Menyusun Strategi Keuangan Melalui Investment Banking

Investment banking merupakan istilah yang dapat menggambarkan tingkat pembelian saham yang dilakukann oleh sebuah perusahaan. Kegiatan investment banking yang biasa dilakukan oleh setiap perusahaan produksi ini berbeda dengan kegiatan penyimpanan keuntungan yang dilakukan oleh kalangan pemilik perusahaan produksi skala kecil sampai dengan menengah.

Inilah fenomena yang dapat dilihat dalam pengolaan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Karyawan yang bertanggung jawab untuk menilai kegiatan investment banking ini adalah seseorang tenaga keuangan.

Tenaga keuangan yang tentunya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk berkembang ini sebaiknya harus tenaga yang memiliki kompetensi besar dalam pengeloaan keuangan yang ada .

Hal ini dilakukan untuk bisa menjadikan keuangan perusahaan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Nah, agar bisa melakukan upaya ini tentunya dibutuhkan pelatihan khusus bagi siapa saja yang berkenan untuk mengabdikan dirinya menjadi seorang tenaga keuangan.

Kegiatan yang dilakukan oleh tenaga keuangan perusahaan ini tidak hanya menjamin dalam hal aktivitas investment banking melainkan juga beberapa aktivitas perusahaan yang berkenaan dengan keuangan perusahaan lainnya.

Namun, aktivitas keuangan lainnya yang dikelola oleh perusahaan ini juga turut berhubungan dengan aktivitas investment banking perusahaan. Beberapa kegiatan perusahaan yang berhubungan langsung dalam hal aktivitas investment banking dapat anda simak dalam ulasan detail dibawah ini.

Pengenalan Tentang Investment Banking
Kegiatan investment banking sudah tidak asing lagi bagi kalangan perusahaan yang menaungi aktivitas produksi. Kegiatan investment banking diartikan sebagai pengembangan bisnis di kalangan pebisnis lainnya sehingga perusahaan berkembang lebih besar dari sebelumnya.

Untuk itulah, investment banking pada perusahaan produksi ini banyak dianggap sebagai upaya pengembangan dan persebaran wilayah kekuasaan perusahaan dengan melakukan aktivitas pinjaman dan debitur saham perusahaan baik dalam bentuk uang maupun lahan perusahaan. Tingkat aktivitas investment banking inilah yang akhirnya dinilai untuk menentukan seberapa besar perkembangan dari perusahaan.

Aktivitas Keuangan yang Terhubung dengan Investment Banking
Berbicara mengenai keuangan perusahaan tentunya banyak hal atau aktivitas yang dilakukan didalamnya. Kegiatan – kegiatan yang dilakukan tersebut, semata – mata diupayakan sebagai langkah utama untuk menjaga keuangan perusahaan agar berada pada tingkat yang optimal.

Nah, beberapa aktivitas keuangan yang langsung berhubungan dengan keuangan perusahaan ini terbagi atas beberapa aktivitas keuangan berikut ini yaitu :

a. EVA (Economic Value Added)
EVA (Economic Value Added) adalah konsep nilai keuangan perusahaan bersih yang dijadikan sebagai indikator keberhasilan usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Ketentuan yang ingin dicapai oleh perusahaan industri yang ingin berkembang pesat ini salah satunya yaitu dengan melakukan peningkatan nilai Economic Value Added.

Upaya yang dilakukan untuk mengendalikan nilai EVA perusahaan dapat dilakukan dengan upaya yaitu :

– Meningkatkan keuntungan (profit) tanpa menambah modal
Perusahan industry diupayakan untuk melakukan peningkatkan keuntungan perusahaan tanpa harus mengeluarkan biaya produksi yang melimpah.

– Mengurangi pemakain modal
Perusahaan yang ingin meningkatkan nilai EVA (Economic Value Added) ini dapat melakukan pengurangan pemakaian modal dengan catatan tidak mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.

– Melakukan investasi dengan pengembalian tinggi
Investasi merupakan upaya terbaik yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin keuangan perusahaan yang ada.

b. CFA (Chartered Financial Analyst)
Aktivitas pengelolaan keuangan yang baik dapat mendapatkan gelar CFA (Chartered Financial Analyst) didalam sebuah perusahaan. Banyak hal yang dilakukan sebelum perusahaan bisa mengupayakan gelar CFA (Chartered Financial Analyst).

Aktivitas utama yang menunjang jalannya CFA ini salah satunya yaitu kegiatan investasi yang langsung berhubungan dengan kegiatan investment banking perusahaan.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!