Pengertian tentang Teori Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik

Mungkin anda pernah mendengar kata motivasi diri, memberikan dorongan kepada diri sendiri untuk kuat menghadapi segala rintangan atau untuk mencapai semua yang diinginkan.

Motivasi akan mendorong diri anda untuk mewujudkan keinginan, inilah yang dimaksud dengan motivasi. Motivasi diri datang dari anda sendiri bukan karena orang lain yang menyuruh anda melakukan sesuatu. Karena ambisi dan keinginan, seseorang akan tergerak untuk menjadi lebih dari saat ini. Banyak orang yang memiliki keinginan dan ambisi yang besar untuk mendapatkan sesuatu, sayangnya mereka no action. Mereka hanya berdiam diri dan merenung takut dengan apa yang akan terjadi.

Padahal dengan motivasi diri sendiri saja mereka bisa mewujudkan apa yang seharusnya menjadi kenyataan. Karena kurangnya energi pendorong dalam diri seseorang maka mereka menjadi lemah dan takut. Dengan motivasi diri, hal ini akan menguatkan ambisi seseorang untuk pencapaian sesuatu. Motivasi akan mengarahkan energi positif demikian juga dengan mindset yang positif.

Motivasi diri akan semakin besra bila seseorang memiliki visi dan misi yang jelas. Mereka memiliki gambaran mental yang sangat jelas dari kondisi yang diharapkan dan keinginan untuk mencapainya juga cukup besar. Hanya dengan motivasi dirilah yang menyebabkan mereka melangkah untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Motivasi diri adalah melakukan apa yang seharusnya anda lakukan baik untuk hubungan dengan orang lain, meningkatkan karier dan mendapatkan cinta yang anda inginkan. Motivasi akan semakin jelas bila visi anda juga jelas.Anda akan mengetahui apa yang seharusnya anda lakukan dan anda akan percaya dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri. Motivasi diri akan menciptakan kesuksesan pada diri sendiri.

Agar diri menjadi semakin termotivasi maka ketahuilah apa yang seharusnya anda inginkan, kemudian anda bisa meningkatkan energi dari keinginan tersebut untuk diwujudkan menajdi kenyataa, bukan hanya angan-angan saja. Karena motivasi sangat erat kaitannya dengan keinginan seseorang maka ada kalanya dalam mencapainya sering terjadi kegagalan.

Motivasi diri bisa anda miliki ketika anda bisa mengenali diri sendiri, sumber motivasi diri juga berasal dari keinginan yang akan diwujudkan oleh orang tersebut. Membangun motivasi diri memang tidak mudah, apalagi bila seseorang sering mengalami kegagalan. Untuk itu yang pertama dilakukan untuk membangun motivasi diri adalah dengan cara mengenali diri sendiri.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memahami keprobadian pada diri sendiri, watak dan temperamen, mengenal bakat alami yang dimiliki dan kenalilah gambaran tentang diri sendiri dengan segala kelemahan dan kekurangan yang dimiliki. Tujuan pengenalan diri sendiri tersebut adalah untuk mempermudah terwujudnya keinginan mereka.

Untuk mengenali diri sendiri anda bisa bertanya pada orang terdekat karena dengan menanyakan mereka tentang diri anda sendiri maka akan memberikan gambaran yang tepat tentang diri anda, sikap anda dan gambaran tentang diri anda sebenarnya. Dengan mengetahui gambaran tersebut maka anda bisa mencatat atau merenungkan apa yang menjadi kekurangan anda dan apa yang menjadi kelebihan anda.

Kelemahan yang dikatakan oleh orang lain tentang diri anda inilah yang harus anda ubah agar menjadi kelebihan. Motivasi diri muncul dari kelemahan yang diungkapkan oleh orang lain. Selain itu anda juga bisa mengikuti beberapa test diantaranya test IQ. Melalui test ini anda akan mengetahui seberapa jauh kemampuan berpikir dan kepandaian anda.
Motivasi diri terhadap kelemahan yang dimiliki akan menimbulkan seseorang untuk mengembangkan diri. Dari beberapa potensi yang ada dalam diri sendiri maka mereka akan mengetahui potensi yang disimpannya.

Dalam mengembangkan diri anda juga harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, bila anda percaya diri maka potensi yang terpendam dalam diri sendiri juga akan meningkat. Motivasi dan percaya diri adalah kunci anda untuk mengubah diri sendiri. Motivasi diri bisa anda lakukan dengan kepercayaan pada kemampuan diri sendiri, bangga terhadap diri sendiri dan memahami kekurangan yang ada pada diri sendiri. Bila anda menyesali kekuarangan anda maka hal ini bukanlah solusi yang tepat untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.

Jenis-jenis motivasi manusia
Motivasi yag timbul dalam diri seseorang dibedakan menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kedua motivasi ini bisa menimbulkan seseorang menjadi lebih baik dan menciptakan apa yang mereka ingin kan menjadi kenyataan. Sumber kekuatan dalam diri seseorang adalah motivasi, maka motivasi bisa dijadikan kekuatan yang membuat mereka lebih baik dari sebelumnya.

• Motivasi intrinsik
Motivasi intrnsik merupakan motivasi yang timbul dari diri seseorang, tidak perlu adanya rangsangan dari luar. Dari dalam diri seseorang sudah ada dorongan yang menimbulkan mereka untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh mereka yang senang mendengarkan lagu, membaca dan menggambar, tanpa disuruh pun mereka akan melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Mereka akan mencari lagu atau buku yang akan dibaca tanpa harus disuruh orang atau mendapatkan dorongan dari orang lain. Motivasi intrinsik timbul karena keinginan diri sendiri, karena hobi atau karena kesadaran diri sendiri.

Motivasi intrinsik juga didorong dari tujuan kegiatan yang dilakukan. Sebagai contoh adalah kegiatan belajar. Belajar tentu memiliki tujuan yaitu ingin pandai dan mendapatkan nilai yang lebih baik. Seorang siswa yang belajar dengan sungguh-sungguh karena mereka ingin mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Motivasi intrinsik bisa dikatakan sebagai bentuk motivasi yang di mulai dari dorongan dari dalam diri untuk mendapatkan sesuai yang penting dari kegiatan belajar tersebut.

• Motivasi ekstrinsik
Berbeda dari motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datang dari luar atau dari orang lain. Motivasi memang terlihat mudah namun seseorang akan bangkit dnegan motivasi dari orang lain yang lebih pandai atau lebih tua dari mereka. Namun motivasi juga bisa muncul dari orang yang lebih muda atau sebaya dengan orang tersebut.

Motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang berasal dari luar atau rangsangan yang didapatkan seseorang dari luar. Motivasi ini muncul karena seseorang yang ingin mendapatkan sesuatu karena perintah orang lain. Misalnya saja seorang siswa harus belajar lebih giat untuk mendapatkan nilai bagus karena akan mengikuti ujian. Mereka terdorong untuk belajar bukan karena keinginan mendapatkan ilmu namun karena keinginan untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Keinginan untuk mendapatkan nilai yang bagus, keinginan untuk mendapatkan pujian dari orang lain atau keinginan untuk mendapatkan hadiah merupakan motivasi yang bersifat ekstrinsik. Dorongan dari luar tersebut akan memotivasi seseorang agar kenginan mereka tercapai sekalipun dalam diri mereka tidak begitu antusias dengan apa yang dilakukan. Motivasi dari luar lebih banyak hasilnya untuk mengubah seseorang.

Kata Motivasi semangat hidup
Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini, jadi anda tidak boleh pasrah dengan keadaan. Motivasi sangat diperlukan untuk menjadikan seseorang lebih baik dan lebih mudah dalam mencapai apa yang diinginkan. Melalui kata-kata motivasi yang diucapkan orang lain, seseorang akan tergerak untuk bangkit dari keterpurukan mereka. Motivasi juga bisa timbul ketika ada membaca buku atau anda sedang menyaksikan acar di televisi.

Motivasi manusia memang menjadi penyemangat dalam hidup bahkan tanpa motivasi seseorang akan menjadi orang yang lemah. Kata-kata motivasi memiliki kekuatan yang mendalam bukan hanya sekedar tulisan hitam diatas putih yang dibaca lalu ditutup lagi.

Motivasi menjadi penyemangat dalam hidup, dengan kata akan memberikan dorongan yang sangat besar. Motivasi dengan kata-kata akan memberikan dorongan yang sangat kuat bagi seseorang untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Mereka akan mulai bangkit dari keterpurukan, kesedihan maupun keputus asaan yang dihadapi saat itu.

Berikut beberapa kata motivasi yang bisa memberikan dorongan untuk hidup lebih baik lagi:

• Senyuman adalah kekuatan yang hebat untuk mengalahkan kesedihan
Semua orang pasti pernah mengalami kesedihan, bahkan mereka terpuruk dengan keadaan yang cukup lama. Namun cobalah untuk tersenyum sekalipun itu sangat pahit dan sulit dilakukan. Ketahuilah bahwa senyuman akan meringankan beban anda, cobalah untuk membuka mulut sekalipun hanya sedikit. Senyuman akan menjadi kekuatan untuk menjauhkan anda dari kesedihan. Semua yang ada di dunia ini bukanlah abadi, Tuhan yang abadi, jadi ketika sedih datang, maka kesedihan tersebut tidaklah abadi.

Kesedihan akan hilang dengan mudah ketika anda mulai membuka diri, tersenyum dan melihat apa yang terjadi pada diri anda. Cobalah untuk melihat bagaimana orang lain merasakan kesedihannya. Apakah kesedihan yang anda rasakan saat ini lebih parah dari mereka, ataukah hanya kesedihan yang sangat kecil dibadingkan dengan apa yang mereka rasakan. Inilah saatnya anda tersenyum dan bangkit dari semua masalah.

Senyuman adalah cara yang mudah untuk mendapatkan kebahagiaan. Cobalah tersenyum tersenyum dan bukalah hati untuk memperbaiki semua yang anda alami.

• Hal tersulit dalam hidup adalah mengalahkan diri sendiri bukan mengalahkan orang lain
Setiap manusia yang ingin sukses , mereka harus mengalahkan diri mereka sendiri sebelum mengalahkan orang lain atau pesaingnya. Apa yang anda kalahkan dari diri anda? Emosi, rasa takut dan tidak percaya diri adalah bagian yang paling sulit dikalahkan dalam diri manusia. Hal yang kecil yang anda lakukan belum tentu terlihat oleh ada sendiri namun hal ini bisa berdampak besar bagi orang lain. Ketika emosi dan kurang percaya diri ada dalam diri anda, sangat sulit keberhasilan diraih.

Seorang tidak dilahirkan sukses, namun mereka akan sukses bila berjuang dari titik terendah menuju titik yang lebih tinggi. Keberhasilan tersebut didapat karena mereka bisa mengalahkan diri sendiri. Sesungguhnya mengalahkan emosi sendiri, menghilangkan rasa tidak percaya diri dan rasa takut adalah kunci untuk mencapai kesuksesan anda sendiri.

• Tidak ada manusia yang dirancang gagal, namun mereka yang gagal untuk merancang kesuksesan
Dari kalimat tersebut tentu anda yakin bahwa setiap orang itu bisa mendapatkan kesuksesan karena semua orang diciptakan untuk sukses.

Bila mereka gagal maka mereka yang gagal untuk merancang kesuksesan. Kesuksesan itu adalah manusia yang merancangnya, membuat rencana dan menjalankan rencana tersebut agar bisa meraih kesuksesan. Bila rencana yang dibuat tersebut tidak tepat maka mereka akan mengalami kegagalan.

Tuhan tidak merancang kegagalan pada manusia, mereka lah yang menciptakan kegagaln tersebut karena tidak memiliki kekuatan dalam diri sendiri untuk mengubah nasib menjadi lebih baik.

• Banyak orang yang menyesali hal yang belum dicapai, padahal mereka telah mendapatkan apa yang diminta
Taukah anda bahwa banyak orang yang tidak bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini dan selalu mengeluh dengan apa yang mereka belum dapatkan.

Padahal mereka telah mendapatkan lebih dari yang mereka minta, itulah manusia yang selalu menginginkan hal yang lebih dari hal yang telah lebih mereka miliki. Tuhan memberikan kita semua yang kita inginkan,hanya waktu dan tempat serta bagaimana cara Tuhan untuk memberikan keinginan tersebut yang belum kita ketahui.

Beberapa kalimat motivasi tersebut adalah gambaran bagaimana sebuah kata akan menggugah seseorang untuk lebih baik lagi. Motivasi adalah power bagi siapa saja agar mereka lebih memaknai arti hidup, tidak mudah menyerah dan lebih optimis. Bila motivasi dalam diri masih kurang, motivasi dari luar adalah rangsangan yang luar biasa untuk mendapatkan kesuksesan.

Motivasi manusia adalah untuk kesuksesan mereka, bukan untuk kesuksesan orang lain.
Seberapa jauh anda memaknai motivasi tersebut maka anda akan mengetahui bagaimana kekuatan yang ada dalam motivasi yang anda dapatkan. Kekuatan dalam diri sendiri akan lebih besar ketika motivasi dalam diri muncul dengan sendirinya. Motivasi adalah dorongan untuk sukses, hidup tanpa motivasi adalah kosong. Kekosongan inilah yang menyebabkan seseorang menjadi hancur dan menjadi manusia yang tidak bersyukur.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!