Prinsip Manajemen Keuangan yang Harus Diingat Selalu

Pada prinsipnya, sebuah perusahaan di manapun ia berada , selalu membutuhkan sebuah bagian tertentu yang bertugas dan berperan dalam menunjang keberhasilan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan dan keberhasilan sebuah perusahaan. Salah satu bagian terebut ialah bagian keuangan. Ya, bahagian keuangan adalah bagian yang sangat vital dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

Dengan adanya bagian keuangan, maka semua harta,dan aset perusahaan dapat dikelola dengan baik secara efektif dan efisien. Namun demikian dalam bagian keuangan tentu juga diperlukan kemampuan yang baik dalam mengelola dan memanajemen keuangan perusahaan.

Sementara itu kemampuan yang baik dalam mengelola dan memanajemen keuangan tersebut juga harus diikuti dengan prinsip manajemen keuangan yang baik tentunya. Ah, oleh sebab itulah pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja dan bagaimana prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan.

Prinsip Konsistensi
Salah satu prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan ialah konsistensi. Pada prinsipnya, sebuah prinsip manajemen keuangan yang baik ialah harus konsisten dari waktu ke waktu. Meskipun terkadang perubahan sistem dan perubahan lingkungan membuat perubahan di berbagai segi termasuk perubahan manajemen keuangan, namun demikian, prinsip manajemen sebaiknya harus konsisten menggunakan dasar-dasar yang dimiliki oleh organisasi yang sebenarnya tidak ikut berubah.

Prinsip Akuntabilitas
Salah satu prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan selanjutnya ialah akuntabilitas. Pada dasarnya akuntabilitas ialah sebuah tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjelaskan bagaimana tugas dan tanggung jawabnya, termasuk penggunaan dana, wewenang, dan dan menjelaskan segala keputusan maupun tindakan yang diambil. oleh karenanya setiap organisasi harus mampu dalam mempertanggungjawabkan atas penggunaan segala sumber daya yang ada di dalam sebuah organisasi.

Prinsip Transparansi
Kemudian untuk prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan yang selanjutnya ialah transparansi.

Ya, transparansi merupakan alah atau prinsip manajemen keuangan yang sangat penting. Manajemen keuangan merupakan sebuah bagian yang menangani maslah keuangan dan finansial perusahaan sangatlah rawan akan terjadinya tindak pelanggaran termasuk penggelapan dan penggunaan dana yang tidak semestinya.

Maka dengan prinsip transparansi ini semua bagian yang ada di dalam organisasi akan dapat mengawasi hasil dan kinerja bagian keuangan. Sehingga dengan demikian pengawasan akan tindakan kecurangan tersebut akan bisa dihindari dan mempermudah pengawasan terhadap kinerja mereka.

Prinsip Kelangsungan Hidup
Agar kelangsungan hidup perusahaan tetap terjaga dan terjamin, maka prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan yang harus di terapkan alah prinsip kelangsungan hidup. Ya, prinsip ini dilakukan dengan menggunakan dana sesuai dengan kemampuan organisasi dalam membiayai atau mendanai suatu pekerjaan atau proyek, sehingga ketika ada hasil yang tidak sesuai, organisasi akan selalu bisa mengatasnya.

Kelangsungan hidup perusahaan merupakan salah satu yang menjadi ukuran tingkat keamanan dan kelangsungan hidup keuangan organisasi. Oleh karenanya Manajer organisasi harus selalu menyiapkan sebuah rencana keuangan yang menunjukkan tentang bagaimana perusahaan bisa melaksanakan rencana stratejiknya dalam memenuhi kebutuhan keuangannya.

Prinsip Integritas
Salah satu prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan yang sangat penting lainnya ialah prinsip integritas. Ya, integritas pada dasarnya ialah sebuah prinsip yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam mempersatukan diri dan menyatu dan bekerja sama dengan orang lain atau bagian lain agar mampu mencapai tujuan bersama.

Oleh karenanya melaksanakan kegiatan operasional dalam sebuah organisasi, individu yang berada di bagian organisasi termasuk dalam bagian keuangan harus mempunyai integritas yang baik. Untuk itulah, setiap laporan dan catatan keuangan sebaiknya juga harus dijaga integritasnya dengan melalui melalui kelengkapan dan keakuratan pencatatan keuangan yang dilakukan oleh para karyawan.

Prinsip Pengelolaan
Selain prinsip integritas, prinsip manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan yang lainnya ialah dengan prinsip pengelolaan. Pada dasarnya sebuah organisasi yang baik sebaiknya memiliki para pegawai yang bisa mengelola dan mengatur sebuah perusahaan agar dapat berjalan dan sesuai dengan arah dan tujuan organisasi. Oleh karenanya perusahaan harus dapat mengelola dengan baik semua dana yang telah diperoleh dan menjamin bahwa dana tersebut digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun prinsip pengelolaan keuangan yang baik ialah selalu tepat dan melaksanakan rumusan perencanaan stratejik, dapat mengidentifikasi setiap risiko yang ada termasuk risiko keuangan , serta membuat sistem pengendalian dan sistem keuangan yang lebih disesuaikan dengan keadaan organisasi saat ini.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!