Strategi Cost Reduction dan Pengurangan Biaya yang Paling Efektif

Cost Reduction atau yang biasa disebut dengan pengurangan biaya merupakan strategi utama yang dilaksanakan sebagai alternatif penurunan anggaran perusahaan. Setiap perusahaan memiliki patokan anggaran keuangan yang berbeda.

Pembentukan anggaran dalam perusahaan ini memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Tidak hanya untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan namun juga bisa memberikan pemahaman yang memudahkan bagi kalangan investor di sebuah perusahaan. Inilah fungsi dari keberadaan anggaran yang berhubungan langsung dengan Cost Reduction atau pengurangan biaya di perusahaan.

Informasi lengkap mengenai Cost Reduction atau pengurangan biaya perusahaan ini dapat anda temukan dalam bahasan berikut ini yaitu :

Fungsi Penganggaran Biaya Perusahaan
Perusahaan menjadi ladang bisnis yang dijalankan oleh masyarakat secara umum di era globalisasi seperti saat ini. Keberadaan perusahaan disana – sini melambangkan pergeseran perekonomian yang dijalankan di Indonesia.

Menjamurnya perusahaan ini tidak langsung berdiri secara tiba – tiba melainkan membutuhkan upaya awal yang benar, salah satunya dengan melakukan penyusunan anggaran biaya perusahaan.

Lalu, kenapa harus melakukan perhitungan anggaran perusahaan?

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Alasan ini dapat anda temukan melalui bahasan fungsi anggaran perusahaan berikut ini yaitu :

1. Anggaran perusahaan merupakan hasil akhir yang disusun untuk pelaporan rencana kerja yang akan dilaksanakan selama masa produksi perusahaan

2. Anggaran perusahaan merupakan cetakan biru aktivitas yang akan dilaksanakan oleh perusahaan di masa yang akan datang sehingga dapat dijadikan referensi atau ramalan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan

3. Anggaran perusahaan ini berfungsi untuk alat komunikasi intern di perusahaan yang menghubungkan berbagai unit perusahaan dengan manajer bawahan dan atasan perusahaan

4. Anggaran perusahaan yang ada ini difungsikan sebagai alat kendali untuk memungkinkan manajamen menunjukkan bidang yang kuat serta lemah di sebuah perusahaan

5. Anggaran perusahaan yang ada ini difungsikan untuk mempengaruhi serta memberikan motivasi manajer karyawan sehinggaa senantiasa karyawan melakukan tindakan yang efektif serta efisien untuk tujuan organisasi yang jelas

Dengan fungsi inilah maka peranan anggaran perusahaan sangat penting bagi keuangan di perusahaan. Namun, ada kalanya anggaran keuangan di perusahaan membutuhkan strategi pengurangan biaya didalamnya.

Hal ini dilakukan sebagai langkah utama untuk menyeimbangkan pengeluaran perusahaan dengan modal kerja yang ada. Disamping itu, pengurangan biaya anggaran perusahaan atau yang biasa disebut dengan Cost Reduction ialah teknik yang dilakukan untuk penyeimbangan biaya yang ada di perusahaan.

Penerapan strategi Cost Reduction atau pengurangan biaya ini dapat dilakukan dengan upaya berikut ini yaitu :

a. Melakukan penurunan biaya produksi
Kegiatan produksi di sebuah perusahaan membutuhkan modal yang cukup untuk bisa melakukan pengembangan serta pertumbuhan perusahaan yang optimal.

Langkah penurunan biaya produksi biasanya juga dilakukan oleh perusahaan sebagai wujud pelaksanaan Cost Reduction didalamnya.

Pelaksanaan ini dikarenakan oleh keuangna perusahaan yang mengharuskan untuk semua biaya mengalami penurunan.

b. Melakukan penurunan jumlah produk
Produk yang dibuat oleh perusahaan biasanya sering mengalami penurunan jumlahnya akibat biaya produksi yang menurun pula. Inilah salah bentuk strategi yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk bisa melakukan perkembangan serta pertumbuhan perusahaan secara maksimal.

c. Melakukan penurunan nilai investasi
Investasi merupakan tabungan bisnis yang biasa dijalankan perusahaan guna memaksimalkan keuangan yang ada dalam perusahaan.

Namun, dalam konsep Cost Reduction biasanya angka investasi yang dilakukan oleh perusahaan ini dikurangi jumlahnya akibat pemaksimalan dana yang digunakan untuk proses produksi.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!