Mengembangkan Ketrampilan Mendelegasikan Tugas Kepada Bawahan

Apakah anda pikir anda bisa menyelesaikan pekerjaan kantor tanpa bawahan? Sekalipun anda adalah seorang master yang super jenius dalam mengembangkan perusahaan, tapi anda tidak bisa bekerja sendiri.

Anda butuh mereka dan mereka akan memudahkan anda untuk menyelesaiakan semua tugas perusahaan. Ketrampilan mendelegasikan tugas yang anda miliki akan memudahkan anda dan bawahan untuk mencapai titik keberhasilan.

Awalnya memang berat menjadi seorang manajer yang harus mengemban tugas dalam perusahaan, namun anda bisa mendelegasikan tugas yang membebani anda kepada mereka.

Bawahan untuk membantu anda dan mereka juga ingin memberikan yang terbaik untuk anda. Mengapa anda tidak mendelegasikan tugas pada mereka dan biarkan bawahan bertanggung jawab atas tugas tersebut. Anda memiliki ketrampilan mendelegasikan tugas sehingga dengan mudah anda menunjuk mereka untuk menyelesaikannya.

Apakah cukup anda menunjuk salah satu bawahan dalam mendelegasikan tugas tersebut? Jangan senang dulu, jika anda tidak memiliki ketrampilan mendelegasikan tugas kepada bawahan, justru pekerjaan yang anda bebankan malah menjadi masalah bagi mereka.

Ketahuilah siapa dan bagaimana kemampuan bawahan anda sebelum anda mendelegasikan tugas pada mereka. Pendelegasian tugas pada bawahan merupakan pelimpahan wewenang atau pemberian tugas dari atasan kepada bawahannya untuk dipertanggungjawabkan pada atasan.

Jadi, jika anda ingin hasil yang terbaik, jangan asal mendelegasikan tugas. Jangan pikir jika anda atasan bisa seenaknya saja memberikan tugas pada bawahan. Pekerjaan akan berhasil jika anda bisa mendelegasikan tugas dengan tepat pada bawahan bukan semata karena anda ingin meringankan pekerjaan anda sebagai manajer.

Lalu bagaimana anda bisa memiliki ketrampilan mendelegasikan tugas dengan tepat kepada bawahan? Mudah, selama anda mengerti dan mengetahui kemampuan bawahan pasti anda bisa memberikan tugas yang tepat bagi mereka.

Anda ingin sukses tapi pikirkan juga bawahan, mereka juga ingin sukses sama seperti anda. Biarkan bawahan berkembang dengan tugas yang anda berikan, itu yang dinamakan manajer hebat. Berikan tugas yang sesuai kemampuan bawahan anda, jangan memberikan tugas yang tidak mungkin mereka selesaikan.

Apakah anda memiliki tujuan yang jelas terhadap pekerjaan yang anda bebankan pada bawahan? Tentukan tujuan anda, bagaimana hasil pekerjaan tersebut jika didelegasikan pada mereka.

Ketrampilan mendelegasikan tugas seorang manajer pada bawahan memang tidak datang dengan sendirinya. Sebelum anda memberikan wewenang pada bawahan, pilihlah siapa yang benar-benar tepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Ketahui kemampuan bawahan sebelum anda memberikan tugas, anda bisa menilai kemapuan mereka dari pekerjaan yang mereka selesaikan sebelumnya.

Jika mereka mampu mengerjakan pekerjaan dengan benar dan cepat, maka anda bisa mendelegasikan tugas kepada mereka. Setelah anda menunjuk bawahan yang tepat, berikan perintah yang benar dan jelas pada mereka. Instruksi dari anda juga mempengaruhi pekerjaan mereka, jika anda salah memberi perintah jangan harap pekerjaan tersebut bisa diselesaikan sesuai keinginan anda.

Selain itu sekalipun anda memberikan pelimpahan tugas pada bawahan, tak ada ruginya jika anda memberikan support pada mereka agar pekerjaan tersebut lebih baik hasilnya.

Anda yang memiliki pengetahuan lebih luas dari mereka, berikanlah dukungan dan masukan pada bawahan sekalipun anda sibuk.

Jalinlah komunikasi yang baik sekalipun mereka jauh dibawah anda. Setelah pekerjaan selesai, tugas anda adalah mengoreksi pekerjaan tersebut, jika masih belum sesuai keinginan anda, jangan langsung memarahi bawahan.

Apakah anda mampu menyelesaikannya sendiri, tidak bukan? Beri masukan pada bawahan bagaimana pekerjaan tersebut seharusnya diselesaikan dengan baik. Dengan ketrampilan mendelegasikan tugas tersebut, anda akan menjadi manajer hebat diantara bawahan anda yang hebat.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!