Prinsip Dasar dalam Penerapan Lean Manufacturing

Lean manufacturing merupakan upaya untuk efisiensi produksi. Lean itu sendiri merupakan praktek yang banyak mempertimbangkan pengeluaran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan nilai dari setiap produk yang diproduksi sehingga membutuhkan elimanasi pada bagian tertentu. Cara ini merupakan upaya untuk mencegah pemborosan anggaran produksi, dengan demikian biaya produksi bisa diminimalisir yang pastinya dengan kualitas yang tetap bagus.

Lean manufacthuring itu sendiri bisa menjadi hal penting yang perlu diterapkan oleh perusahaan. Meskipun mungkin tidak semua perusahaan yang membutuhkan implementasi hal ini, tapi bagi perusahaan dengan kondisi tertentu sangat membutuhkan tidakan ini.

Selain memiliki banyak manfaat, upaya ini juga mungkin akan mempunyai beberapa hambatan yang harus benar-benar diketahui oleh perusahaan bagiamana cara mengatasinya.

Perusahaan memang seringkali mengalami masalah untuk mengubah berbagai budaya yang terjadi di dalam anggota organisasinya. Berbagai masalah seringkali muncul yang berkitan dengan kegiatan operasional yang dilakukan sehari-hari.

Diantaranya adalah; karyawan yang tidak disiplin, karyawan yang tidak mempunyai integritas tinggi untuk bekerja, tidak bekerja secara profesional, dan masih banyak lagi berbagai permasalahan yang terjadi pada karyawan hingga akhirnya bisa menyebabkan kegiatan operasional tidak bisa berjalan secara maksimal.

Dalam kondisi tersebutlah perusahaan membutuhkan tidakan lean manufacturing. Keberhasilan implementasi hal tersebut telah banyak dibuktikan oleh perusahaan hingg akhirnya perusahaan bisa kembali mendapatkan karyawan dengan kinerja yang diharapkan perusahaan. Keberhasilannya yang telah banyak dibuktikan oleh berbagai jenis industri ini menunjukkan bahwa lean tersebut merupakan upaya yang memang dibutuhkan. Bahkan berbagai industri di belahan Negara lain juga telah membuktikan efisiensinya.

Konsep lean itu sendiri sebenarnya cukup sederhana, tapi perlu tindakan tegas dari perusahaan sehingga konsep ini benar-benar bisa memberikan dampak positif untuk perusahaan.

Hal yang perlu dilakukan dalam konsep ini adalah menggabungkan antara mengubah mindset orang dan juga lingkungan kerja.

Poin yang diperlukan untuk mengubah mindset orang tersebut adalah dengan menanamkan nilai akan pentingnya bekerja bekerja secara efektif sehingga tidak akan banyak waktu yang terbuang secara sia-sia. Dengan mindset yang sama maka diharapkan setiap karyawan akan mempunyai cara berfikir dan cara bertindak yang sama hingga mereka akan sama-sama bekerja secara efektif.

Sedangkan untuk mengubah lingkungan kerja yang mungkin selama ini kurang mendukung. Bagaimanapun juga lingkungan kerja juga akan memberikan pengaruh tersendiri hingga para karyawan merasa nyaman dan bisa mengerjakan segala tugas masing-masing dengan baik.

Lingkungan kerja yang kondusif serta memudahkan manajer perusahaan dalam melakukan pemantauan akan memberikan semangat tersendiri bagi mereka yang sedang bekerja. Selain itu berbagai kemudahan yang mungkin dibutuhkan oleh karyawan juga perlu untuk diperhatikan.

Dengan menerapkan lean manufacturing pada perusahaan yang berada dalam kondisi tertentu, maka hal ini akan memberikan efek perubahan yang positif untuk perusahaan. Perusahaan pastinya akan sangat mengharapkan disiplin kerja yang bagus yang terus terjaga dan berkelanjutan pada hari-hari berikutnya. Sehingga budaya improvement yang positif juga akan memberikan dampak yang positif pula untuk perusahaan.

Proses ini memang merupakan upaya dalam meningkatkan efisiensi kerja dari setiap karyawan yang terlibat dalam perusahaan tersebut.

Jadi jika selama ini perusahaan anda membutuhkan upaya ini, sebaiknya tidak anda tunda lagi untuk segera menerapkannya. Didukung dengan evaluasi yang terus dilakukan oleh perusahaan maka kinerja karyawan juga akan lebih baik. Melalui upaya ini pula perusahaan bisa mencapai keberhasilan yang diharapkan.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!