Peran Bank dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Bisnis

Bisakah anda menghitung bank yang ada saat ini, banyak bukan? Bahkan jika saya amati memang saat ini industri perbankan bukan hanya satu dua tiga saja tapi hampir di setiap kota tersedia bank mulai dari bank yang sudah ternama seperti bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, Danamon dan beberapa bank lainnya.

Selain itu ada pula BPR yang berada dibawah bank yang juga berperan aktif dalam lalu lintas pembayaran.

Sebenarnya bank bukan hanya memberikan jasa keuangan pada masyarakat namun peran bank dalam ekonomi mampu memberikan tambahan devisa negara.

Coba anda bayangkan jika tidak ada bank di negara kita, bagaimana kita bisa bertransaksi dengan orang lain. Kalau daerahnya dekat atau sama-sama berada pada satu tempat gampang, tapi kalau anda berjauhan bahkan di luar negeri? Nah, bagaimana ceritanya anda bisa mentrasfer uang, sangat penting bukan peran bank dalam ekonomi kita?

Kita bisa melakukan transaksi keuangan karena bank, bank sendiri memberikan kontribusi yang besar pada negara. Peran bank dalam ekonomi sangat jelas bila dilihat dari pendapatan bank yang sebagian disetorkan pada negara. Keuntungan bank tidak semata dfigunakan untuk kebutuhan dan kesejahteraan bank tapi juga untuk negara.

Peran bank dalam ekonomi kita bisa dilihat dari pertumbuhan bank yang semakin banyak dan semakin meningkatnya perekonomian dalam negeri dengan kemudahan bertransaksi.

Nah, apa saja peran bank dalam ekonomi di negara kita, berikut beberapa peran bank:

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Mengatur stabilitas uang
Bagaimana kalau tidak ada bank, bank tidak bisa mencetak dan mengedarkan uang? Tentu perekonomian akan rumit, bank disini berfungsi untuk mencetak uang, mengedarkan dan menjaga peredaran uang dalam negeri.

• Lalu lintas pembayaran
Peran bank dalam ekonomi terutama terlihat dari lalu lintas pembayaran baik dalam negeri maupun luar negeri. Bank membantu dalam trasfer, inkaso dan juga kliring sehingga seseorang tidak akan repot untuk mengirim uang kepada rekannya.

Fasilitas yang disediakan bank juga beragam mulai dari kartu plastik yang mudah penggunaannya sampai dengan alat pembayaran lain yang bisa dipilih semua orang. Lalu lintas pembayaran ini juga dilengkapi dengan keberadaan ATM yang mendukung transaksi perbankan. Dalam prakteknya bank juga membantu pembayaran internasional kepada masyarakat.

• Penghimpun dan penyaluran dana
Bank menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Tabungan adalah salah satu cara bank untuk menghimpun dana dari masyarakat. Dari tabungan tersebut bank kemudian menyalurkan dana kepada masyarakat dengan keuntungan bunga bulanan yang dibayar nasabah. Peran bank dalam ekonomi negara ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah

• Layanan jasa lainnya
Layanan jasa perbankan lainnya adalah jasa penyimpanan barang berharga berupa emas, saham, dokumen berharga dan juga penyimpanan lainnya yang disediakan bank. Layana jasa ini tentu saja menguntungkan bank dan pihak terkait. Bank akan mendapatkan pembayaran terhadap jasanya dan pihak penyimpang bisa menyimpan barang berharganya dengan aman.

Dengan beberapa fungsi bank diatas jelas peran bank dalam ekonomi negara sangat besar. Perdagangan dan transaksi pembayaran akan mudah dilakukan melalui bank. Negara bisa mendapatkan keuntungan dari pendapatan bank yang disetor tiap bulan.

Tanpa bank lalu lintas pembayaran dan perekonomian tidak bisa berjalan dengan lancar. Kita yang menjadi nasabah bank bisa membantu perekonomian negara dengan aktif menabung pada bank. Tabungan juga membantu kita, bukan? Jadi peran bank dalam ekonomi bukan hanya untuk pelayanan nasabah tapi juga untuk negara.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!