk menemukan ‘pola’ dari sebuah solusi singkat yang ditawarkan salah satu karyawan atau staf anda yang dapat memecahkan sebuah masalah.

Misalnya, ketika perusahaan jasa pengiriman anda mengalami masalah dengan kekacauan data, salah satu karyawan anda kemudian menemukan bahwa masalahnya adalah kesalahan dalam sistem software. Jika anda kemudian menemukan masalah yang sama, coba gunakan saran dari karyawan tersebut untuk meningkatkan kinerja sistem software anda di masa mendatang.

6. Jangan lupa untuk selalu memberi apresiasi kepada karyawan yang berhasil memberikan sumbangsih besar dalam penyelesaian suatu masalah yang dihadapi perusahaan dan pastikan anda mendorong karyawan lain untuk menyamai prestasi tersebut.

Strategi bisnis modern sangat mendorong apresiasi bagi karyawan, bukan ancaman atau sikap otoriter.
Kesimpulannya, inovasi memang sebuah unsur yang penting dari tiap aspek business strategy.

Akan tetapi, untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang inovatif di perusahaan, anda harus menghilangkan sikap kelewat otoriter yang hanya ada pada pemilik perusahaan jaman dulu dan mulai menciptakan lingkungan yang lebih nyaman bagi karyawan atau staf perusahaan anda untuk menjadi lebih bebas dalam bertukar ide dan solusi.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!