Strategi Pemasaran Priority Banking dan Premium Banking

Berbicara mengenai pelayanan bank, bank memang haru selalu memprioritaskan kenyamanan nasabah dalam setiap transaksinya. Hal ini pastinya merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga konsumen agar tetap nyaman menjadi nasabah bank tersebut.

Selain itu, faktor kenyamanan dan keamanan merupakan faktor yang sangat diperhitungkan oleh para nasabah untuk menentukan dimana mereka akan menjadi nasabah dan melakukan berbagai transaksi.

Di dalam dunia perbankan, ada dua cara yang digunakan sebagai bagian dari strategi dalam memberikan kenyamanan pada nasabah yaitu priority banking dan premium banking.

Perbedaan priority banking dan premium banking akan dijelaskan lebih jauh di dalam artikel ini. Premium banking adalah pendekatan secara individu yang dilakukan oleh pihak bank dalam rangka untuk membangun hubungan untuk jangka panjang dengan klien.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan berbagai produk bank dan juga untuk mendukung instrument keuangan selama masih dibutuhkan dan tetap sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati. Dengan strategi ini maka akan memberikan kemudahan dengan menghemat lebih banyak tenaga karena tidak lagi perlu bekerja lebih berat untuk menawarkan produk kepada banyak masyarakat.

Sedangkan priority banking adalah layananan perbankan yang lebih menitik beratkan untuk mengidentifikasi prioritas setiap pelanggan.

Bagi para pelanggan tetap bisanya mereka memang akan mendapatkan perhatian lebih oleh bank sebagai bentuk penghargaan dan juga dalam rangka memberikan kenyamanan mereka ketika ingin melakukan transaksi yang berkaitan dengan bank.

Dalam priority banking ini, biasanya klien akan mendapatkan perlakuan khusus dari bank, misalnya mereka tidak perlu antri ketika ingin bertransaksi, dan lain sebagainya.

Setelah memahami perbedaan priority banking-premium banking tersebut, keduanya merupakan bagian dari strategi pelayanan yang diberikan kepada para nasabah yang telah menjadi pelanggan tetap dalam melakukan berbagai kebutuhan transaksi.

Strategi tersebut merupakan bagian penting untuk membantu mempertahankan para klien dan nasabah yang telah percaya pada bank tersebut.

Apalagi saat ini jumlah bank atau lembaga keuangan di Indonesia terus mengalami peningkatan dan ini artinya persaingan juga akan semakin berat. Jadi, tanpa strategi yang tepat maka bank akan sulit mencapai target bank itu sendiri.

Bentuk perbankan tersebut memang memiliki tujuan dasar tertentu yaitu memberikan pengalaman perbankan yang luar biasa dan pastinya lebih efektif terutama untuk pelayanan perbankan priority baking.

Pelayanan yang memang diberikan untuk pelanggan ini tetap akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada baik dari pihak bank atau mungkin dari pihak klien. Jika melihat dari perbankan jenis ini, sepertinya priority perbankan memang merupakan bagian dari layanan untuk manajemen keuangan atau harta.

Keuntungan priority banking dan premium baking. Meskipun ada perbedaan priority banking dan premium bankingtapi keduanya sama menawarkan berbagai keuntungan spesial yang pastinya tidak bisa diperoleh oleh semua nasabah atau klien.

Berikut ini keuntungan pada masing-masing jenis perbankan :

Keuntungan priority banking
a. Mendapatkan banyak pelayanan istimewa jika dibandingkan nasabah lain
b. Lebih mudah untuk mendapatkan modal bisnis/ usaha
c. Bisa melakukan konsultasi mengenai kebutuhan investasi

Keuntungan premium banking
a. Pelayanan yang nyaman
b. mempunyai penasehat keuangan pribadi dari pihak bank yang akan membantu anda dalam hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan.

c. Konsultasi pengembangan rencana keuangan
d. Mendapatkan layanan prioritas
e. Lebih menghemat banyak waktu karena tidak perlu banyak antri
f. Mendapatkan banyak informasi

Melihat perbedaan priority banking dan premium banking, keduanya tampaknya memang merupakan jenis perbankan sebagai strategi yang sama-sama untuk mempertahankan konsumen yang sudah menjadi pelanggan.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!