Strategi Pemasaran dan Penjualan Hotel via Internet

Bagaimana perasaan anda ketika banyak tamu pada hotel anda dan mengatakan “ kami akan datang menginap lagi disini”, senang, bukan? Bagaimana anda bisa mendapatkan tamu yang banyak untuk menginap pada hotel anda, apakah dengan menyebarkan brosur kesana kemari atau dengan berkampanye?

Sebenarnya anda hanya perlu strategi penjualan hotel yang lebih efektif dan berbeda dari hotel lainnya. Coba kita perhatikan berapa banyak hotel yang ada saat ini.

Jika anda bisa membuat beda hotel anda, saya yakin anda akan lebih mudah memasarkan hotel anda. Strategi penjualan hotel tidak harus dilakukan oleh seorang atau beberapa orang sales promotion secara langsung namun coba anda memanfaatkan internet saat ini. Hasilnya luar biasa jika anda bisa mendongkrak penjualan hotel anda dengan internet.

Apakah mungkin hotel anda akan laris manis jika dipasarkan dengan internet? Pada dasarnya hotel dibangun untuk memberikan layanan jasa berupa penginapan dan konsumsi bagi para tamunya.

Sekalipun anda memiliki hotel berbintang jika strategi penjualan hotel yang anda terapkan tidak efektif, buat apa anda membangunnya?

Hotel kecilpun jika mereka bisa memasarkan hotel dengan tepat tentu akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan hotel berbintang tersebut. Kalau anda ingin hotel anda diserbu banyak tamu setiap hari, gunakan pemasaran online juga. Pemasaran online yang saya maksudkan adalah dengan memanfaatkan jaringan internet.

Jika anda belum pernah menjual produk lewat internet, anda bisa memulainya dari sekarang. Mengapa banyak orang menggunakan internet untuk berbisnis, apakah yang mereka dapatkan? Mereka menggunakan internet karena jangkauannya luas sehingga mereka bisa memasarkan produk kemana saja tanpa batas dan waktu.

Karena itulah anda bisa memanfaatkan internet sebagai strategi penjualan hotel yang anda miliki. Pada dasarnya penjualan hotel itu bukan hanya pemasaran saja namun bagaimana anda melayani tamu saat berada di hotel. Service excellent di hotel anda juga menentukan penjualan hotel.

Sebelum anda melakukan strategi penjualan hotel, perbaikilah fasilitas dan SDM pada hotel tersebut. Jika semuanya sudah baik, barulah anda melakukan pemasaran melalui internet.

Untuk melakukan strategi penjualan hotel via internet, berikut beberapa cara yang bisa anda coba:

• Website
Banyak orang yang memanfaatkan website untuk berjualan via internet, anda pun juga bisa seperti mereka. Buatlah website yang berisikan produk hotel, kelebihan hotel dan juga keterangan lainnya untuk promosi hotel tersebut.

Setelah itu, optimasikan kata kunci agar orang bisa dengan mudah menemukan website hotel anda. Optimasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Jika pengujung website banyak maka peluang penjualan hotel juga akan banyak.

• Facebook
Situs jejaring sosial ini memang banyak digunakan orang untuk berjualan apapun. Anda bisa memanfaatkan facebook ini untuk penjualan hotel. Pemasaran ini bisa menyertakan link website hotel anda ataupun dengan membuat home page pada facebook. Promosi melalui facebook juga bisa dilakukan dengan promosi facebook berbayar.

• Milis
Strategi penjualan hotel lainnya adalah dengan memanfaatkan milis. Milis ini adalah salat satu layanan internet yang digunakan untuk mengirimkan pesan kepada beberapa email anggota secara otomatis. Anda bisa mendaftar pada milis dan berjualan dengan mudah melalui layanan ini.

• Iklan di internet
Iklan google, pay per click dan beberapa jenis iklan di internet bisa menjadi pilihan anda untuk menjual hotel dengan cepat. Beberapa iklan tersebut memang berbayar namun hasilnya lebih cepat anda rasakan dibandingkan dengan iklan yang tidak berbayar.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!