Strategi Ampuh dalam Menjalankan Supply Chain Management

Supply chain management atau manajemen rantai suplai ini merupakan bentuk koordinasi yang meliputi bahan, informasi, dan juga keuangan dari berbagai perusahaan yang berpartisipasi.

Dalam manajemen itu sendiri juga sangat memperhatikan berbagai kegiatan mulai dari komoditas dasar hingga proses penjualan produk akhir ke tangan konsumen. Tujuannya adalah untuk mendaur ulang produk sudah terpakai sebelumnya.

Munculnya berbagai permasalahan yang ada, supply chain management sangat diperlukan dalam rangka untuk mengatasi berbagai masalah yang seringkali terjadi. Beberapa masalah tersebut diantaranya adalah masalah yang berkaitan dengan distribusi konfigurasi jaringan, strategi distribusi, informasi, aliran dana, dan juga manajemen inventaris.

Hal-hal yang terkait dengan distribusi konfigurasi jaringan diantaranya adalah lokasi supplier, pusat distribusi, fasilitas produksi, dan lain sebagainya.

Sedangkan masalah lain yang terkait dengan strategi distribusi adalah berbagai hal yang berkaitan dengan distribusi produk kepada konsumen. Melalui informasi, sistem intregasi dan juga berbagai proses yang diperlukan dalam rantai suplai, diantaranya adalah membangi informasi.

Sedangkan untuk aliran dana, mengatur berbagai syarat pembayaran dan juga berbagai metode untuk mengatur dana. Lain halnya dengan inventaris yang mengatasi berbagai permasalahan yang terkait dengan barang mentah, proses kerja, dan lain –lain.

Strategi merupakan bagian terpenting dalam mencapai suatu tujuan. Tanpa suatu strategi yang tepat, maka pastinya suatu organisasi akan mengalami kesulitan dalam mencapai apa yang dicita-citakan. Bagi anda yang masih mulai menerapkan manajemen ini, berikut ini referensi bagi anda untuk melakukan strategi yang tepat;

a. Optimalisasi jaringan strategis
Bagian ini merupakan tahapan yang penting untuk mendapatkan jaringan yang memilii prosepek bagus. ada beberapa hal penting yang harus benar-benar dikelola dalam mengoptimalisasikan jaringan itu sendiri.

Poin-poin penting yang terkait dengan hal ini adalah jumlah suplai, lokasi suplai, ukuran besar gudang, fasilitas yang disediakan dan juga pusat distribusi. Berbagai hal tersebut akan membantu mengoptimalisasikan jaringan strategis hingga pada ujungnya mampu memberikan keuntungan untuk organisasi atau perusahaan.

b. Rekanan strategis
Dalam rekanan stretegis ini akan berhubungan dengan pensuplai, distributor, dan juga pelanggan. Melalui ketikan elemen tersebut akan menjadi bagian yang penting untuk meningkatkan operasional. Melalui rekanan ini akan sangat membantu untuk membuat sistem operasional yang strategis, efisien, dan juga cepat.

c. Rancangan produk
Melalui rancangan yang terkoordinasi, maka akan sangat efektif untuk menciphtakan suatu koordinasi. Melalui tahap ini, bahkan bisa sangat membantu proses integrasi hingga akhirnya sampai ke rantai suplai.

d. Membuat keputusan
Dalam segala hal, keputusan mempunyai peranan yang pentig sebelum memulai sesuatu. Dalam hal ini keputusan yang dibuat adalah keputusan yang meliputi berbagai hal yang akan diproduksi ataupun dibeli. Megingat keputusan akan memberikan pengaruh yang besar, maka pembuatan keputusan harus benar-benar dipertimbangkan sehingga keputusan yang dibuat tidak memberikan dampak negatif untuk organisasi.

e. Menghubungkan strategi organisasi secara keseluruhan
Menghubungkan strategi organisasi secara keseluruhan merupakan bagian panting untuk mensukseskan program supply chain management. Dalam hal ini hal yang perlu dihubungkan adalah strategi organisasional secara menyeluruh dengan strategi suplai atau pasokan.

Untuk mendukung keberhasilan dalam hal supply chain management ini, langkah-langkah taktis juga diperlukan untuk membantu efisiensi. Dalam hal ini yang yang perlu diperhatikan diantaranya adalah kontrak, pengambilan keputusan produksi, pengambilan keputusan inventaris, strategi transportasi, solusi jalan terbaik, dan gaji yang disampaikan berdasarkan pencapaian yang telah diraih.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!