Panduan Melakukan Coaching Skills dalam Pengembangan Karyawan

Semua orang pasti memiliki angan-angan, impian atau khayalah, bahkan kadang khayalan tersebut bisa menjadi kenyataan. Apakah mungkin dalam kehidupan ini semua yang anda impikan bisa menjadi kenyataan tanpa kerja keras anda?

Mustahil tentunya, jika anda tidak mampu mewujudkannya bukan berarti anda bodoh atau tak bisa diandalkan. Anda memerlukan coaching skill untuk mewujudkan impian anda yang tertunda.

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, mungkin anda kurang memanfaatkan kemampuan yang anda miliki sehingga anda belum mencapai kesuksesan. Tenang, seorang coach akan membantu anda. Siapa dia, bagaimana dia akan mengubah anda menjadi lebih baik dan sukses? Apakah dewa yang turun dari langit atau utusan seorang jenius.

Coaching skills bukanlah hal yang aneh saat ini, coaching bisa dilakukan oleh siapa saja kepada seseorang yang membutuhkan.

Jadi, bukan utusan dewa atau si jenius kepada anda, pimpinan anda dan rekan yang lebih senior bisa menjadi coach yang tepat bagi siapapun. Termasuk anda, ketika anda menjadi pimpinan perusahaan, anda bisa menjadi coach bagi bawahan. Pendelegasian tugas yang anda berikan pada mereka, tentu tak sepenuhnya anda menyerahkan pada mereka.

Coaching yang anda lakukan untuk membantu mereka akan menghasilkan pekerjaan yang lebih sempurna.

Jadi, coaching skills adalah pembinaan atau pengarahan yang dilakukan atasan atau senior kepada bawahannya atau junior untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dalam mencapai kesuksesan.

Jelas jika anda menjadi pemimpin, bawahan sangat memerlukan bimbingan untuk menjalankan tugas yang anda berikan. Coaching skills menentukan kwalitas seseorang, jika mereka ingin maju dan berkembang, coaching mereka sampai mereka bisa menjadi seperti harapan anda.

Apakah cukup dengan couch saja, tidak. Coaching skills yang dilakukan sangat ditentukan oleh tentor atau pembimbing dan juga diri pribadi yang dicoaching .

Sia-sia saja jika anda memberikan counching pada bawahan tapi mereka tidak memiliki kesadaran. Semua karyawan ingin maju dan karirnya naik, ini bisa menjadi alasan penting mengapa mereka memiliki kesadaran untuk mendapatkan bimbingan atasan.

Coaching skills bisa anda lakukan pada semua karyawan bukan hanya satu atau dua saja, biarkan mereka menyelesaikan pekerjaan dan berikan ruang yang nyaman untuk kebebasan berkreasi, tapi bimbinglah mereka kearah yang lebih maju dan berkembang.

Coaching skills bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

• Hindari sikap egois
Kalau anda pemimpin, jangan seenaknya saja pada bawahan, marah-marah, suka menyuruh dan memberikan tugas yang berat pada bawahan. Mereka bukan robot, betul? Lakukan yang terbaik bagi mereka, jangan egois yang anda besarkan.

Coaching mereka dengan sikap baik anda, dengan demikian mereka akan menghargai anda dan melakukan apa yang anda suruh dengan keiklasan.

• Jangan menyelesaikan pekerjaan sendiri
Jika anda ingin karyawan juga sukses dan memiliki kemampuan yang hampir sama dengan anda, jangan mengerjakan pekerjaan sendiri. Ajak mereka, biarkan mereka membantu anda menyelesaikan tugas tersebut.

Peran anda hanya membimbingnya jangan menghalangi kreasi mereka.

• Berikan informasi yang tepat dan akurat
Ketika anda memberikan coaching skills pada karyawan, berikan data yang akurat dan tepat sehingga mereka akan melakukan pekerjaan lebih baik lagi dan tidak keliru. Anda bisa menentukan cara tepat atau metode yang tepat untuk membimbing mereka.

Jangan mematikan karyawan anda
Sekalipun anda ingin sukses, jangan mematikan karyawan anda sendiri. Buat mereka sama dengan anda, sukses dan berkreasi serta profesional.