Strategi Penerapan Manajemen Portfofolio dan Manajemen Aset

Manajemen portofolio sebenarnya memiliki arti yang sama dengan manajemen investasi. Untuk itulah, manajemen portofolio ini akan langsung menjelaskan mengenai kegiatan investasi yang dijalankan oleh perusahaan.

Bagian manajemen portofolio ini memiliki arti berupa pelaksanaan piranti investasi, cara penilaian atas piranti investasi dan berbagai strategi yang dijalankan untuk menyeleksi piranti investasi yang seharusnya dijalankan atau dimasukkan dalam portofolio untuk dapat mencapai tujuan investasi dalam perjalanan bisnis perusahaan. Inilah pemahaman yang ingin dijelaskan dalam manajemen portofolio.

Bagi anda yang ingin menemukan ulasan mengenai manajemen portofolio di sebuah perusahaan ini maka simaklah ulasannya dalam artikel berikut ini yaitu :

Fungsi Keberadaan Manajemen Portofolio
Keberadaan manajemen portofolio cukup penting dalam perjalanan bisnis di perusahaan. Beberapa fungsi yang menjelaskan mengenai manajemen portofolio ini dapat anada temukan dalam perihal berikut ini yaitu :

a. Manajemen portofolio dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan investor di sebuah perusahaan
b. Digunakan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak pada masa yang akan datang
c. Dapat dijadikan indikator untuk mengurangi tekanan inflasi
d. Memberikan dorongan untuk menghemat pajak di sebuah perusahaan

Kegiatan Manajemen Portofolio
Berbicara mengenai manajemen portofolio di sebuah perusahaan tentunya banyak hal atau aktivitas yang dilakukan didalamnya. Kegiatan – kegiatan yang dilakukan tersebut, semata – mata diupayakan sebagai langkah utama untuk menjaga keuangan perusahaan agar berada pada tingkat yang optimal.

Nah, beberapa aktivitas investasi yang langsung berhubungan dengan manajemen portofolio di perusahaan ini terbagi atas beberapa aktivitas investasi berikut ini :

a. EVA (Economic Value Added)
EVA (Economic Value Added) adalah konsep nilai keuangan perusahaan bersih yang dijadikan sebagai indikator keberhasilan usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Ketentuan yang ingin dicapai oleh perusahaan industri yang ingin berkembang pesat ini salah satunya yaitu dengan melakukan peningkatan nilai Economic Value Added.

Upaya yang dilakukan untuk mengendalikan nilai EVA perusahaan dapat dilakukan dengan upaya yaitu :
– Meningkatkan keuntungan (profit) tanpa menambah modal
Perusahan industry diupayakan untuk melakukan peningkatkan keuntungan perusahaan tanpa harus mengeluarkan biaya produksi yang melimpah.

– Mengurangi pemakain modal
Perusahaan yang ingin meningkatkan nilai EVA (Economic Value Added) ini dapat melakukan pengurangan pemakaian modal dengan catatan tidak mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.

– Melakukan investasi dengan pengembalian tinggi
Investasi merupakan upaya terbaik yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin keuangan perusahaan yang ada.

b. CFA (Chartered Financial Analyst)
Aktivitas pengelolaan keuangan yang baik dapat mendapatkan gelar CFA (Chartered Financial Analyst) didalam sebuah perusahaan. Banyak hal yang dilakukan sebelum perusahaan bisa mengupayakan gelar CFA (Chartered Financial Analyst). Aktivitas utama yang menunjang jalannya CFA ini salah satunya yaitu kegiatan investasi yang langsung berhubungan dengan kegiatan investment banking perusahaan.

Dasar Pelaksanaan Manajemen Portofolio
Manajemen portofolio diupayakan untuk bisa menjelaskan keputusan tentang investasi atau portofolio dalam perusahaan. Dasar keputusan manajemen portofolio ini terbagi atas kegiatan berikut ini yaitu :

a. Kegiatan return (pengembalian)
Faktor yang satu ini dikenal dengan nama manajemen portofolio. Kegiatan return ini diupayakan untuk memotivasi investor dalam melakukan investasi yang memberikan imbalan dalam menanggung risiko atas investasi yang dilakukan.

b. Kegiatan pemahaman risiko
Manajemen portofolio memberikan gambaran mengenai risiko dalam pelaksanaannya. Risiko yang ada ini diakibatkan oleh aktivitas return yang dijalankan oleh perusahaan. Inilah makna manajemen portofolio dalam pelaksanaan manajemen pengendalian risiko bagi kegiatan manajemen.