Sudahkah anda memiliki kartu kredit saat ini atau anda memiliki beberapa kartu kredit? Memang dengan banyaknya bank yang ada sekarang menambah banyak pula produk kartu kredit yang dipasarkan.

Sebagian besar bank melakukan teknik berjualan kartu kredit tidak hanya melibatkan karyawan mereka namun juga orang diluar perusahaan tersebut. Kartu kredit menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan berbagai transaksi pembelian sehingga hampir setiap bank mengeluarkan kartu kredit.

Namun kendala yang sering dihadapi adalah minimnya keinginan masyarakat terhadap penggunaan kartu kredit. Masyarakat terutama kalangan menengah kebawah banyak yang tidak mengerti apa itu kartu kredit sehingga mereka kurang tertarik memakainya.

Kartu kredit merupakan kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak bank yang akan dipasarkan kepada konsumen atau nasabahnya. Kartu kredit yang dikeluarkan bank kemudian dipasarkan oleh aggota bank tersebut dengan teknik berjualan kartu kredit tertentu.

Kartu kredit dipasarkan hanya untuk kalangan tertentu yang memenuhi kriteria dari pihak bank. Semakin banyak bank yang mengeluarkan karttu kredit semakin banyak pula persaingan untuk mendapatkan banyak nasabah pemakai kartu kredit tersebut.

Kartu kredit yang digunakan untuk alat pembayaran di supermarket, mall maupun tempat perbelanjaan tertentu ini sebenarnya banyak memberikan keuntungan dibandingkan anda melakukan transaksi pembelian secara tunai.

Jika anda salah satu bagian pemasaran kartu kredit pada perusahaan perbankan, untuk menghadapi banyak pesaing tentu harus memiliki strategi tersediri. Berikut beberapa teknik berjualan kartu kredit yang bisa anda coba:

• Transfer Balance
Hampir semua bank memasarkan kartu kreditnya dengan cara transfer balance agar mendapatkan banyak nasabah pemakai kartu kredit. Transfer balance ini merupakan cara bank untuk menarik banyak nasabah dengan memberikan berbagai fasilitas seperti pemberian bunga yang lebih rendah dari bank lain.

Bank juga memberikan kemudahan dengan pelunasan hutang pihak nasabah pada tempat lainnya dengan memberikan bunga yang kecil. Cara ini bukan untuk semua nasabah namun kartu kredit ditujukan kepada mereka yang memiliki pendapatan atau tabungan sesuai dengan peraturan di bank.

• Produk knowledge
Semua pemasaran pasti harus mempertimbangkan tentang produk knowledge dari apa yang akan dipasarkan. Seperti halnya dengan pemasaran produk lainnya, saat anda ingin berjualan kartu kredit hal pertama yanga anda kuasai adalah produk knowledge dari kartu kredit tersebut.

Saat memasarkan kartu kredit berikan penjelasan tentang kemudahan atau keuntungan memakai kartu kredit tersebut. Berikan penjelasan yang singkat dan sejelas-jelasnya untuk meyakinkan calon pemakai kartu kredit.

• Promosi
Promosi merupakan salah satu hal penting untuk pemasaran demikian juga dengan berjualan kartu kredit. Anda bisa melakukan beberapa promosi seperti menggunakan media periklanan secara online maupun dengan media elektronik atau media cetak.

Pemasaran melalui beberapa media tersebut diharapkan untuk lebih memperkenalkan kartu kredit bersangkutan kepada masyarakat.

Dengan memberikan penjelasan dan gambaran singkat tentang kelebihan dan kemudahan penggunaan kartu kredit diharapkan promosi ini cepat mendapatkan tanggapan dari masyarakat. Selain promosi melalui media, berjualan kartu kredit juga bisa dilakukan dari mulut ke mulut dengan melakukan pendekatan pada calon nasabah atau pada nasabah yang sudah dimiliki oleh bank.

• Pemberian point reward
Pemberian hadiah kepada nasabah yang menggunakan kartu kredit ini juga menjadi salah satu strategi berjualan kartu kredit. Dengan pemberian hadiah diharapkan banyak orang yang tertarik memakai kartu kredit dan penjualan kartu kredit bisa ditingkatkan.

Video KPI SI from Yodhia Antariksa on Vimeo.

Download slide presentasi yang sangat memikat tentang Management Skills, Motivasi dan Business Strategy DISINI.

Dapatkan secara gratis ebook - PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.